Thursday, March 24, 2016

Bahaya Tidak Sih Menelan Permen Karet?

 
Hay guys, bertemu lagi nih dengan Saya, di artikel yang ke tujuh ini saya akan membahas tentang bahaya tidak sih menelan permen karet? Permen karet merupakan salah satu makanan yang disukai mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat permen karet ini merupakan bahan-bahan yang relatif berbahaya. Walaupun tidak ditelan, tetap saja ada bahan yang yang masuk ke dalam tubuh dan bersarang di dinding-dinding mulut kita.
Permen karet dibuat dari bahan-bahan seperti campuran elastomer, lilin, resin, lemak, dan Emulsifier. Permen karet bukanlah makanan yang dapat dicerna secara keseluruhan, disebabkan oleh kandungan lilin yang terdapat di dalamnya. Sehingga saat dikeluarkan, permen karet tidak akan hancur. Walaupun sifat permen karet adalah lengket, usus akan melakukan gerakan peristaltik untuk mendorong permen karet tersebut hingga akhirnya dikeluarkan melalui proses defekasi. Namun karena sifat lengket dari permen karet tersebut, usus mengalami kesulitan untuk mendorongnya sehingga membutuhkan waktu setidaknya 2 sampai 3 hari untuk dapat benar-benar mengeluarkan permen karet tersebut dari tubuh.
Bahaya Jika Tertelan
Sebenarnya insiden tertelannya permen karet tidaklah begitu berbahaya apalagi hingga mengancam nyawa. Walaupun jarang terjadi, namun dapat berbahaya jika tertelan oleh anak-anak yang masih kecil. Kenapa? Karena ketika tertelan permen karet dengan ukuran agak besar, organ pencernaan anak-anak yang masih kecil dapat terancam tersumbat oleh gumpalan permen karet yang tertelan sehinga proses pencernaan tertahan dan dapat menyebabkan perut anak menjadi membesar karena hasil makanan dan metabolisme yang seharusnya dibuang melalui proses defekasi menjadi tertahan di dalam tubuh. Ini dia bahaya menelan permen karet, jadi ketika adik Anda tertelan permen karet segera pergi ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Cara Menanggulangi
Pertama, mintalah adik Anda untuk membuka mulutnya agar Anda dapat melihat jalur pernapasan adik. Apabila permen karet masih dalam jarak yang dapat diraih, maka Anda harus mengeluarkanya. Kedua, perhatikan apakah adik Anda menunjukkan tanda-tanda yang mengkhawatirkan seperti tersedak, atau sesak nafas. Jika adik Anda tersedak, segera lakukan tahap pertama. Jika permen karet tidak dapat dijangkau, lakukan backslap atau pukulan pada punggung adik agar adik Anda memuntahkan permen karet tersebut. Selain itu Anda dapat menekan perut bagian atas untuk menimbulkan tekanan pada saluran nafas sehingga adik memuntahkan permen karet tersebut. Ketiga, bila adik tidak menunjukkan gejala yang harus dikhawatirkan. Anda cukup memberikan anak air putih. Air putih disini berfungsi untuk membantu permen karet agar dapat terdorong dengan lebih mudah, serta membantu kerja usus untuk mengeluarkan permen karet tersebut dari tubuh anak.
Ini dia bahaya menelan permen karet dan cara menanggulanginya. Permen karet memang bisa ditelan, namun tetap saja benda itu bukan makanan untuk di telan. Jadi, sebaiknya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dari tertelannya permen karet, Anda sebaiknya tidak menelan permen karet.

REFERENSI
Ana. (2015, September Sabtu). Makanan Berbahaya. Retrieved Maret 24, 2016, from Makanan Berbahaya Web Site: http://halosehat.com/makanan/makanan-berbahaya/bahaya-permen-karet
fourtofour, A. (2013, Juni Sabtu). Ini dia bahaya menelan permen karet. Retrieved Maret Jumat, 2016, from Ini dia bahaya menelan permen karet Web Site: http://www.kumpulanmisteri.com/2015/06/ini-dia-bahaya-menelan-permen-karet.html

 

2 comments:

  1. BOLAVITA Situs Sabung Ayam Online Terpercaya Di Indonesia

    Daftar & Dapatkan Bonus NEW MEMBER 10 % / Bonus Cashback Hingga 10%

    Mengapa Pilih Bolavita ???
    *Dilayani CS Profesional Selama 24 Jam NonStop
    *Support Semua Bank Indonesia
    *Minimal Depo / WD Hanya Rp.50.000,-
    *Banyak Promo & Bonus Yang Bisa Anda Dapatkan.

    Segera Bergabung Bersama kami Sekarang Juga !
    BBM : BOLAVITA
    WA : 081377055002

    ReplyDelete