Tuesday, March 22, 2016

Tornado


Penjelasan Ilmiah Tentang Tornado
Assalamu’alaikum.wr.wb 
Tau Engga Sih, Tornado Itu Apa ?

Apakah sahabat mengetahui apa itu “Tornado” ?  Boleh jadi istilah ini terdengar sedikit asing bagi sebagian sahabat. Nah, Tornado adalah kolom udara yang berputar kencang yang membentuk hubungan antara awan cumulonimbus atau dalam kejadian langka dari dasar awan cumulus dengan permukaan tanah. Tornado muncul dalam banyak ukuran namun umumnya berbentuk corong kondensasi yang terlihat jelas yang ujungnya yang menyentuh bumi menyempit dan sering dikelilingi oleh awan yang membawa puing-puing.
Sedangkan Tornado didefinisikan oleh Glosari Meteorologi sebagai "kolom udara yang berputar kencang yang menyatu dengan permukaan tanah dan muncul dari awan cumuliform atau bagian bawah awan cumuliform dan sering (namun tidak selalu) tampak sebagai suatu awan corong
Ada Yang Tau, Berpakah Kecepetan Tornado Itu ?
Nah, umumnya tornado memiliki kecepatan angin sebesar177 km/jam atau lebih dengan rata-rata jangkauan 75 m dan menempuh beberapa kilometer sebelum menghilang. Beberapa tornado yang mencapai kecepatan angin lebih dari 300–480 km/jam memiliki lebar lebih dari satu mil (1.6 km) dan dapat bertahan di permukaan dengan lebih dari 100 km. Wooww.. keren kan sahabatt...?

Dimanakah Tornado Biasanya Muncul..?
Perlu sahabat ketahui bahwa, meskipun tornado telah diamati di tiap benua kecuali Antartika, tornado lebih sering terjadi di Amerika Serikat. Tornado juga umumnya terjadi di Kanada bagian selatan, selatan-tengah dan timur Asia, timur-tengah Amerika Latin, Afrika Selatan, barat laut dan tengah Eropa, Italia, barat dan selatan Australia, dan Selandia Baru.
Selain itu pada musim semi dan musim panas kemungkinan akan menjadi musim tornado yang paling berbahaya di Amerika Serikat, belum lagi angin puyuh masih tetap bisa datang pada musim dingin. Setidaknya ada Sembilan tornado yang melanda Texas di akhir pecan, membunuh sekitar 11 jiwa dan merusak 1,000 bangunan dan rumah warga di sekitar Dallas dan sekitarnya.

Bagaimanakah Penjelasan Tornado Secara Ilmiah ?
Nah sahabat, badai dan angin tornado yang melewati bagian tenggara Amerika Serikat ini telah menelan korban jiwa setidaknya 43 jiwa pada minggu lalu. “Tornado Alley” yang mencakup banyak negara di Great Plains dan bagian Texas adalah yang merupakan nama yang dikenal untuk angin puyuh di Amerika Serikat ini. Namun, pada bulan Desember, tornado yang terbentuk dari arah tenggara dan timur Texas ini membawa angin yang hangat, udara yang lembap berasal dari Teluk Meksiko.
Ada beberapa hal yang menarik, salah satunya yaitu catatan mengenai suhu hangat banyak yang melalui bagian timur dari Amerika Serikat menyebabkan jumlah penguapan air yang besar, menjadikan badai yang lebih lembab, dan dengan potensi yang lebih besar daripada biasanya. 

Para Ilmuwan belum sepenuhnya memahami bagaimana bentuk tornado yang terjadi pada minggu ini. Dan para meteorologis berjuang untuk memperkirakan kemungkinan tornado yang akan terjadi, sejak tornado ini memiliki waktu yang sangat singkat, rewel, dan lebih kecil jika dibandingkan dengan fenomena atmosfer lainnya.
Inilah yang kita ketahui selama ini, sebuah tornado terjadi karena adanya ruang udara yang berputar memanjang antara permukaan bumi dan awan. Tornado yang paling hebar ialah tornado yang terbentuk dari supercell, badai yang besar yang berputar membentuk tungku itu disebut mesocyclones. Untuk sebuah supuercell yang ingin terbentuk, langit akan “membutuhkan beberapa bahan untuk membentuk sebuah badai pada biasanya,” kata Harold Brooks, seorang peneliti meteorologis dari National Oceanic and Atmospheric Administrations (NOAA) milik National Severe Storms Laboratory (NSSL) di Norman, Oklahoma.


Bahan-bahan tersebut termasuk suhu udara yang lembap dekat dengan permukaan yang relatif dingin, dan memiliki udara yang kering diatasnya. Tetapi supercell membutuhkan angin yang mampu meningkatkan kekuatan dan merubah arah dengan ketinggian , menghasilkan tabung horizontal yang berputar ke permukaan bumi.
Udara hangat yang berada di pusaran horizontal akan naik “seperti balon udara” kata Brooks, yang kemudian kana membungkuk ke dalam lengkungan. Satu dari dua vertical vortisitas membentuk lengkungan dan kemudian peters akan keluar. Angin yang terpotong akan menjadi miring di atas pusaran, dan menyebabkan hujan yang terjatuh dari permukaan udara yang hangat akan menghasilkan mesocyclone yang baru, dan membiarkan supercell terbentuk dengan baik pula. 
Tau Engga Sih, Berapa Lama dan Seberapa Jauhkah Tornado  Dapat Muncul..?
Pada umumnya tornado hanya akan bertahan kurang dari 10 menit dan akan berada di beberapa mil sebelum mereka menghilang. Tetapi tornado terbesar bisa mencapai waktu selama 30 menit dan dapat mempunyai kecapatan angin lebih dari 300 mil (483 kilometer) per jam. Kekuatan toranado terhitung hanya untuk sekitar satu persen dari seluruh tornado di Amerika Serikat, namun mereka dapat menyebabkan mayoritas 60 kejadian kematian setiap tahunnya di negara itu. Apa yang menjadikanya sangat kuat? Di beberapa negara, termasuk Amerika Serikat, tornado diukur mengguanakan Fujita Scale atau diperbaharui menjadi Enhanced Fujita Scale. Sebuah tornado FO atau EFO dapat menghancurkan pohon-pohon tetapi beberapa gedung tidak mengalami kerusakkan, sebuah tornado yang terkuat berada dalam kategori F5 atau EF5 yang dapat menghancurkan gedung-gedung.

Para Ilmuwan masih menghitung tornado yang terjadi di Texas pada minggu ini, tetapi National Weather Service sudah mengkonfirmasikan bahwa tornado yang menghantam Garland,Texas pada hari sabtu lalu memiliki kekuatan EF4 dengan kekuatan angin mencapai 180 mil (290 kilometer) per jam.
Baiklah sekali lagi pengetahuan sahabat bertambah bukan ? Terutama mengenai bagaimana tornado itu secara ilmiah. Nah, terimakasik atas perhatian sahabat terhadap tulisan ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi penulis dan sahabat semua. Aamiinn.. J
Wassalamu’alaikum.wr.wb

References

60 Foto Tornado Yang Mengerikan. (2012, Oktober 30). Retrieved from Dimensi: http://anti-materi.blogspot.co.id/2012/10/60-foto-tornado-yang-mengerikan.html
Mekanisme Terjadinya Angin Tornado. (2013, Januari). Retrieved from Peristiwa-Cerita-Berita Harian Terupdate: http://jendelaperistiwa.blogspot.co.id/2013/01/mekanisme-terjadinya-angin-tornado.html
Penjelasan Ilmiah Tentang Angin Tornado. (2015, Desember 19). Retrieved from National Geographis Indonesia: http://nationalgeographic.co.id/berita/2015/12/penjelasan-ilmiah-mengenai-angin-tornado
Tornado. (2016, Maret 16). Retrieved from WIKIPEDIA: https://id.wikipedia.org/wiki/Tornado




No comments:

Post a Comment