Monday, March 21, 2016

Termos sang pemertahan suhu




Kita hidup di zaman modern bukan???

mau tidak mau kita harus menggunakan alat-alat modern untuk dapat membantu meringankan pekerjaan rumah tangga contohnya saja alat pemertahan suhu yaitu termos. saat ibu sedang memasak air panas untuk membuat kopi atau minuman semacam teh hangat, maka air panas yang masih tersisa kita simpan kedalam alat yang bernama termos agar suatu saat nanti jika ibu memerlukan air panas lagi untuk membuat kopi, teh hangat maupun susu hangat ibu tidak merasa kerepotan untuk mengurus pekerjaan yang sangat sepele tersebut. Selain air panas ternyata termos juga dapat mempertahankan suhu air dingin jika air dingin tersebut disimpan dalam termos yang telah tertutup rapat. Tetapi hal apa yang membuat termos tetap mempertahankan suhu air yang ada di dalamnya?

Asal-usul termos

            Termos merupakan alat temuan modern yang fungsinya untuk menyimpan air, akan tetapi air yang disimpan didalam termos sekedar hal-nya untuk menyimpan air yang dingin ataupun panas, jika kita menyimpan air panas maka suhu tinggi air panas tersebut akan tetap karena suhu  panas tidak akan merambat kemanapun karena dari dinding termos tersebut terbuat dari bahan khusus yang tidak bisa merambatkan suhu yang ada didalam termos.

            Termos itu dulunya aplikasinya itu bukan hanya langsung menjadi termos akan tetapi ilmuan Sir James Dewar secara tidak langsung beliau menemukan sebuah tabung yang hampa udara berbahan kaca yang fungsinya untuk pengiriman dan penyimpanan gas cair  iapun terus menganalisis untuk mengembangkan alat tabung hampa udara tersebut menjadi sebuah termos yang gunanya untuk menyimpan air dingin ataupun panas yang suhunya tetap terjaga.

Cara kerja termos

            Alat sederhana seperti termos yang biasa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari kadang kita tidak pernah berfikir atau terlintas dalam benak kita gimana sih cara kerjanya mungkin faktor konsumen sudah mendarah daging dalam diri kita sehingga kita tidak pernah berfikir akan hal tersebut. Nah sekarang dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana sih cara kerja termos?

            Dari awalkan sudah dijelaskan bahwa termos merupakan alat untuk menyimpan air entah itu dingin ataupun panas yang tetap mempertahankan suhu air yang ada didalamnya. Nah kalau pengertiannya saja seperti itu pasti didalam termos terbuat dari bahan khusus yang membuatnya bisa mempertahankan suhu atau terperatur air panas maupun dingin. Nah termos ini menggunakan bahan adiabatic yang akan menghambat terjadinya aktivitas kontak langsung antara temperatur dalam termos dan temperatur di luar termos sehingga proses pertukaran temperature tidak terjadi, adapun karena termos terbuat dari dinding kaca yang mengkilap pada bagian dalam dan luarnya maka bagian dalam dinding kaca yang mengkilap tersebut energi panas (kalor) pada air panas tidak terserap oleh dinding termosnya danpada bagian luar dinding kaca yang dilapisi oleh bahan perak agar tidak terjadi perpindahan kalor atau panas yang dipancarkan oleh air panas tersebut akan ditahan oleh dinding termos.

            Sekarang kita sudah tahu banyak bukan mengenai termos, selama ini air yang telah ibu simpan didalam termos suhunya akan bertahan cukup lama karena disebabkan oleh bahan termos itu sendiri yang terbuat dari bahan adiabatik yang dapat menahan terjadinya pertukaran kalor sehingga pengaruh-pengaruh dari lingkungan luarpun tidak akan bisa mempengaruhi temperatur air panas didalam termos.



Sumber referensi:



No comments:

Post a Comment