Tuesday, March 22, 2016

AYO LAWAN KANKER OTAK!



            Kanker, membaca judulnya saja kalian mungkin takut atau bahkan ada yang nangis? Please jangan selebay itu ya guys, tak perlu takut dengan kanker ya meskipun kanker menakutkan tapi kanker tidak lebih menakutkan dari status “JOMBLO” hahaha just kidding guys. Oke, di artikel kali ini saya akan membahas tentang kanker otak. Sedikit menakutkan memang tapi please enjoy guys jangan tegang yaa.
            Kanker atau ada juga yang menyebut nya dengan sebutan tumor ganas adalah sebuah penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel yang terjadi pada tubuh manusia dan menimbulkan sel itu tumbuh tidak terkendali. Kanker adalah salah satu penyakit yang berbahaya dan bisa menyerang siapa saja. Kanker juga bisa menyerang bagian tubuh mana saja termasuk otak. Ya, kanker juga dapat tumbuh di otak.
Kanker otak disebabkan karena penurunan DNA pada otak atau pertumbuhan DNA yang melampaui batas. Penderita kanker otak biasanya mengalami defresi atau rasa ketakutan dan kekhawatiran yang tinggi atas keselamatannya. Kanker bisa menyebabkan area otak yang terjangkit tidak berfungsi dengan baik dan akan sering menimbulkan rasa sakit yang berlebih pada bagian kepala. Lalu atas dasar apa seseorang dikatakan menderita kanker otak? Sebelum seseorang mengetahui apakah ia poistif terkena kanker atau tidak ia harus diperiksa terlebih dahulu melalui pemeriksaan khusus.
Terdapat dua jenis kanker otak yang dikenal dalam dunia kedokteran.
1.      Kanker otak primer, merupakan kanker otak yang tumbuh secara langsung di otak, pembuluh darah di otak serta selaput penutup di otak.
2.      Kanker otak sekunder, merupakan sebuah kanker otak yang tumbuh di bagian sel-sel lain atau organ organ lain selain otak yang kemudian merambat ke otak.
Secara umum gejala kanker otak mungkin bisa dikatakan seperti gejala penyakit biasa. Diantaranya sering mengalami kelelahan secara berlebihan; sering merasa ngantuk; sulit berjalan;muntah muntah; timbulnya perubahan perilaku dan kepribadian; dan terkadang sulit bicara. Akan tetapi,untuk lebih jelas nya kita lihat gejala kanker otak berdasarkan stadium atau tingkatan yang dialaminya.
Kanker otak dibagi menjadi empat stadium. Pertama, pada stadium awal ini biasanya si penderita tidak mengalami gejala hebat. Pada stadium ini penderita akan mengalami sakit kepala dan nyeri yang mendalam pada bagian kepala. Rasa nyeri ini diakibatkan oleh sel kanker yang mulai menyebar pada otak. Kemudian si penderita juga akan mengalami mual mual dan gangguan pada penglihatannya. Penglihatan akan mulai kabur konsentrasi menurun bahkan ada yang sampai ketajaman pendengaran pun menurun. Hanya sebagian kecil kanker yang bisa terdeteksi langsung pada stadium ini.
Kemudian jika kanker terus dibiarkan maka gejala nya akan terus terasa dan bahkan akan semakin hebat. Pada stadium dua, gejala kanker semakin terasa dan tidak bisa di spelekan lagi. Pada stadium ini penderita akan sering mengalami kelelahan yang teramat sangat meskipun aktivitasnya tidak terlalu menguras tenaga. Hal ini disebabkan karena oksigen yang menuju ke otak tidak lancar. Penderita juga akan sering mengalami pingsan, sulit menggerakkan anggota tubuh tertentu misalkan kaki, tangan atau pun yang lainnya. Jika gejala gejala ini sudah muncul pada seseorang maka patut diwaspadai dan harus segera melakukan serangkaian pemeriksaan untuk memastikan kesehatan orang tersebut.
Selanjutnya penderita yang sudah divonis menderita kanker otak stadium tiga ini sudah dikategorikan parah, karena kondisi fisik penderita itu akan semakin lemah dan menurun. Pada stadium ini penderita akan sering mengalami sakit kepala yang luar biasa, dan bahkan bisa saja disertai mimisan. Pada saat penderita ini mengalami stress atau kelelahan yang berlebih maka darah bisa saja keluar mengalir dari hidung tanpa disadari oleh si penderita dan itu bisa terjadi kapan saja. Tidak hanya itu, pada stadium ini penderita biasanya mengalami semacam kelumpuhan sementara dimana orang tersebut akan merasakan kaki dan tangannya sulit untuk digerakkan. Bahkan bisa saja saja ia terjatuh saat sedang duduk atau berdiri tanpa ada sebab yang membuat ia terjatuh. Hal itu disebabkan karena kesetimbangan tubuh orang tersebut sudah mulai terganggu.
Dan yang terakhir pada stadium empat atau stadium akhir dimana kondisi penderita ini sudah semakin melemah dan bisa dikatakan sangat parah. Pada tahap ini semua gejala dari stadium satu sampai tiga akan menyerang penderita ini, bahkan dengan intensitas yang lebih parah. Pada stadium ini sel kanker pada otak bisa menyebabkan buta, tuli, lumpuh bahkan kematian.
Sebenarnya kita bisa mencegah pertumbuhan kanker pada tubuuh kita yaitu dengan cara banyak mengkonsumsi sayur dan buah seperti brokoli, jeruk, dan banyak lagi jenis sayur dan buah lainnya. Kita juga sebaiknya mengurangi konsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung bahan kimia. Akan tetapi, jika sudah terkena kanker dan sudah telanjur tumbuh di otak kita, ada baiknya jika si penderita melakukan pengobatan secara rutin dan jika sudah memasuki stadium tiga atau empat maka kemoterapi sangat dianjurkan untuk penderita ini.
So, sekarang kita sudah mengetahui apa itu aknker dan bagaimana cara mencegahnya. Jangan takut dan tetap keep your body healthy guys.. Semoga bermanfaat



1 comment:

  1. Terima Kasih atas Informasinya. Jangan lupa kunjngi pula Obat Hidrokel Paling manjur atau Cara Mengobati Buah Zakar Sebelah Secara Alami dan tentunya Obat Tradisional hidrokel Alternatif Pada Bayi yang dijamin ampuh. Jangan lupa juga mengenali Penyakit Tipes InsyaAllah kami memilki solusi terbaik untuk penyakit Tersebut.
    Terima Kasih atas semuanya.

    ReplyDelete