Tuesday, March 22, 2016

PEMBUATAN ES KRIM CEPAT YANG MENGGUNAKAN BAHAN KIMIA



Es krim sangat diminati oleh semua kalangan baik dari usia dini, remaja bahkan dewasa. Es krim pun sekarang banyak dipadupadankan dengan berbagai macam rasa dan berbagai macam warna, es krim ini pun bias dipadukan dengan bahan kimia seperti Nitrogen cair (Liquid Nitrogen). Es krim dengan campuran bahan tersebut banyak diminati oleh kalangan remaja terutama mahasiswa karena es krim ini lebih terasa lembut daripada es krim biasanya.
Nitrogen cair ini adalah nitrogen dalam wujud cairan bening yang memiliki suhu sangat rendah, yakni pada suhu -196 oC. Zat kimia ini dihasilkan oleh industri dengan cara ditilasi fraksional udara cair. Nitrogen cair sering disingkat LIN (Liquid Nitrogen). Nitrogen cair juga merupakan cairan cryogenic yang dapat menyebabkan pembekuan dengan cepat apabila kontak dengan jaringan tubuh makhluk hidup, atau yang lebih dikenal dengan frost bite. Nitrogen cair berfungsi untuk mendinginkan makanan secara cepat seperti es krim. Caranya tinggal tuangkan nitrogen cair kedalam adonan eskrim yang sedang dikocok, setelah itu akan menjadi es krim dalam waktu 2 menit saja tanpa harus dimasukkan ke dalam lemari pendingin. Apalagi uap yang dihasilkan itu dapat menarik minat seseorang karena seperti yang terjadi pada saat praktikum kimia dilaboratorium. Maka akan menghasilkan es krim yang lembut teksturnya dan waktu pembuatannya pun tidak perlu waktu lama cukup dengan hitungan menit maka es krim pun sudah jadi sehingga eskrim yang dihasilkan lebih segar tanpa memerlukan bantuan bahan gum, kuning telur, emulsifier, atau yang lainnya.
Meski cara penggunaannya terlihat sangat mudah nitrogen cair ini tidak bisa dituangkan secara sembarangan, sehingga pada saat ingin menuangkannya tangan kita harus memakai sarung tangan terlebih dahulu. Apabila jatuh ketangan kita maka pada saat itu kita tidak akan merasakan dingin yang amat sangat seperti es batu. Mengapa demikian? Karena pada saat nitrogen cair itu jatuh ke tangan kita otomatis nitrogen cair itu akan langsung berubah menjadi gas dengan menyerap kalor yang ada disekitar tangan kita, sebab nitrogen cair ini tidak boleh sampai menyentuh kulit sedikitpun tetapi bahan ini pun dapat menyebabkan kerusakan local pada kulit atau jaringan yang lainnya seperti kulit pada tubuh kita akan melepuh. Nitrogen cair yang menguap juga akan berakibat merugikan bagi kita sebagai makhluk hidup karena dapat mengurangi tingkat konsentrasi oksigen yang ada di udara. Hal ini dapat berakibat fatal seperti sesak nafas tanpa gejala khusus, terutama diruang terbatas. Karena nitrogen ini sifatnya tidak berbau, berwarna maupun berasa. Selain itu dampaknya bila nitrogen cair berada didalam tanki maka akan cepat proses penguapannya dan akan terjadi ledakan hebat. Adapun akibat lainnya yaitu ketika nitrogen cair tumpah diatas meja laboratorium, kita akan dapat melihatnya mengelinding bebas di atas meja tersebut seperti mutiara yang berhamburan bebas.
“ Jika setetes nitrogen cair jatuh dijari anda, cairan ini akan bergolak dan bergelinding jatuh. Jari anda mungkin tidak akan kenapa-napa”. Kata Dr. Alex Valavanis dari Institut of Microwaves and Photonics, University of Leeds. Namun ia hanya menjelaskan bahwa bila jari anda terkena nitrogen cair akan membeku keras karena suhunya yang sangat dingin. Anggapan itu dipatahkan dengan pernyataan ini, ketika cairan nitrogen itu muncrat ataupun perubahan ini disebabkan karena adanya perbedaan temperatur  yang sangat ekstrim antara tangan kita dengan nitrogen cairnya. Tetapi nitrogen ini bila dikontak dengan benda-benda pada suhu kamar tidak serta merta menjadi gas seperti yang terjadi ditangan kita. Nitrogen cair itu akan mengalami sebuah efek dahulu yaitu efek Leidenforst. Efek leidenforst adalah duatu fenomena yang terjadi ketika suatu cairan kontak dengan benda yang temperaturnya jauh diatas titik didih cairan tersebut yakni diantara cairan dan permukaan benda tersebut terbentuksuatu lapisan gas.



References



Anonim. (2015, juni 3). Himpunan mahasiswa teknik kimia. Retrieved maret 4, 2016, from apakah es krim dengan nitrogen berbahaya?: http://hmpstk-unpar.com/apakah-es-krim-dengan-nitrogen-berbahaya/
Jane. (2004). Percobaan-Percobaan Sains. Bandung: Pakar raya.
Janice. (2009). Percobaan-percobaan yang menakjubkan. Jakarta: Seraya.
Suroso. (2003). Zat kimia berbahaya. Jakarta: Tarity Samudra Berlian.



No comments:

Post a Comment