Wednesday, March 16, 2016

Nikotin? berantas aja !




            Nikotin (CıoHı4N) merupakan senyawa organik alkaloid yang umumnya terdiri dari Karbon, Hydrogen, Nitrogen dan terkadang juga Oksigen. Senyawa kimia alkaloid ini memiliki efek kuat dan bersifat stimulant terhadap tubuh manusia. Contoh lain senyawa ini adalah rokok. Nikotin menjadi salah satu kata yang paling akrab dengan rokok, setiap batang rokok mengandung beberapa unsur seperti nikotin, tar dan karbon monoksida, selain ketiga kandungan zat terbesar ini masih ada 33 macam zat kimia yang terkandung di dalam rokok maupun sisa hasil pembakaran berupa asap rokok.
Nikotin sekitar 5% dari 100 gram berat tembakau biasanya dalam sebatang rokok mengandung 8-20 mg nikotin. Wah ngeri banget pastinya yaa kalo kita menggunakan sebatang rokok saja padahal perlu kalian ketahui rokok itu membahayakan orang yang menggunakannya (perokok) dan yang menghirup asap rokoknya. Berikut beberapa bahaya merokok:

1.      Rokok dapat mengubah fungsi otak dan tubuh kita
2.      Membuat ketagihan
3.      Menyebabkan kanker
4.      Serangan jantung
5.      Menyebabkan kanker paru-paru
6.      Mengikat hemoglobin sehingga tubuh kekurangan oksigen
7.      Meningkatkan resiko terjadinya diabetes
8.      Impotensi
9.      Menimbulkan kebutaan
10.  Penyakit mulut (kanker mulut, kanker leher)

Berikut perbedaan paru-paru perokok dan tidak



Bagaimana? Apakah masih berminat untuk merokok?
            Mengetahui bahaya dari rokok ternyata tidak memberikan efek jera bagi mereka pecandu rokok ini. Ketika seseorang berhenti merokok, maka perlu adanya pembersihan sisa nikotin pada tubuh terutama pada paru-paru, nah ini dia cara membersihkan nikotin dalam tubuh

  • 1.      Air (H₂O)

Biasanya seorang perokok bisa merasa dehidrasi. Cara mengatasi dhidrasi tersebut cukup dengan minum air sebanyak yang telah ditentuan oleh para ahli kesehatan yaitu 8 gelas perharinya, bahkan ada penelitian lain yang menyebutkan bahwa dengan minum air bisa mempercepat proses berhenti merokok.
  • 2.      Wortel

Untuk membersihkan nikotin pada paru-paru yaitu dengan mengonsumsi wortel. Kandungan berbagai macam vitamin pada wortel sangat bermanfaat untuk kesehatan seperti dapat membersihkan nikotin. Wortel kaya akan vitamin A, B, C, dan K yang bisa membantu membersihkan flek hitam yang diakibatkan dari asap rokok pada oragan paru-paru.
  • 3.      Buah Nanas

Kandungan senyawa bromelin pada nanas berfungsi untuk membersihkan paru-paru sehingga menyebabkan oksigen masuk ke dalam paru-paru lebih besar, nafas lega dan membuat paru-paru lebih elastis.
  • 4.      Olahraga

Dengan olahraga maka paru-paru akan mengeluarkan zat berbahaya.
  • 5.      Ikan salmon

Ikan salmon yang kaya akan omega 3, secara klinis ikan salmon ini dapat menyembuhkan penyakit asma. Penyakit ini sangat erat kaitannya dengan paru-paru jadi ikan salmon memiliki khasiat yang baik bagi paru-paru.
6.      Sayuran (makanan yng kaya akan serat).
  • 7.      Delima

Buah delima yang juicy ini populer dengan anti-oksidan yang tinggi. Buah dapat tingkatkan aliran darah serta beberapa sel darah pada badan serta sangatlah efisien untuk bersihkan nikotin dalam darah.
  • 8.      Kiwi

Saat anda menghisap rokok, anda bakal kehilangan sangat banyak vitamin, tersebut penyebab mengapa kulit beberapa perokok aktif dan pasif nampak tak sehat. Buah kiwi mengsndung banyak vitamin A, C serta E yang sangat menolong dalam penetralan nikotin dalam badan
  • 9.      Jeruk

Bukanlah rahasia lagi, kandungan vitamin C dalam jeruk dikenal sangatlah tinggi dengan mengonsumsi ini maka tubuh akan melakukan metabolisme yang baik sehingga stres pun perlahan akan menurun, nikotinpun akan dengan mudah ternetralisir. Air jeruk nipis juga dapat mengurangi kadar nikotin yang berada pada asap rokok sebesar 70,65%
  • 10.  Bawang putih

Sebagai salah satu makanan detoksifikasi bawang putih berfungsi membersihkan dan membersihkan lemak dalam darah, memiliki antibiotik yang membantu dalam kekebalan tubuh. Selain itu bawang putih dapat merangsang produksienzim detoks di hati, yang bertugas menyaring residu toksin yang disebabkan oleh rokok.

Sekian artikel yang saya buat semoga bermanfaat, terimakasih


Daftar Pustaka
http://obatparubasah.com/tips-membersihkan-nikotin -pada-paru-paru-perokok



No comments:

Post a Comment