Sunday, March 20, 2016

Unsur-Unsur Kimia Dalam Darah




Assalamualaikum flend im back kkkkk
Pembahasan kali ini nih flend kita akan membahas tentang darah, ada unsur apa aja sih yang ada dalam darah kita...akan kita bahas cekidottt..
Sebelumnya kalian tau gak nih kalo darah dalam tubuh kita itu ada macem-macemnya, yaitu terdiri dari plasma darah dan sel-sel darah. Sel-sel darah itu ada sel darah merah atau yang biasa kita kenal dengan sebutan eritrosit, leukosit atau se darah putih, ada juga trombosit. Semua darah ini mengalir dalam tubuh kita melalui sirkulasi.
·         Plasma darah
Plasma darah yang ada dalam tubuh kita terdiri diri 90% sampai 92% air, ternyata plasma darah kita di dominasi oleh air ya flend. Karena nih flend ternyata peranan air dalam darah kita sangat besar sekali, selain sebagai pelarut zat-zat air juga diperlukan untuk memelihara tekanan darah, kondisi osmotik dan pengatur panas.
Protein adalah zat padat yang ada  dan paling banyak dalam plasma darah yaitu sekitar 6%-7%. Protein apa sajakah itu....ada yang tau gak nih? That is fibrinogen, albumin dan globulin. Fibrinogen dapat di endapkan oleh larutan amonium sulfat setengah jenuh seperti globulin. Sedangkan globulin memerlukan NaCl jenuh untuk mengendap dan fibrinogen hanya memerlukan larutan seengah jenuh. Albumin dan globulin adalah bagian besar protein yang terdapat dalam plasma. Nah perlu teman-teman ketahui bahwa kedua jenis protein ini berfungsi sebagai zat yang menentukan besarnya tekanan osmosis.
·         Eritrosit
Di dalam eritrosit terdapat hemoglobin yang menyebabkan eritrosit berwarna merah. Ternyata eh ternyata eritroset adalh sel darah yang paling sedikit mengandung air. Lipid yang terdapat dalam eritrosit diantaranya adalah kolesterol, lesitin dan sefalin. Adapun protein yag terdapat dalam eritrosit adalah stromatin, lipoprotein, dan elimin. Bukan hanya itu aja flend dalam eritrosit juga terdapat beberapa enzim diantaranya adalah anhidrase karbonat, anhidrase peptidase, kolinestirase dan juga enzim pada sistem glikolisis. Dalam eritrosit ATP dan ADP adalah konsituen yang penting sedangkan urea, asam amino, kreatin, dan glukosa adalah zat yang larut dalam eritrosit. Kosentrasi glukosa di dalam eritrosit sama dengan konsentrasi dalam plasma.
Mengenai hemoglobin, hemoglobin terdiri atas suatu protein globin dan suatu gugus heme yang megandung besi. Hemen itu sendiri adalah garam hidroksida dari heme. Fungsi hemoglobin dalam darah adalah  mengikat oksigen dari udara dan membentuk oksihemoglobin.
Pada proses respirasi yang kita lakukan itu memerlukan energi yang tinggi. Dan ternyata proses ini dapat terhadap karena adanya gas CO. Hemoglobin akan mengikat CO karena ikatan CO lebih kuat dari pada ikatan hemoglobin dengan oksigen. Hemoglobin itu sendiri mengikatoksigen melalui Fe yang terdapat pada bagian heme.
·         Leukosit
Jumlah leukosit dalam tubuh kita sangat sedikit yaitu sekitar 1/500 dari jumlah leukosit tapi perlu teman semua ketahui bahwa meskipun jumlahnya yang sedikit tapi leukosit sangat penting bagi tubuh kita karena leukosit berfungsi untuk melindungi tubuh kita dari penyakit. Leukosit berbeda dengan eritrosit karenatidak mengandung hemoglobin.
Adapun macam-macam dari leukosit sebagai berikut..cekidottt
a)      Netrofil
b)      Monosit
c)      Eosinofil
d)     Basofil
Dari keempat leukosit tersebut mereka mempunyai peranannya masing-masing dalam tubuh kita flend meskipun pada dasarnya keempatnya sama-sama melindungi tubuh dari serangan bakteri.
Itulah sedikit uraian mengenai unsur kimia yang terdapat dalam darah kita flend semoga bermanfaat...
Wassalmualaikum

Sumber

Poedjiadi, A. (1994). Dasar-Dasar Biokimia. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI- Press).


No comments:

Post a Comment