Wednesday, March 23, 2016

Formalin yang Merajalela

Formalin merupakan aldehida berbentuk gas dengan rumus kimia CH2O yaitu senyawa organik yang diproduksi dari reaksi oksidasi methanol dengan bantuan katalis tertentu. Formalin ini awalnya diteliti oleh kimiawan Rusia Aleksander Butlerov tahun 1859, dan identifikasi oleh Hoffman tahun 1867.

Penyalahgunaan formalin, akan sangat berbahaya. Misalnya saja produk pangan yang menggunakan formalin sebagai bahan pengawet. Contohnya dengan menggunakan formalin pada ayam potong, agar lebih segar dan awet. Begitu juga dengan mie basah, tahu, bakso, dan lain – lain. Selain itu dalam peralatan makan yang terbuat dari melamin juga mengandung formalin, biasanya harganya itu lebih murah. Formalin juga dapat dihasilkan dari pembakaran bahan yang mengandung karbon, knalpot mobil, asap tembakau, dan banyak lagi yang dapat menghasilkan formalin.
Kita harus tahu dampak negatif dari formalin yang sangat berbahaya. Jangankan termakan, bila terhirup, mengenai kulit, dan tertelan akan berakibat luka bakar pada kulit, iritasi pada saluran pernafasan, reaksi alergi dan bahaya kanker pada manusia. Selain itu bila terkena formalin terlalu banyak, formaldehida akan menjadi asam format yang meningkatkan keasaman darah, tarikan nafas menjadi pendek dan sering, hipotermia, koma, bahkan sampai kepada kematian. Setelah kita mengetahui itu semua, bayangkan makanan di atas yang sebagian besar kita konsumsi, dan aktivitas kita sehari – hari yang tak luput dari bahaya tersebut.
Maka dari itu kita harus lebih selektif dalam berbagai hal, apalagi yang berhubungan dengan kesehatan kita. Jangan berfikir asal murah dan banyak saja, tanpa memikirkan dampaknya.
Tetapi apabila formalin itu digunakan dengan benar, akan banyak manfaat yang bisa kita dapat dari formalin. Misalnya saja dalam bidang kesehatan yang digunakan sebagai disinfektan dan pengawet dalam vaksinasi, formalin juga dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan tinta dan pengikat warna pada bahan tekstil. Masih banyak kegunaan formalin yang dapat kita manfaatkan.
Ternyata dibalik bahaya dari formalin, bila dipergunakan dengan baik dan ditunjang pengetahuan yang cukup ada banyak juga manfaat dari formalin yang dapat digunakan bahkan berperan penting dalam kehidupan kita.

Sumber       :

Erlinda, R. D. (2009, Juni 9). Retrieved Maret 21, 2016, from https://artikelkimia.wordpress.com


No comments:

Post a Comment