Friday, March 18, 2016

Saat Mentos dan Cola Dicampurkan...



Assalamu’alaikum Wr. Wb
                Pasti kalian semua sudah tahu, apa yang terjadi saat mentos dan cola dicampurkan. Ya, dari campuran tersebut akan menghasilkan ledakan. Namun, apa yang menyebabkan cola tersebut meledak? Berikut penjelasannya.
                Eksperimen program Mythbusters di Discovery Channel pada 2006 menyebutkan bahwa zat kimia yang bertanggung jawab dalam fenomena ini adalah gum arabic dan gelatin dalam Mentos, serta kafein, potassium benzoate, dan aspartam dalam Coca-Cola.
                Coca-Cola mengandung gas karbon dioksida yang di-ikat oleh molekul air yang saling tarik-menarik. Dalam kondisi normal, karbon dioksida itu susah dilepas ke udara, karena untuk keluar gas ini membutuhkan energi dorongan yang cukup kuat supaya bisa muncul ke permukaan.
                Saat dimasukkan ke dalam botol yang berisi Coca Cola, permen Mentos akan meleleh dan memecah tegangan kekuatan dorongan ini. Soalnya permukaan Mentos tersusun dari banyak lubang kecil yang hampir kasat mata. Permukaan Mentos yang kasar dan berlubang-lubang mendorong pertumbuhan gelembung karena secara efisien mengganggu daya tarik kutub antara molekul air.  Lubang kecil pada permukaan permen Mentos itu media yang cocok buat  molekul-molekul karbon dioksida berkumpul. Ketika hal itu terjadi, maka akan banyak gelembung-gelembung karbon dioksida yang tercipta dengan reaksi yang sangat cepat dan tiba-tiba mendorong cairannya keluar dari botol. “Molekul air senang berdekatan dengan molekul air lain. Jadi pada dasarnya apapun yang Anda masukkan ke soda yang mengganggu jaringan molekul air bisa berperan sebagai tempat bertumbuhnya gelembung. “Jika Anda punya permen kasar dengan rasio area permukaan yang tinggi dibanding volume, semakin banyak tempat untuk berkembangnya gelembung,” jelas Coffey kepada situs New Scientist (12/06/2008).
                Tegangan permukaan yang rendah juga membantu gelembung berkembang dengan cepat. Percobaan membuktikan bahwa tegangan permukaan di air yang mengandung pemanis aspartam lebih rendah daripada air berpemanis gula. Karena itulah, Diet Coke menyebabkan semburan yang lebih dramatis dibanding Coca-Cola klasik.
                Faktor lainnya adalah permukaan Mentos yang mengandung gum arabic, surfaktan yang semakin mengurangi tegangan permukaan dalam cairan. Permen mint berpermukaan kasar tanpa surfaktan tidak menciptakan semburan sehebat itu. Mentos juga padat dan dapat tenggelam dengan cepat, sehingga dengan cepat menciptakan gelembung yang mendorong bertumbuhnya gelembung lain saat naik. Mentos yang dihancurkan tenggelam lebih lambat, sehingga menciptakan air mancur kecil yang hanya tersembur sejauh 30 cm.
                Kawan-kawan, itulah penjelasan mengapa terjadi ledakan saat mentos dan cola dicampurkan. Semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Sumber:

No comments:

Post a Comment