Monday, March 21, 2016

Manfaat buah bagi kehidupan



MANGGA
Para ahli meyakini mangga adalah sumber karotenoid yang disebut beta crytoxanthin (bahan penumpas kangker). Kaya vitamin antioksidan seperti vitamin E dan C. Satu buah mengandung tujuh gram serat  yang dapat membantu system pencernaan. Sebagian besar serat larut dalam air dan dapat menjaga kolesterol agar tetap normal. Dan memiliki sifat kimia dan efek farmakologis tertentu, yaitu bersifat pengelat (astringent), peluruh urine, penyegar , penambah nafsu makan, pencahar ringan, peluruh dahak dan antioksidan. Kandungan asam galat sangat baik untuk saluran pencernaan. Sedangkan kandungan riboflavinnya sangat baik untuk kesehatan mata, mulut dan tenggorokan.

STRAWBERRY
Strawberry merupakan tanaman buah yang rata-rata memiliki 200 biji per satu buahnya. Warna merah pada strawberry disebabkan karena buah ini kaya akan pigmen warna antosianin dan mengan dung antioksidan tinggi. Yang sangat banyak khasiatnya, kaya akan serat, rendah kalori, dan mengandung Vitamin C, folat, potassium, serta asam ellagic.
Manfaat buah strawberry :
1.      Menyusutkan kadar kolesterol
2.      Melumpuhkan kerja aktif kangker karena asam ellagic yang dikandungnya
3.      Dapat meredam gejala stroke
4.      Mengandung zat anti alergi dan anti radang
5.      Konsentrasi tujuh zat antioksidannya  lebih tinggi dibandingkan buah atau sayuran lain
6.      Kaya Vitamin C yang bermanfaat bagi pertumbuhan anak
7.      Sedikit mengandung gula dan cocok untuk diet
8.      Zat astringent pada daun efektif menghentikan serangan diare
9.      Kebutuhan vitamin C orang dewasa dapat dicukupi oleh 8 buah strawberry.

KIWI
. Memiliki kandungan vitamin C yang sangat besar
Kiwi mengandung 100 mg vitamin C dalam 100 gram beratnya. Sedangkang jeruk hanya memiliki kandungan vitamin C sebanyak 54 mg per 100 gram.
. Kaya Antioksidan
Kandungan polifenol, karotenoid dan enzim-enzim lain membentuk antioksidan yang akan menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Tubuh jadi sehat dan dapat terhindar dari banyak penyakit.
. Mengandung Lutein dan Beta Karoten
Adalah menjaga kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi kiwi penglihatan mata terpelihara dengan baik.
. Mengandung Kalium
Kalium berfungsi menjaga kesehatan jantung. Kiwi juga dapat membantu kurangi resiko penggumpalan darah yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular. Mengontrol kolesterol dan kadar gula dalam darah.

Apel
Apel dikenal mengandung fitokimia, zat antioksidan yang efektif melawan kolesterol jahat (LDL). Selain menurunkan kolesterol jahat, apel juga meningkatkan kolesterol baik (HDL). Kandungan pectin dan asam D-glucaric berjasa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.
Zat flavonoid dalam apel terbukti dapat menurunkan risiko kangker paru-paru sampai 50 persen dan juga dapat menghambat pertumbuhan kanker usus sebesar 43 persen. Apel terbukti mencegah serangan stroke. Orang berpola makan kaya flavonoid mengalami insiden penyakit jantung lebih rendah. Apel juga dapat menurunkan berat badan, menjaga kesehatann gigi, dan membuat perempuan tetap cantik.

Jeruk
Sari buah jeruk yang banyak mengandung vitamin C sangat baik karena selain menstimulasi sitem kekebalan tubuh, juga menghilangkan sumbatan lender ditenggorokan, rongga hidung, paru-paru dan perut.

Tomat
Jus tomat segar sangat membantu pembentukan glycogen dalam liver. Menurut penelitian ditemukan bahwa jus tomat menyeimbangkan fungsi liver dengan cepat dan dengan demikian berarti menjaga stamina tubuh dan menyehatkan badan. Garam mineral yang kaya dalam tomat meningkatkan nafsu makan dan merangsang aliran air liur sehingga memungkinkan makanan dicerna dengan baik.

Kelengkeng
Kelengkeng mengandung sukrosa, glukosa, protein, lemak, asam tartaric, vitamin A dan B. sebagai salah satu sumber energy, buah ini berguna untuk meningkatkan stamina sehabis sakit. Juga baik untuk memenuhi kebutuhan energy ibu hamil yang lemah setelah melahirkan, dapat menambah nafsu makan, mencegah anemia dan pemutihan rambut dini.

Leci
Buah leci selain kandungan protein, lemak, vitamin C, fosfor, dan zat besi, buah leci mengandung sukrosa dan glokosa yang melimpah. Mengkonsumsi buah leci pada malam hari dapat menambah cadangan energy untuk keesokan harinya.

Kelapa
Air kelapa mengandung sukrosa , fruktosa, glukosa, sedangkan dagingnya selain tiga hal di atas juga mengandung protein, lemak, vitamin dan tentunya minyak kelapa. Air dan daging kelapa muda dapat mengurangi kegerahan, mulut kering, demam dengan kehausan serta diabetes, dan dipercaya membuang racun dalam darah. Terlalu banyak minum air kelapa muda menybabkan sedikit rasa lemas sementara. Bagi yang memiliki gangguan tulang jangan mengkonsumsi banyak air kelapa.
Sumber :
Retrieved maret, 21, 2016 from http://doktrsehat.com
Retrieved maret, 21, 2016 from http://graitasaraswati.tumblr.com




No comments:

Post a Comment