Wednesday, March 16, 2016

Apa itu Soda Kue??? Berbahayakah Bagi Tubuh Kita



Natrium Bikarbonat adalah senyawa kimia dengan rumus NaHCO3. Dalam penyebutannya kerap disingkat menjadi bicnat. Senyawa ini termasuk kelompok garam dan telah digunakan sejak lama. Senyawa ini sering disebut juga soda kue, sodium bikarbonat, natrium hidrogen bikarbonat, dan lain-lain. Senyawa ini merupakan kristal yang sering terdapat dalam bentuk serbuk, natrium bikarbonat pun larut bila di dalam air. Senyawa ini biasanya digunakan dalam roti ataupun kue karena senyawa ini akan bereaksi dengan bahan lain yang akan membentuk gas karbondioksida (CO2) yang dapat menyebabkan roti itu mengembang. Senyawa ini juga digunakan sebagai obat antasid karena senyawa ini bersifat alkaloid (basa). Natrium bikarbonat merupakan antasida yang larut dalam air dan bekerja cepat. Namun apabila dikonsumsi dalam dosis yang berlebihan dapat menyebabkan alkalosis seperti antisida lainnya yang mengandung karbonat. Terlepasnya karbondioksida (CO2) dapat menyebabkan sendawa. Natrium bikarbonat sebaiknya tidak diberikan lagi dalam bentuk sediaan tunggal. Pemberian natrium bikarbonat dan sediaan antasida dengan kandungan natrium yang tinggi seperti campuran magnesium trisilikat. Natrium bikarbonat  akan terurai menjadi natrium karbonat, air dan CO2 apabila berada pada suhu 149° celcius.
Natrium bikarbonat ternyata memiliki banyak sekali manfaatnya baik bagi kesehatan dalam memelihara kecantikan kulit. Berikut ini beberapa manfaat natrium bikarbonat yaitu :
1.      Merawat Kecantikan
Soda kue digunakan untuk mengangkut sel kulit mati.
2.      Menghilangkan jerawat
Manfaat natrium bikarbonat untuk wajah yaitu dapat digunakan sebagai masker untuk menghilangkan jerawat.
3.      Sebagai obat antacid (penyakit magh)
Senyawa ini digunakan sebagai obat penetral asam bagi penderita asidosis tubulus renal (ATR), atau rhenal tubular asidosis (RTA).

Adapun kegunaan yang lainnya, yaitu :
1.      Penggunaan dalam rumah tangga
Dapat digunakan sebagai pelembut air dalam mencuci pakaian. Karena ion magnesium dan kalsium dalam air dan mencegahnya berikatan dengan deterjen yang sedang dipakai. Natrium karbonat ini dapat dipakai untuk menghilangkan minyak, oli, dan karat anggur.
2.      Dapat digunakan sebagai tambahan dalam pembuatan kue
Natrium karbonat ini digunakan untuk pengatur keasaman, anti lengket pada kue, pengembang dan penstabil. Salah satu bahan dari kansui, yaitu larutan untuk memberikan mie ramen agar berkarakter dan tekstur dari mienya khas.
3.      Dapat digunakan untuk pembuatan pasta gigi, yaitu sebagai pembentuk busa dan abrasi, sementara menaikkan pH di dalam mulut.
Natrium bikarbonat umumnya diproduksi melalui proses solvay yang memerlukan reaksi natrium klorida, ammonia, dan CO2 dalam air. Kegunaan soda kue juga dalam pembuatan kaca karena dapat menjadi fluks untuk silica, dengan menurunkan titik cair campuran ke sesuatu yang dapat diterima tanpa material khusus. Bisa juga digunakan sebagai tambahan untuk kolam renang untuk menetralkan efek korosi dari klorin dan menaikkan pH. Dalam kimia pun dapat digunakan sebagai elektrolit. Natrium bikarbonat ini dapat diekstrak dari abu-abu tanaman yang tumbuh ditanah yang kaya natrium. Dapat disintesis dalam jumlah besar dari garam (NaCl) dan batu kapur dengan metode solvay. Dapat dimuat dengan proses Leblanc, proses solvay, proses hou dan lainnya. Bisa dibuat dengan memanaskan natrium bikarbonat menghasilkan air dan karbondioksida :

 2 NaHCO3  proses       Na2CO3 + H2o + CO2

Natrium karbonat dalam mineralogi itu dapat mengkristalkan dengan bantuan air yang akan membentuk tiga hidrasi yang berbeda :
1.      Natrium karbonat dekahidrat (natron)
2.      Natrium karbonat heptahidrat
3.      Natrium karbonat monohidrat (termonatrit)



References

Anonim. (2015, Juni Rabu). Manfaat Natrium Bikarbonat. Retrieved Februari Sabtu, 2016, from Soda kue untuk wajah: http://manfaat.co.id/manfaat-natrium-bikarbonat
Anonim. (2015, Januari Senin). Natrium Bikarbonat. Retrieved Februari Sabtu, 2016, from Soda kue: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Natrium_karbonat

 

No comments:

Post a Comment