Wednesday, March 23, 2016

Koloid



Koloid

Koloid merupakan suatu keadaan materi yang memiliki ukuran diantara ukuran partikel larutan dan suspensi. Apa yang membedakan antara koloid, larutan dan suspensi???  Kalau larutan bersifat homogen, bentuk dispersinya adalah dispersi molekular, tidak dapat diamati dan tidak dapat disaring ketika pemisahan. Sedangkan koloid bersifat homogen, bentuk dispersinya adalah dispersi padatan, dapat diamati dengan mikroskop ultra, dapat disaring dengan kertas saring ultra ketika pemisahan. Dan suspensi bersifat heterogen, bentuk dispersinya dispersi padatan, dapat diamati dengan mikroskop biasa, dapat disaring dengan kertas saring biasa ketika pemisahan.
Koloid dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu fase terdispersi dan fase pendipersi. Fase terdispersi adalah zat yang didispersikan kedalam zat lain. Sedangkan fase pendipersi adalah zat yang digunakan untuk mendispersikan fase dispersi.
Sifat-sifat koloid yaitu gerak brown, efek tyndall, muatan koloid. Gerak brown merupakan gerak zig-zag partikel koloid karena adanya tumbukan antar partikel koloid. Semakin kecil ukuran partikel maka gerak partikel koloid akan semakin cepat. Efek tyndall adalah peristiwa penghamburan cahaya oleh partikel-partikel koloid ke segala arah. Muatan koloid adalah bagian permukaan koloid yang mempunyai kemampuan untuk menarik atom-atom sehingga menyebabkan permukaan partikel koloid mempunyai muatan.
Pembuatan koloid bisa dengan cara kondensasi, cara dispersi, dan cara busur bredig. Cara kondensasi adalah pembuatan koloid dengan cara penggabungan partikel-partikel larutan sejati menjadi partikel yang lebih besar. Cara dispersi adalah pemecahan partikel-partikel kasar menjadi partikel koloid secara mekanik, peptisasi atau loncatan dengan bunga api listrik dan busur bredig. Cara busur bredig adalah cara pembuatan koloid jenis sol logam.

Daftar Pustaka
Sumarjono, S. (2014). Master Kimia (Langsung Pinter). Jakarta.

2 comments:

  1. BOLAVITA Situs Sabung Ayam Online Terpercaya Di Indonesia

    Daftar & Dapatkan Bonus NEW MEMBER 10 % / Bonus Cashback Hingga 10%

    Mengapa Pilih Bolavita ???
    *Dilayani CS Profesional Selama 24 Jam NonStop
    *Support Semua Bank Indonesia
    *Minimal Depo / WD Hanya Rp.50.000,-
    *Banyak Promo & Bonus Yang Bisa Anda Dapatkan.

    Segera Bergabung Bersama kami Sekarang Juga !
    BBM : BOLAVITA
    WA : 081377055002

    ReplyDelete