Tuesday, March 22, 2016

Sayur Yang Berpestisida



Sayur Yang Berpestisida
Kita semua sudah pasti tau bahwa sayur memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Secara garis besar manfaat sayur yaitu sebagai sumber serat, vitamin, dan mineral yang cukup bagi tubuh dan kesehatan manusia. Ada banyak jenis sayuran yang ada di indonesia yang berkhasiat untuk meningkatkan kesehatan dan metabolisme tubuh. Secara umum manfaat sayur yaitu sebagai berikut :
·         Melancarkan BAB
·         Pencernaan yang sehat
·         Sumber vitamin, mineral dan gizi bagi tubuh
·         Sumber utama serat
·         Mencegah kanker
·         Meningkatkan sistem imun
·         Meningkatkan kesehatan syaraf dan mata.
Manfaat sayur sangat banyak bagi tubuh kita, tapi bagaimana jika sayur tersebut mengandung pestisida?
Dr. James Bower, seorang neurologi dari mayo clinic di Rochester, Minnesota, AS, menemukan bahwa resiko penyakit parkinso akan meningkat karena paparan pestisida dan bahan kimia yang terdapat pada sayuran. Lalu, menjelaskan, meskipun bukan hanya satu hal yang dapat menyebabkan penyakit parkinson. Namun, salah satu dari banyak pemicu penyakit tersebut adalah pestisida.
Di Indonesia sendiri, Anwar Musadad, SKM, M.Kes, Kepala Pusat Teknologi intervensi kesehatan masyarakat. Kementerian kesehatan mengatakan bahwa pestisida jelas membahayakan tubuh karena dapat menyerang saraf. Dia juga mengatakan bahwa ”komponen pestisida dapat merusak sel otak dan mengakibatkan kadar dopamin di otak menurun”. Selain itu makanan yang mengandung pestisida juga menyebabkan pusing, diare, kelainan kulit, kerusakan hormone serta kanker.
Sayur-sayuran sangat rentan untuk terkena pestisida. Meski bahaya pestisida mengintai bukan berarti kita harus menghindari sayur-sayuran.
Ada beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk menghindari atau menghilangkan  pestisida yang terkandung pada sayuran :
·         Menghilangkan pestisida pada sayuran yaitu, dengan mencuci sayuran sampai bersih sebelum dikonsumsi,
·         Apabila memungkinkan usahakanlah memilih sayuran organik alias yang tidak mengandung bahan kimia dalam memusnahkan hama yang terdapat pada tanaman tersebut,
·         Sayuran organik harganya cukup mahal maka dari itu usahakanlah menanam sendiri sayuran yang akan dikonsumsi,
·         Untuk menghasilkan sayuran yang sehat dengan cara menanam sayuran secara hidroponik,
·         Kalaupun kita tidak bercocok tanam, sebaiknya kita lebih cermat lagi dalam memilih sayuran. Sebaiknya kita menghindari sayuran yang segar tanpa bekas gigitan ulat dan memilih daun yang dimakan ulat.
Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua, dan menjadikan kita lebih cermat lagi dalam memilih sayuran yang sehat.

References

anonim. (2014, oktober 29). infomasi manfaat. Retrieved maret 19, 2016, from manfaat sayur-sayuran: http://manfaat.co.id/manfaat-sayuran-sayuran
panjaitan. (2014, juli 21). indomasterbola. Retrieved maret 19, 2016, from buah dan sayur berpstisida berpotensi menumbuhkan kanker: http://indomasterbola.blogspot.com/2014/07/buah-dan-sayur-berpestisida-berpotensi.html?m=1
Rabiah. (n.d.). segi empat.com. Retrieved maret 19, 2016, from menghindari buah dan sayuran berpestisida : http://segiempat.com/tips-dan-cara/kesehatan/cara-menghindari-buah-dan-sayuran-berpestisida/



No comments:

Post a Comment