Tuesday, March 15, 2016

Alasan Bumi Layak Huni Hingga Saat Ini




 

Seberapa jauh kita mengenal bumi…! Apa itu bumi? Mungkin banyak dari kita akan menjawab, bahwasannya bumi adalah tempat tinggal kita. Akan tetapi bagaimana kalau kita ditanya kenapa bumi tidak planet lain dan kenapa di bumi ada banyak kehidupan sedangkan di planet lain tidak ada kehidupan sama sekali? Apa itu takdir dari ALLAH…

Sepasang peneliti asal Geophisical Laboratory di Carnegie Institution of Washington yang mengajukan gagasan tentang “ Alasan Bumi Layak Huni Hingga Saat Ini “. Menurut keduanya salah satu faktor yang membuat bumi dapat mendukung kehidupan berasal dari kandungan mineral yang ada di planet tersebut. Dan keduanya berhasil menemukan hubungan antara keberadaan mineral, khusus nya mineral langka di bumi dengan kemampuan planet ini mendukung kehidupan.

“ Kehidupan tidak bisa dimulai tanpa beberapa sifat kimia yang ada di mineral saat bumi terbentuk “ Ujar Robert Hazen, dikutip dari laman Tech Tunei, Senin (15/2/2016)

Ia juga mengatakan bahwa kemampuan sebuah planet dalam mendukung kehidupan dipengaruhi kandungan mineral langka di dalamnya.

Kesimpulan ini diambil Hazen setelah berhasil menemukan kandungan mineral langka di bumi. Ada sekitar 2.250 mineral langka di bumi. Menurutnya bahwa keberadaan mineral langka tidak hanya menyokong kehidupan, namun menjadi ciri khas suatu planet. Sebab, kandungan mineral langka dapat menjadi ‘sidik jari’ dari masing-masing planet. Hal yang sama juga berlaku bagi planet lain. Ia menambahkan bahwa tidak di temukan nya di planet lain seperti : Merkurius dan Mars. Disebabkan ke dua planet ini hanya memiliki kandungan mineral sedarhana.

Hal ini juga menjadi alasan mengapa eksplorasi di Bulan dan Mars tidak berhasil menemukan suatu hal yang mencengangkan di bidang mineralogi. Sebab besar kemungkinanya, dua planet tersebut tidak memiliki kandungan mineral yang unik dan langka.

Disisi lain, rekan Hazen, Jesse Ausubel, mengatakan bahwa keberadaan mineral juga berhubungan keanekaragaman kehidupan sebuah planet. Menurut nya, planet yang secara ekologis miskin adalah planet yang memiliki sedikit kandungan mineral,

            Selain berhasil menemukan hubungan antara mineral dengan kamampuan sebuah planet untuk mendukung kehidupan, Penemuan mineral langka ini juga dapat membantu memahami tentang pembentuk bumi itu sendiri.

Jadi menurut para ahli yang meneliti bumi, bahwa salah satu factor yang membuat bumi dapat mendukung kehidupan berasal dari kandungan mineral. Dan “ kehidupan  tidak bisa dimulai tanpa beberapa sifat kimia yang ada pada mineral ‘.

            Tau kah anda apa itu mineral. Mineral adalah unsur kimia yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan. Unsur-unsur seperti klorin (CI), natrium (Na), kalium (K), Kalsium (Ca), Fosfor (P), magnesium (Mg), adalah mineral yang terdapat dalam tubuh dalam jumlah besar, besi (Fe), iodin (I), seng (Zn), adalah mineral yang ada pada tubuh dengan jumlah sedikit,

Macam-macam Mineral, Sumber dan Fungsinya

  1. Kalsium (Ca)
    Sumber : Susu dan hasil olahannya, telur, udang, kerang, kepiting, kacang kacangan , dan buah buahan.
    Fungsi atau kegunaan dari kalsium adalah pembentukan tulang dan gigi
  2. Magnesium (Mg)
    Sumber : kacang kacangan, sayuran hijau, susu, coklat, dll.
    Fungsi atau kegunaan magnesium adalah sebagai zat yang membentuk sel darah merah berupa zat pengikat oksigen dan hemoglobin menguatkan tulang dan sendi.
  3. Suifur atau Belerang
    Sumber : semua sumber protein seperti daging , teiur, ikan, baik protein nabati maupun protein hewani
    Fungsi dan kegunaan nya ikut andil dalam membentuk protein dalam tubuh.
  4. Fosfor (P)
    Sumber : Daging, ikan dan telur. Semua jaringan hewan, serealis, kacang kacangan
    Fungsi dan kegunaanya untuk pembentukan tulang dan gigi serta mengatur keseimbangan asam dan basa dalam tubuh.
  5. Besi (Fe)
    Sumber : Susu, hati, kuning telur dan sayur sayuran yang berwarna hijau
    Fungsi dan kegunaannya pembentukan hemoglobin dalam darah, mempertahankan pigmentasi rambut, meningkatkan kekuatan fisik dan mental.
  6. Natrium (Na)
    Sumber : Ikan, kentang, pisang, sayuran hijau, garam dapur dll
    Fungsi dan kegunaannya mengatur kelancaran kerja otot, terutama otot jantung dan mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh. Untuk mengatur metabolism garam-garam dan pengatur keseimbangan air. Natrium adalah zat mineral yang kita andalkan sebagai pembentuk faram di dalam tubuh dan sebagai penghantar implus dalam serabut saraf dan tekanan osmosis pada sel yang menjaga keseimbangan pada seldenga cairan yang ada di sekitarnya.
  7. Clorin (Cl)
    Sumber : Garam dapur, keju, sayuran hijau, makanan hasil laut, telur, susu, daging.
    Fungsi dan kegunaannya membentuk asam lambung (HCL) atau asam klorida pada lambung dan memelihara keseimbangan cairan pada tubuh, HCL memiliki kegunaan membunuh kuman bibit penyakit dalm lambung dan juga mengaktif kan pepsinogen menjadi pepsin.
  8. Kalium (K)
    Sumber : Kacang kacangan, buah, susu, daging, serealis, sayuran, hati dan kerang
    Fungsi dan kegunaannya mempengaruhi kerja otot jantung, mengatur tekanan osmosis pada sel dan membantu mengantarkan inplus saraf. Kalium kita butuhkan sebagai aktifitas otot jantung

 

            Macam macam mineral diatas yang dipapar merupakan mineral esensial tubuh yang hanya ada di bumi sebagai pendukung kehidupan untuk manusia. Dan masih banyak lagi mineral mineral di bumi sebagai pendukung seluruh kehidupan makhluk yang ada.


Sumber      :



Damar, A. M. (2016, februari 15). Retrieved maret 16, 2016, from http://liputan6.com

Ariyantiningsih, R. (2011, juni 23). Retrieved maret 16, 2016, from http://rahayuariyantiningsih.blogspot.com


 

 

No comments:

Post a Comment