Friday, March 18, 2016

Yuk mengenal silica gel !!



            Sebenarnya apa silica gel itu? Silica gel adalah butiran seperti kaca dengan bentuk yang sangat berpori, silica dibuat secara sintetis dari natrium silikat. Silica gel ini bisa kita temukan atau sering kali kita temukan di kotak sepatu yang biasanya orang-orang sering kali membuangnya begitu saja. Banyak yang beranggapan bahwa produk tersebut tidak bermanfaat dan bahkan orang-orang beranggapan produk itu beracun. Namun, kenyataannya produk ini tidak mengandung racun apapun. Di dalamnya terdapat zat yang disebut silikon dioksida yang tidak boleh dimakan tapi sangat berguna dan aman digunakan dalam kehidupan sehari-hari di rumah misalnya, pengering kelembaban yang akan mengeringkan apapun di sekitarnya untuk menjaga kelembapan makanan, obat-obatan, bahan sensitif, elektronik dan film sekalipun. Cara kerjanya adalah dengan menyerap kandungan air. Agar lebih tahu kaya gimana silica gel itu lihatlah gambar dibawah ini.

Berikut ini adalah kegunaannya yaitu, sebagai berikut:
1.      Meletakkan silica gel di antara handuk
Manfaatnya adalah untuk mencegah handuk dari kelembaban dan berbau tidak enak dengan meletakkan beberapa silica gel di kabinet handuk.
2.      Menyimpan silica gel di dalam sepatu atau tas
Manfaatnya adalah untuk menyerap kelembaban ekstra dan melindungi sepatu. Silica juga dapat membantu menghilangkan kelembaban, kuman dan menghilangkan bau busuk dari tas anda. Karena sebagian besar bakteri tumbuh dan berkembang di tempat yang lembab.
3.      Membuat foto lama agar tidak mudah rusak dan tahan lama
Foto-foto lama biasanya mudah sekali rusak karena kurun waktu yang lama, padahal foto menyimpan kenangan masa lalu, sayang jika sampai rusak apalagi hilang. Agar foto itu lama awet dan tidak cepat rusak, coba deh masukkan beberapa kantopng silica gel ke dalam kotak yang berisi foto untuk menghindari dari kelembaban yang bisa merusak foto tersebut.
4.      Menghindari make up dari kekentalan
Setiap wanita harus memiliki kantong silica gel di dalam tasnya untuk menghindari bubuk make up agar tidak mengental.
5.      Membuat pisau cukur lebih tahan lama
Pisau cukur jika di dalam bak mandi atau dimanapun berada akan selalu basah, maka taruhlah pisau cukur dalam wadah plastik disertai beberapa kantong silica gel di dalamnya, pisau cukur membuatnya lebih awet dan tahan lama.
6.      Mengeringkan handphone yang terkena air
Jika handphone terkena air dan basah, trik lama memasukkannya ke dalam toples yang berisi beras. Sekarang cobalah dengan memasukkan handphone ke dalam toples yang berisi beberapa kantong silica gel, hal tersebut lebih efektif.
7.      Menghilangkan kabut pada kaca mobil
Pada saat musim hujan kaca mobil sering kali berkabut dan akan menyebabkan banyak masalah. Para pengemudi menjadi tidak nyaman dan kurang aman ketika mengendarai. Daripada menunggu menghidupkan AC menambah dingin dan pada model mobil tua menyita waktu, cobalah letakkan beberapa kantong silica gel di bawah kaca mobil dari dalam. Lihat deh keesokan hari hasilnya jendela mobil tidak akan berkabut. Hal itu cara tercepat menghilangkan kabut pada kaca mobil dan menghemat waktu yang dibutuhkan untuk membersihkannya.

Referensi:
Samirana. (2015, 12 12). kegunaan silica gel yang tidak diketahui. Dipetik 3 10, 2016, dari samirana.net: http://www.samirana.net/2015/12/kegunaan-silica-gel-yang-tidak-diketahui.html
http://www.warkop-kite.com/2015/12/setelah-membaca-ini-dijamin-anda-tidak.html


No comments:

Post a Comment