Wednesday, March 23, 2016

UNSUR KIMIA DALAM TANAH



Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarohkatuh, hay gays ini adalah artikel saya yang ke lima tentang kimia. Kemarin saya sudah membahas tantang api sekarang saya akan membahas elemen dari tanah. Hehehe saya seperti Avatar saja ya? Mempelajari tentang elemen-elemen yang ada di bumi tercinta kita ini. Sebelum kit alanjut kepembahasan yang yang lebih dalam kita baha secara umum terbih dahulu tentang tanah.
Tanah adalah lapisan teratas sebelum atmosfer yang melapis dan melindungi bumi yang tersusun dari komponen organik maupun anorganik, lapisan teratas ini juga menyediakan kebutuhan bagi organisme yang hidup diatasnya, yang disertai unsur-unsur kimia dengan fungsinya yang berbeda-beda yang dimiliki setiap unsurnya. 
Unsur-unsur kimia dalam tanah memiliki perananya masing-masing dalam kehidupan ekosistem alami. Yaitu sebagai penyedia kebutuhan hara bagi tanaman. Unsur kimia yang diserap oleh tumbuhan berupa ion jadi tidak semua unsur dalam tanah dapat diserap oleh tanah.
Unsur hara yang diperlukan oleh tumbuhan agar tumbuh dengan baik ada 16 unsur. Tetapi hanya enam  unsur yang diperlukan dalam jumlah besar, unsur hara ini disebut juga dengan unsur hara essensial (unsur makro) dan unsur sepuluh lainnya disebut unsur hara non-essensial (unsur mikro).Unsur hara essensial (unsure makro) diantanya adalah nirogen,fosfor, kalium, kalsium, magnesium, dan sufur. Dan pada artikel ini saya akan menjelaskan fungsi-fungsi bahan kimia dari unsure makro.
1.      Nirogen (N) adalah unsur hara essensial, yang menyusun sekiatar 1,5% bobot tanaman dan berfungsi terutama dalam pembentukan protein. Manfaat dari nitrogen adalah untuk memacu pertumbuhan tanaman pada fase vegetatif, serta turut berperan dalam pembentukan klorofil, asam amino, lemak enzim, dan persenyawaan lainya. Nitrogen yang terdapat dalam tanah ada bentuk organik dan anorganik. Bentuk organik dari nitrogen meliputi NH4, NO3, NO2, N2O dan unsur N. Tanaman menyerap unsur dalam bentuk NO3, tapi bisa juga NH4 dan urea (CO(N2))2 dalam bentuk NO3.
2.      Fosfor (P) di dalam  tanah berasal dari bahan organik,pupuk buatan dan mineral –mineral di dalam tanah misalanya pupuk buatan dan minerl-mineral. Unsur fosfor penyusun beberapa enzim, proyein, ATP, RNA, dan DNA.
3.      Kalium(K) berperan sebagai pengatur proses fisiologi tanaman misalnya fotosintesis,transportasi kabohidrat dan menhatur distribusi air dalam jaringan sel bukan hanya itu saja kalium digunakan sebagai penetralisir muatan listrik negative yang disebabkan oleh unsure fosfat dan nitrat.
4.      Magnesium adalah activator yang berperan dalam transportasi energy beberpa enzim di dalam tanaman. Unsure ini sangat dominan di daun untuk ketersediyaan klorofil.
5.      Kalsium sangatlah berperan untuk bertumbuhan sel. Kompenen kalsium menguatkan, mengatur daya tembus, serta merawat dinding sel. Peranya sangat penting pada pertumbuhan akar.
6.      Belerang (S) ini dibutuhkan tanaman dalam pembentukan asam amino sitin, sistein dan metionin.
Pada dasarnya setiap tanah mengandung unsur kimia yang sama. Hanya saja kadarnya per tiap jenisnya yang berbeda-beda. Sekian penjelasan dari artikel ini.

Sumber,

Bimbingan. Mengenal Unsur-unsur Kimia Tanah. http://www.bimbingan.org/mengenal-unsur-unsur-kimia-tanah.htm.
HCS, Organic. Unsur Hara Makro dan Mikro yang dibutuhkan oleh Tanaman. 05 03, 2014. http://organichcs.com.
Wikipedia. Tanah. http://id.m.wikipedia.org.wiki/tanah (accessed Maret 3, 2016).


1 comment:

  1. BOLAVITA Situs Sabung Ayam Online Terpercaya Di Indonesia

    Daftar & Dapatkan Bonus NEW MEMBER 10 % / Bonus Cashback Hingga 10%

    Mengapa Pilih Bolavita ???
    *Dilayani CS Profesional Selama 24 Jam NonStop
    *Support Semua Bank Indonesia
    *Minimal Depo / WD Hanya Rp.50.000,-
    *Banyak Promo & Bonus Yang Bisa Anda Dapatkan.

    Segera Bergabung Bersama kami Sekarang Juga !
    BBM : BOLAVITA
    WA : 081377055002

    ReplyDelete