Wednesday, March 23, 2016

HORMON





Tok tok tok ... hai hai guys ketemu lagi sama aku yang kece badai..
    Artikel kali ini mari kita bahas tentang hormon,,apa aja sih yang kalian tau tentang hormon guys??
    Kata hormon itu sendiri mempunyai arti senyawa yang merangsang. Ilmuan yang memperkenalkan hormon untuk pertama kalinya adalah William Bayliss dan Ernest Starling pada tahun 1904 lumayan lama ya guys sekitar satu abad yang lalu, kedua ilmuan itu menerangkan bahwa kerja sekretin, suatu molekul yang dihasilkan oleh duedonum yang merangsang keluarnya cairan pankreas. Kemudian konsep hormon ini dikembangkan..

1.      Hormon adalah molekulyang dihasilkan oleh jaringan tertentu (kelenjar).
2.      Hormon di keluarkan langsung kedalam darah yang membawanya ke tempat tujuan.
3.      Hormon secara khas mengubah kegiatan suatu jaringan tertentu yang menerimanya.


    Nah berikut ini adalah hormon yang terdiri atas berbagai macam senyawa..cekidottt

a.       Steroid, yaitu androgen, estrogen, dan adrenokortikoid.
b.      Derivat asam amino, yaitu epinefrin, dan tiroksin.
c.       Peptida-protein, yaitu insulin, glukagon, parathormon, oksitosin, vasopresin, hormon yang dikeluarkan oleh mukosa usus dan lain-lainnya.


   Lebih jauh mengenai hormon, pada tau gak nih hormon yang ada pada pencernaan kita.. diantaranya adalah
    Gastrin, gastrin merupakan suatu bentuk heptapeptida yang diproduksi oleh pliorik  yang di rangsang oleh protein yang terdapat pada makan yang kita makan atau bisa juga oleh asam lambung hal yang memungkinkan terjadinya peningkatan hormon gastrin jug adalah gerakan lambung kita. Teman-teman pada tau nih kalo hormon itu dibawa oleh darah  ke sel-sel yang mengakibatkan sel-sel itu mengeluarkan asam HCL.
     Selain gastrin nih guys ada juga yang dinamakan dengan sekretin, sekretin ini diproduksi oleh mukosa usus, sekretin ini di angkut oleh darah ke pankreas. Berhubungan dengan pankreas sekretin lah yang merangsang pankreas untuk mengeluarkan cairan pankreas yang mengandung banyak bikarbonat. Sekretin ini adalah suatu polipeptida yang diperoleh dalam bentuk kristal.
     Berikutya adalah kolesis tokinin, jika sekretin itu merangsang pankreas untuk mengeluarkan cairan pankreas maka kolisis tokinin merangsang sekresi cairan pankreas yang mengandung banyak enzim. Diantara kedua hormon yang berfungsi terhadap pankreas ada juga hormon yang berfungsi gabungan antara keduanya guys,apa itu? Yaitu hormon pankreozinin.
    Diantara hormon-hormon diatas ada juga insulin yang terdapat pada pankreas yang berfungsi merangsang sintesis enzim-enzim kinase dalam hati, misalnya kinase piruvat, glukinase, dan fosfofruktokinase. Selain itu nih guys insulin juga berfungsi sebagai penghambat atau penekan terbentuknya enzim-enzim glukonegnik, contohnya adalah glukosa-6-fosfatase, fruktosa-1,6-difosfatase, dan karboksilase piruvat. Dengan demikian insulin dapat mengendalikan proses etabolisme karbohidrat dan karenanya kadar glukosa dalam darah orang normal relatif konstan.
     Insulin adalah suatu protein dengan bobot molekul sebesar 5734 dan mempunyai titik isolistrik pada pH 5,3 sampai 5,36. Di samping peranannya dalam penggunaan glukosa bagi tubuh, insulin juga mempunyai pengaruh pada metabolisme protein dan asam nukleat.
   Selanjutnya ada hormon glukogen yang diproduksi oleh sel-sel langerhansdalam pankreas. Glukogen mempunyai efek yang berlawanan dengan insulin, yaitu dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darahdengan jalan meningkatkan proses glikogenolisis dalam hati. Glikogen juga berfungsi mengaktifkan enzim siklase adenil yang mengubah ATP menjadi AMP siklik. AMP siklik dapat meningkatkan aktivitas enzim fosforilase.
  Glukogen adalahsuatu protein yang dapat diisolasi dalam bentuk kristal. Pada pH = 7 kristalglukogen sukar larut dalam air, tetapi pada pH > 10 dan pada pH sekit 4 glukogen lebih mudah larut dalam air. Molekul glukogen merupakan rantai polipeptida lurus. Terdiri atas 29 asam amino dan mempunyai bobot molekul 3482.
    Selain itu juga guys, ada juga Hormon Adrenokortikoid dan Hormon Kelenjar Tiroid. Hormon Adrenokortikoid ini diproduksi pada kelenjar adrenal. Binatang yang telah diambil kelenjar adrenal hanya dapat bertahan hidup satu sampai dua minggu dan hal ini disebabkan oleh tidak adanya jaringan adrenokortikal. Pada binatang yang telah diambil kelenjar adrenal terdapat gejala sebagai berikut :

a.       Gangguan keseimbangan air dan elektrolit.
b.      Kadar urea darah naik, disebabkan fungsi ginjal menurun.
c.       Kelemahn pada otot dikarenakan gangguan metabolisme karbohidrat  serta keseimbangan air dan elektrolit.
d.      Penuruna jumlah glikogen dalam hati.
e.       Kemampuan mengatasi pengaruh luar berkurang.
f.       Adanya hambatan pertumbuhan tubuh akibat terhambatnya anabolisme protein.


      Hormon yang dikeluarkan dari kelenjar tiroid mengandung iodium dan lebih dari setengah jumlah keseluruhan iodium tubuh terdapat dalam kelenjar tiroid. Pengeluaran hormon tiroid dipengaruhi oleh persediaan iodium dalam tubuh. Apabila terjadi defisiensi iodium, kecepatan pembentukan hormon mula-mula tetap, tetapi persediaan iodium dalam kelenjar tiroid berkurang. Dalam keadaan demikian kelenjar tiroid berusaha mengambil iodium dari iodida yang terapat dalam darah. Apabila defisit iodium menjadi makin besar, maka pengeluaran hormon berkurang. Kekurangan iodium dalam tubuh akan mengakibatkan terjadinya penyakit gondok. Beberapa hormon yang diproduksi oleh kelenjar tiroid antara lain ialah tiroksin dan 3,5, diiodotirosin.

SUMBER


Poedjiadi, A. (1994). Dasar-Dasar Biokimia. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI- Press).

1 comment:

  1. BOLAVITA Situs Sabung Ayam Online Terpercaya Di Indonesia

    Daftar & Dapatkan Bonus NEW MEMBER 10 % / Bonus Cashback Hingga 10%

    Mengapa Pilih Bolavita ???
    *Dilayani CS Profesional Selama 24 Jam NonStop
    *Support Semua Bank Indonesia
    *Minimal Depo / WD Hanya Rp.50.000,-
    *Banyak Promo & Bonus Yang Bisa Anda Dapatkan.

    Segera Bergabung Bersama kami Sekarang Juga !
    BBM : BOLAVITA
    WA : 081377055002

    ReplyDelete