Wednesday, March 23, 2016

Bahaya Air Rebusan Mie Instan!!!



Bahaya Air Rebusan Mie Instan!!!!!!!!!!!!

Mie instan merupakan makanan yang banyak disukai orang. Karena mie instan mudah didapat, praktis membuatnya, dan rasanya yang enak. Tak hanya itu saja, mie instan juga daya simpannya cukup lama dan harganya yang terjangkau sehingga makanan ini menjadi pilihan bagi mereka yang tinggal sendiri misalnya mahasiswa yang tinggal di kosan. Meski begitu, terlalu banyak mengonsumsi mie instan juga tidak baik bagi tubuh karena tidak dapat mencukupi keseimbangan gizi yang diperlukan tubuh manusia. Dan yang paling beresiko pada mie instan yaitu pada kandungan bahan pengawetnya atau sering disebut MSG (Monosodium Glutamat) serta beberapa bahan pewarna makanan yang ada di mie.
Tak hanya itu saja, air sisa rebusan mie pun berbahaya bagi tubuh kita jika ikut bersama mie instan yang akan dikonsumsi. Air sisa rebusan mie instan mengandung minyak sehingga air sisa rebusan mie instan terlihat keruh dan berminyak. Air rebusan mie instan juga membuat zat kimia yang terkandung pada mie instan keluar atau luluh bersama air rebusan tersebut. Saat air rebusan mie instan itu membuat bahan pengawet serta kandungan lain yang beresiko bagi kesehatan tidak akan hilang semua, tetapi akan menyusut sedikit saat air rebusan pertama kali, namun bahan yang berbahaya itu akan tetap melekat walaupun sebagian. Oleh karena itu, kuah sisa rebusan mie instan sangat berbahaya apabila ikut dikonsumsi bersama mie instan. Disini saya akan memberi tips cara memasak mie instan yang baik :
1.      Jangan terlalu sering mengonsumsi mie instan. Karena dalam mie instan terdapat kandungan yang berbahaya. Butuh empat hari untuk mengeluarakan atau menghilangkan bahan pengawet. Jadi kita mengonsumsi mie instan minimal empat sampai lima hari sekai.
2.      Merebus mie instan minimal dua kali. Air rebusan pertama jangan dikonsumsi. Jika memasak mie goreng maka setelah direbus, tiriskan dan bilas terlebih dahulu dengan air matang. Dan jika memasak mie kuah, buang air rebusan pertama dan mengganti dengan air matang lain.
3.      Kalau memungkinkan, ganti bumbu dalam kemasan mie dengan bumbu dapur alami.
4.      Waspada ketika membeli mie instan, lihat tanggal kadaluwarsa, komposisi, kemasan tidak cacat atau robek.

Jadi jika kita ingin memasak mie instan terutama mie kuah untuk kuahnya jangan menggunakan air rebusan mie tersebut, namun menggunakan air matang lain. Karena air rebusan mie tersebut membuat zat kimia yang terkandung dalam mie instan luluh atau bercampur pada air tersebut.



Daftar Pustaka
http://www.kompasiana.com/ricky.s.guntur/bahaya-makan-mie-instan-pake-air-sisa-rebusan_54f96e4ba33311106a8b456e


No comments:

Post a Comment