Thursday, March 17, 2016

Antibotik Alami

Sebagai manusia, tentunya kita tidak bisa lepas dari penyakit yang menyerang kondisi kesehatan kita. Berkaitan dengan hal tersebut, di saat kita terserang batuk, demam, flu, dan sebagainya, kita disarankan untuk mengonsumsi antibiotik sebagai salah satu penangkal dari penyakit tersebut. Lalu apakah antibiotik itu?
Antibotik adalah senyawa yang memiliki peranan untuk menekan dan menghentikan suatu proses biokimia di dalam organisme, khususnya dalam proses infeksi yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Antibotik juga merupakan zat yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh kita.
Antibiotik bisa kita dapatkan dalam bentuk alami maupun kimia. Antibiotik kimia diperoleh melalui racikan medis, sedangkan antibiotik alami bisa diperoleh melalui makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari.
Untuk itu dalam artikel kali ini saya akan membahas tentang beberapa makanan dan minuman yang bisa kita jadikan antibiotik untuk tubuh kita. Selamat membaca.
1.      Bawang Merah
Dalam kehidupan sehari-hari, bawang biasanya digunakan sebagai bahan masakan. Tidak banyak orang yang tahu bahwa sebenarnya bawang merah memiliki manfaat yang baik bagi tubuh dan dapat dijadikan antibiotik alami. Bawang merah juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem aliran darah dan melawan radang.
2.      Teh Hijau
Teh hijau memang sudah dikenal dengan manfaatnya sebagai antibiotik alami yang diperlukan oleh tubuh. Kita dapat mengonsumsinya dengan cara menyeduh dan meminumnya cukup secangkir tiap harinya.
3.      Kubis
Kubis memiliki kandungan senyawa antibiotik yang berperan  untuk melawan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Kubis juga memiliki kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jus kubis juga merupakan obat yang efektif untuk sakit maag.
4.      Madu
Madu telah dipercaya sejak dahulu untuk menyembuhkan penyakit akibat bakteri dan virus. Madu merupakan antibiotik alami untuk melawan infeksi. Madu juga bisa digunakan sebagai obat luka.
5.      Kunyit
Warna kuning dalam kunyit merupakan senyawa yang bisa memberikan efek antimikroba. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa kunyit memiliki kemampuan yang kuat dalam melawan bakteri sehingga digunakan sebagai antibiotik alami.
6.      Bawang Putih
Tidak mau kalah dengan bawang merah, bawang putih juga dapat digunakan sebagai antibiotik. Bawang putih ini mengandung sulfur yang memiliki efek sebagai antibakteri.
7.      Delima
Buah delima  sangat kaya antioksidan sehingga dapat membantu mencegah bakteri. Selain itu, buah ini juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehinga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan beberapa infeksi, termasuk infeksi saluran kemih.
8.      Wortel
Selain vitamin A yang banyak terdapat dalam wortel, ternyata sayuran ini memiliki sifat antibiotik alami yang mencegah bakteri patogen dari makanan sehingga meminimalisir risiko keracunan makanan.
9.      Lemon
Buah yang satu ini dapat digunakan secara eksternal maupun internal untuk tujuan pengobatan dan antibotik alami. Penelitian menunjukkan bahwa lemon memiliki sifat antibakteri karena mengandung senyawa tetrazine dan coumarin yang bisa melawan bakteri patogen.
Sekian artikel tentang antibiotik yang dapat kita peroleh secara alami yang dapat saya bagi. Semoga bermanfaat. Kurangilah mengonsumsi antibiotik yang dibuat secara kimia. Sampai jumpa.

Sumber: 
Fahrudin, I. (2015, October 27). 14 Antibiotik Alami dari Makanan dan Herbal. Retrieved March 18, 2016, from www.manfaatcaramengatasi.com: http://www.manfaatcaramengatasi.com/2015/10/14-antibiotik-alami-dari-makanan-dan.html?m=1
Umeg. (2014, October 15). Makanan dan Minuman yang Mengandung Antibiotik Alami. Retrieved March 18, 2016, from disehat.com: http://disehat.com/makanan-dan-minuman-yang-mengandung-antibiotik-alami/


No comments:

Post a Comment