Monday, March 21, 2016

Di Balik Sejuta Manfaat Plastik

                Hi sobat, tentu kalian sudah tidak asing lagikan dengan plastik? Yah, yang setiap hari kalian lihat di pedagang-pedagang kaki lima bahkan di super market besar pun plastik sangat marak digunakan. Nah, ternyata di balik sejuta manfaat plastik terdapat bahaya yang sangat mematikan loh.
                Nah, bagi kalian yang belum mengetahui bahaya zat kimia yang terkandung dalam plastik, artikel kali ini akan mengupas tuntas semua kejanggalan-kejanggalan yang terkandung dalam plastik.

Plastik meyebabkan Keguguran?


Siapa bilang keguguran tak dipicu oleh benda berbahan dasar plastik. Kalian pasti tak menyadarinya bahwa alat-alat rumah tangga sebagian yang kalian miliki berbahan dasar plastik, seperti toples, botol, teko, gelas, piring bahkan hiasan-hiasan rumah yang kalian koleksi. Nah zat kimia yang ditemukan pada lusinan perangkat rumah tangga tersebut bisa meningkatkan resiko keguguran.
Sebuah penelitian yang diadakan di Stanford University, California, Amerika, mengemukakan bahwa perempuan hamil harus menghindari makanan kaleng, tidak memanaskan makanan di wadah plastik atau sterefoam dan bahkan menghindari struk belanja. Karena semua bentuk maacam plastik mengandung zat kimia Bisphenol A (BPA).
            Dari hasil penelitian (Ruth Lathie, Daily Mail, Senin, 14 Oktober 2013), mengemukakan bahwa perempuan hamil dengan kadar bisphenol A (BPA) yang memiliki kandungan tertinggi dalam darah mengakibatkan kecenderungan untuk mengalami keguguran hingga 80% . Dalam studinya, peneliti mengukur kadar zat kimia tersebut yang ditemukan dalam botol minuman, kacamata, dan tempat CD, pada perempuan hamil yang telah terkonfirmasi oleh dokter bahwa Perempuan yang keguguran dengan alasan yang tidak diketahui penyebabnya seharusnya menghindari paparan BPA sebagai upaya menghindari satu fator resiko yaitu keguguran.oleh  karena itu perempuan hamil sebaiknya menghindari apapun yang melibatkan memasak atau menghangatkan makanan di wadah plastic, karena saat pada suhu yang tinggi zat kimia bisa terlepas pada material plastik.
            Nah, tapi bukan hanya itu sob, zat kimia pada plastik juga dapat memicu terjadinya kanker loh? Kok bisa? Iyah karena zat kimia styrene yang terkandung dalam gelas plastik sekali pakai (sterefoam) dapat menyebabkan kanker darah, kanker pangkreas dan esofagus. Yah, styrene merupakan salah satu jenis bahan kimia yang mesti diminimalisir penggunaanya dalam kehidupan manusia karena memiliki sifat karsinogenik yang dapat memicu penyakit kanker. Selain styrene yang mengandung bahan karsinogenik ada bahan lainnya juga yang mengandung karsinogenik seperti cobalt-tungsen carbide, captafol, o-nitrotulene, dan riddelline.
                Parahnya penggunaan bahan styrene dalam kehidupan sehari-hari sudah sangat marak sekali, seperti digunakan untuk pembuatan fiberglas, onderdil otomatif, pipa plastik dan sterefoam (wadah minum sekali pakai).
                Meskipun demikian, penjelasan diatas bukan berarti bahwa bahan-bahan kimia tersebut bisa secara langsung menjadi faktor utama penyebab kanker loh. Ada banyak faktor juga yang berperan signifikan penyebab timbulnya kanker, seperti kerentanan tiap orang menjaga pola hidup dan pola makannya, besar kecilnya jumlah bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh kita bahwan kurangnya keperdulian terhadap kesehatan.
                Nah, sekarang kalian sudah mengetahuikan bahaya dari penggunaan plastik yang berlebihan. Selain tidak baik bagi kesehatan bagi tubuh, plastik juga dapat mencemari tanah. Semoga bermanfaat.




Referensi:
anonim. (2013, oktober 14). Zat Kimia Plastik Sebabkan Keguguran. Retrieved from TEMPO.CO, California: https://m.tempo.co/read/news/2013/10/14/060521615/zat-kimia-plastik-sebabkan-keguguran
deherba. (2016, maret 19). Tahukah Anda Zat-Zat Kimia Apa Saja yang Bisa Menyebabkan Kanker. Retrieved from deherba.com: https://www.deherba.com/tahukah-anda-zat-zat-kimia-apa-saja-yang-bisa-menyebabkan-kanker.html

1 comment: