Thursday, March 24, 2016

Dibalik Keindahan Cat


Cat merupakan produk yang digunakan untuk melindungi dan memberikan warna pada suatu objek atau permukaan dengan melapisinya dengan lapisan berpigmen. Cat dapat digunakan pada hampir semua jenis objek, misalnya untuk menghasilkan karya seni (oleh pelukis untuk membuat lukisan), salutan industri. bantuan pengemudi (marka jalan), atau pengawet (untuk mencegah koros iatau kerusakan oleh air).
Cat sering digunakan untuk menghias permukaan benda supaya terlihat lebih indah, namun indahnya tak seperti apa yang dilihat, didalam cat terdapat kandungan berbahaya yang menimbulkan penyakit.
Apa yang membuat cat berbahaya?
Salah satu bahan yang berbahaya adalah VOC (volatile organic compound) atau kandungan senyawa organik yang mudah menguap. Yang termasuk dalam kategori VOC di antaranya solvent dan tiner. VOC ditandai dengan bau, walaupun cat yang tidak berbau belum tentu bebas dari VOC.
Sesaat setelah terhirup, dampak yang paling sering dirasakan adalah pusing, sesak napas serta mata perih. Sementara jika terhirup terus menerus dalam jangka panjang dampaknya bisa lebih parah yakni kanker dan kerusakan syaraf pada otak.
Selain VOC, Timbal dan Merkuri merupakan bahan berbahaya lainnya yang terkandung dalam cat. Menurut Shinta Iswandani Ameldy, Category Head PT IC Paints Indonesia timbal sering digunakan dalam campuran cat untuk menghasilkan warna-warna cerah, sedangkan merkuri merupakan bahan logam berat yang ada dalam kandungan cat.  Di dalam cat, merkuri salah satunya digunakan dalam campuran antijamur.
Bila VOC berbahaya saat uapnya terhirup, merkuri  dan timbal akan memberi efek buruk bila masuk ke dalam tubuh.  Ini bisa terjadi apabila Anda atau anak Anda menyentuh dinding, serbuknya menempel di tangan Anda dan kemudian Anda memegang makanan tanpa mencuci tangan terlebih dulu.
Timbal bisa menyebabkan di antaranya gangguan sistem saraf dan organ reproduksi. Pada tubuh anak-anak, timbal yang melebihi ambang batas akan memengaruhi tingkat kecerdasan dan prilaku.  Sedangkan merkuti bisa menyebabkan gangguan pada susunan saraf, otak dan ginjal.
Ternyata dibalik keindahan cat yang begitu memanjakan mata terdapat bahaya yang mengintai kita, tidak tanggung-tanggung, bisa menyebabkan gangguan pada susunan saraf, otak dan ginjal.
Cara apa yang bisa dilakukan agar terhindar dari bahaya cat?
Yang bisa dilakukan agar kita terhindar dari penyakit yang berbahaya akibat cat adalah sebagai berikut:
1.      Gunakan cat tanpa VOC.
2.      Gunakan pelindung mata jika perlu.
3.      Lindungi kulit sensitif dengan menggunakan sarung tangan karet.
4.      Lakukan pengampelasan saat tembok dalam kondisi basah untuk mengurangi debu.
                    

Daftar Pustaka:


Mengapa Cat Bisa Berbahaya. (2009, September 3). Retrieved Maret 22, 2016, from Kompas.com:http://properti.kompas.com/read/2009/09/03/15405275/Mengapa.Cat.Bisa.Berbahaya.html
Akibat Menghirup Bau Cat. (2010, Agustus 4). Retrieved Maret 22, 2016, from Detik.com:http://health.detik.com/read/2010/08/04/183510/1413744/766/akibat-menghirup-bau-cat.html


2 comments:

  1. BOLAVITA Situs Sabung Ayam Online Terpercaya Di Indonesia

    Daftar & Dapatkan Bonus NEW MEMBER 10 % / Bonus Cashback Hingga 10%

    Mengapa Pilih Bolavita ???
    *Dilayani CS Profesional Selama 24 Jam NonStop
    *Support Semua Bank Indonesia
    *Minimal Depo / WD Hanya Rp.50.000,-
    *Banyak Promo & Bonus Yang Bisa Anda Dapatkan.

    Segera Bergabung Bersama kami Sekarang Juga !
    BBM : BOLAVITA
    WA : 081377055002

    ReplyDelete