Monday, March 21, 2016

Rayap, Si Hama Lucu Penghasil Selulosa





Sering gak sih teman-teman melihat serangga yang satu ini. Makhluk ini sangat dibenci orang loh, kenapa? Alasannya sangat singkat, dia merupakan hama, memakan kayu, rumput dan dedauan yang sudah mati. Hampir semua jenis rayap merupakan hama. Karena makanan utama rayap adalah kayu, makhluk ini bisa menyebabkan kerusakan rumah. Nah, untuk mengisi waktu kosong dan menemani waktu santai teman-teman, saya ingin mengajak teman-teman membahas mahkluk yang kecil dan lucu ini, hihihi... lanjut ke topik pembicaraan.
Rayap merupakan salah satu jenis serangga dalam ordo Isoptera. Rayap mencerna selulosa yang dikandung oleh kayu dan dedaunan yang sudah mati. Selulosa adalah polimer berantai panjang polisakarada karbohidrat dari beta-glukosa yang kaya akan energi, tetapi selulosa susah dicerna.
Rayap bisa mencerna selulosa dengan bersimbiosis dengan protozoa seperti Trichonympa, dengan beberapa bantuan dari bakteri yang melekat di tubuh rayap yang menghasilkan enzym pencerna selulosa (selulosa enzym). Simbiosis ini bersifat mutualisme dimana kedua belah pihak diuntungkan. Bakteri dan protozoa dalam tubuh rayap menghasilkan enzym selulosa untuk mencerna selulosa untuk dicerna oleh rayap sebagai makanan, dan rayap mengeluarkan kotoran yang akan dicerna oleh bakteri dan protozoa dalam tubuh rayap.
Dibalik kekurangan pasti ada kelebihan, meskipun dia dikenal sebagai hama. Rayap dapat menghasilkan sampai dengan dua liter hidrogen dari proses pencernaan satu lembar kertas, membuat rayap menjadi bioreaktor yang paling efisien di dunia. Rayap dapat menghasilkan hidrogen dalam jumlah besar, kemudian rayap mencerna selulosa menjadi gula sederhana dengan proses fermentasi yang menghasilkan hidrogen. Rayap menggunakan hidrogen dan gula untuk membentuk asetat yang berguna untuk energi rayap.
Nah, sekarang teman-teman sudah tahukan, bahwa didalam tubuh rayap ternyata terdapat bakteri yang dapat mengahasilkan enzim selulosa. Cukup sekian artikel dari saya, sampai jumpa...

References
Anonim. (2016, Maret 15). Rayap. Diambil kembali dari Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Rayap
CMIIW. (2008, Oktober 2). Rayap, serba serbi si hama lucu ini. Retrieved Maret Senin, 2016, from Wordpress: https://syraru.wordpress.com/2008/10/02/kamu-tahu-rayap/





No comments:

Post a Comment