Saturday, March 19, 2016

FAKTA OKSIGEN




Asalamu’alaikum
            Sudahkah kalian tersenyum hari ini? Jika belum mari kita tersenyum sejenak terlebih dulu 1 2 3 ,,,,,,
            Oke langsung saja pada topik artikel kali ini yaitu kita akan membahas tentang oksigen (O2), wow pasti bagi kita sudah tidak asing lagi yang jika mendengar gas ini mari kita bahas tuntas fakta-fakta dari oksigen.
            Oksigen adalah unsur kimia dalam tabel periodik yang mempunyai lambang O dan nomor atom 8, ia merupakan unsur golongan kalkogen dan dapat dengan mudah bereaksi dengan hampir semua unsur lainnya. Oksigen juga merupakan unsur yang menarik karena merupakan elemen penting dalam proses pernapasan sebagian besar sel-sel hidup serta berperan dalam proses pembakaran dan termasuk gas unsur kimia yang tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa yang muncul dan sangat melimpah terdapaat di bumi gas ini mengisi 20,9% volume atmosfer bumi. Oksigen dalam bentuk O2 dihasilkan dari air oleh sianokbakteri, ganggang dan tumbuhan selama fotosintesis.
            Lalu apa sih manfaat oksigen? Biar nambah greget mari kita simak lagi nih manfaat dan keunikan oksigen:
1.      Kita sebagai makhluk hidup tidak bisa hidup tanpa Oksigen, ketahuilah udara yang sering kita hirup itu adalah O2 yang dihasilkan oleh hasil fotosintesis tumbuhan. Tanpa oksigen tidak akan ada kehidupan di bumi ini, hal ini karena kegunaan oksigen sangat vital.
2.      Oksigen digunakan untuk membantu menghilangkan kotoran dari logam cair dalam pembuatan baja. Obor asetilena menggunakan reaksi oksigen dengan asetilena untuk menghasilkan nyala api yang sangat panas, api ini mampu mencairkan banyak logam dalam proses yang dikenal sebagai pengelasan.
3.      Semua kelompok molekul struktursl ysng terdapat pada organisme hidup seperti protein, karbohidrat dan lemak itu mengandung oksigen.
4.      Membantu fungsi sel-sel tubuh manusia, salah satunya adalah didalam tubuh manusia ada bakteri aerob yang hanya bisa hidup dikarenakan adanya oksigen yang masuk kedalam tubuh. Bakteri inilah yang bertanggung jawab terhadap terjadinya penguraian limbah yang dilakukan oleh bakteri aerob di dalam usus
5.      Mencegah pertumbuhan sel anaerob, oksigen mencegah pertumbuhan sel anaerob pada tubuh, dimana bakteri anaerob pada tubuh, bila kekurangan kadar oksigen maka perkembangannya akan meningkat. Sehingga limbah yang dihasilkan akan meningkat bertumpuk dan membahayakan tubuh.
6.       Membantu sistem peredaran darah, sistem peredaran darah pada manusia dipengaruhi oleh adanya oksigen. Tubuh membutuhkan 90% keatas.karena ketika oksigen didaka darah berkurang, maka akan menyebabkan kesulitan bernafas.
7.      Mencegah stres dan gugup.
8.      Mempercantik kulit dan mencegah penuaan dini, oksigen sendiri membantu pembentukan jaringan pernafasan pada kulit, sehingga metabolisme menjadi akif untuk menghilangkan racun, oksigen menangkal radikal bebas, sehingga membantu regenerasi sel-sel pada kulit wajah seperti manfaat vitamin E.
9.      Mengoptimalkan daya ingat.
10.  Mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti kanker, asma dan penyakit lainnya.
11.  Jika ingin membakar namun tidak ada oksigen maka pembakaran tidak akan bisa berlangsung, karena pada dasarnya jika ingin terjadi pembakaran harus ada tiga komponen penting yaitu sumber panas, bahan bakar serta oksigen.
12.  Menerbangkan pesawat terbang karena pesawat hanya mampu terbang dengan ketinggian maksimum 11km , hal ini karena semakin tinggi terbangnya maka akan berkurang kadar oksigen di udara.
13.  Sebagai bahan peeledak, bila direaksikan dengan berbagai unsur lain dapat menjadi bahan peledak.
14.  Untuk membantu penyelaman, tahukah kalian manusia tidak dapat menyelam lama diair tanpa adanya alat bantu penyelaman, biasanya alat bantu penyelaman itu berada di tabung yang ikut dibawa menyelam.
15.  Digunakan dalam industri baja pada proses pembuatan besi/baja menggunakan oksigen dalam sistem tanur.

Sekian artikel mengenai keunikan oksigen, semoga bermanfaat, terimakasih

 Daftar Pustaka


No comments:

Post a Comment