Wednesday, March 23, 2016

Waspadai Minyak Bercampur Plastik!!!!



Waspadai Minyak Bercampur Plastik!!!!!!


Gorengan adalah makanan kesukaan masyarakat. Gorengan merupakan makanan alternatif untuk mengemil, karena makanan ini mudah di dapat. Tak hanya itu saja, gorengan pun memiliki banyak macam-macamnya misalnnya gorengan tahu, tempe, cireng, molen dan lain-lain. Hampir setiap jalan banyak pedagang gorengan. Namun, kita harus waspada atau berhati-hati ketika membeli gorengan di luar. Karena zaman sekarang banyak pedagang berbuat curang. Demi mendapatkan keuntungan yang besar, mereka mencampurkan plastik ke dalam minyak goreng yang akan digunakan untuk menggoreng. Karena plastik yang dicampurkan kedalam minyak goreng membuat makanan atau gorengan tersebut menjadi lebih gurih dan renyah serta membuat gorengan menjadi tahan lama. Beda halnya dengan menggunakan minyak murni, gorengan akan lembek, tidak gurih, dan tidak kriuk-kriuk.
Para pedagang melakukan hal itu dengan cara mencelupkan benda-benda plastik seperti kantung plastik, sedotan, dirijen plastik ke dalam minyak yang akan digunakan untuk menggoreng. Tungggu sampai plastik-plastik tersebut meleleh lalu menggoreng gorengan tersebut menggunakan minyak tersebut. Untuk itu kita harus waspada dan mengetahui mana yang menggunakan minyak murni dan mana yang menggunakan minyak bercampur plastik. Hal yang mudah untuk membedakannya adalah membakar gorengan tersebut. Jika gorengan itu terbakar dan menyala api berarti gorengan itu menggunakan minyak bercampur plastik. 
Saya dapat mengetahui hal itu karena teman saya membeli gorengan namun gorengan itu berbeda seperti gorengan biasanya sehingga saya bakar gorengan itu dan ternyata gorengan itu terbakar dan meleleh seperti plastik yang dibakar.
 Itu adalah cara yang mudah untuk membedakan mana gorengan yang menggunakan minyak murni dan minyak bercampur plastik. Ada pula ciri-ciri atau tanda-tanda yang lain, yaitu :
1.      Gorengan dijual dengan harga sangat murah
Jika ada pedagang yang menjual gorengan dengan harga yang beda dengan pedagang lain (sangat murah) kita harus berhati-hati dan waspada. Karena bisa jadi menggunakan bahan yang basi atau menggunakan minyak bercampur platik.
2.      Gorengan renyah
Kita membeli gorengan sudah berjam-jam namun masih renyah. Hal itu menandakan bahwa gorengan tersebut menggunakan minyak oplosan (minyak dicampur plastik). Karena minyak bercampur plastik akan membuat makanan atau gorengan itu akan tetap renyah dalam waktu yang lama.
3.      Gorengan dengan warna mengkilap
Gorengan berwarna mengkilap berarti digoreng menggunakan minyak goreng yang dicampur dengan plastik. Biasanya gorengan yang menggunakan minyak dicampur plastik akan berwarna kuning keemasan mencolok.
4.      Ada bercak putih pada gorengan
Bercak-bercak putih pada gorengan ini berasal dari plastik yang dilelehkan di dalam minyak goreng. Plastik ini lelehnya tak sempurna sehingga menggumpal dan melekat pada kulit gorengan.

Meskipun gorengan menggunakan minyak bercampur plastik rasanya enak dan gurih serta warnanya lebih menarik, namun mengkonsumsinya sangatlah berbahaya bagi tubuh. Plastik itu sendiri sangat sulit untuk dicerna oleh tubuh. Penumpukan bahan-bahan kimia berbahaya dari plastik akan memicu munculnya kanker. Sehingga jika kita memakan makanan yang menggunakan minyak semacam itu dan dalam jangka waktu yang lama akan menimbulkan penyakit kanker misalnya kanker hati, kanker usus besar, kanker otak.
Oleh karena itu, jika kita ingin membeli makanan yang digoreng terutama membeli gorengan  kita harus berhati-hati dan waspada. Kita bisa membedakan mana jenis makanan atau gorengan yang menggunakan minyak murni dan minyak bercampur plastik sesuai ciri-ciri atau tanda-tanda yang sudah dijelaskan diatas.



Daftar Pustaka
http://www.kompasiana.com/rayiandrika/bahaya-gorengan-berplastik_55296393f17e614d698b45f6


No comments:

Post a Comment