Saturday, March 19, 2016

Saat Pendingin Merusak Lapisan Ozon


Taukah kalian apa itu CFC? Apa itu lapisan Ozon? Dan apa hubungan Cfc dan lapisan ozon? Apa manfaatnya bagi kita? Dan apa juga kerugiannya?
Lapisan Ozon adalah molekul yang terdiri dari tiga atom oksigen (O)  yang berbentuk gas lapisan di atmosfer pada ketinggian 19-48 km (12-30 mil) di atas permukaan bumi yang mengandung molekul-molekul ozon, konsentrasi ozon di lapisan ini mencapai 10 ppm dan terbentuk akibat pengaruh sinar ultraviolet matahari terhadap molekul-molekul oksigen. Ozon juga ternyata gas beracun sehingga bila berada dekat permukaan tanah akan berbahaya bila terhisap dan dapat merusak paru-paru. Sebaliknya, lapisan ozon di atmosfer melindungi kehidupan di bumi karena ia melindunginya dari radiasi sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kanker.
Klorofluorokarbon dikenal juga dengan nama dagang Freon merupakan senyawa kimia dengan rumus CC₁₂F4 sangat tidak setabil dan tidak mudah bereaksi. Freon termasuk golongan senyawa organik sintetis yang tersusun dari klorin, fluorin, dan karbon, dua cfc yang umum adalah CFC-11 (Trichloromonoflouromethane atau freon 11) dan CFC-12 (Dichlorodifluoromwthane). Sifat kimiawi cfc umumnya toksisitas rendah (tidak beracun)  tidak mudah terbakar, tidak terlalu toksik, sulit terurai dan memiliki masa hidup 50 hingga 100 tahun dalam atmosfer sebelum dihapuskan.
Tanpa kita sadari gas CFC itu sering kita pergunakan dalam kehidupan sehari-hari, apa kalian tahu AC  ? yaa, pendingin ruangan yang sering kita gunakan, rasa dingin yang kita rasakan itu berasal dari freon dan freon itu terdapat dalam AC, ngerinya ternyata Freon yang terdapat dalam AC ini bisa merusak lapisan ozon loh. Selain AC masih banyak pendingin yang dapat merusak ozon yaitu media pendingin di lemari es (kulkas), pembuatan plastik, aerosiol atau bahan dorong penyembur (pengharum ruangan, penyemprot rambut dan minyak wangi), banyak juga digunakan dalam bidang pertanian, industri dan berbagai tatanan di kehidupan ini. Namun mengapa demikian? Mengapa benda-benda tersebut malah merusak ozon?  Mari kita lihat gambar yang satu ini

           
                 
            Ketika freon (CFC) terlepas ke atmosfer, maka molekul CFC akan terurai menjadi atom C sendiri yang sangat reaktif terhadap atom O (rumus molekul ozon adalah O) ketika atom C dari freon  bertemu O maka atom C akan menarik satu atom O dari ozon, yang mengakibatkan karbon monoksida (CO) dan ozon menjadi oksigen biasa (O) karena kehilangan satu atom O-nya. Karena cfc sangat mudah menguap dan bila di lepas ke udara akan bereaksi dengan ozon sehingga dapat menyebabkan penipisan lapisan ozon (O) dan menyumbang kurang lebih 15% terjadinya efek rumah kaca disamping gas CO, metana (CH4), dan gas-gas nidrogen (NOx). Pada lapisan Statrosfer radiasi matahari memecah molekul gas yang mengandung Khlorin atau Bromin dan menghasilkan radikal Khlor dan Brom radikal ini kemudian melalui reaksi berantai memecahkan ikatan gas-gas lain di atmosfer termasuk ozon. Molekul-molekul ozon terpecah menjadi oksigen dan radikal oksigen dengan terjadinya reaksi ini akan mengurangi konsentrasi ozon di stratosfer. Setiap satu molekul CFC mampu menghancurkan 100.000 molekul ozon hingga bila terjadi terus-menerus lapisan ozon akan semakin menipis dan bahkan berlubang, jika lapisan ozon sudah berlubang maka sangat berbahaya sekali bagi mahluk yang hidup dibumi termasuk kita. Sinar UV-B akan masuk kebumi bila terpapar radiasi UV-B secara berlebihan akan mengakibatkan kanker kulit, katarak serta penurunan sistem kekebalan tubuh. CFC juga menyebabkan pemanasan global bahkan jika bumi terus menerus memanas pada tahun 2050 akan terjadi air tawar, sehingga kelaparan akan meluas di jagat raya.
Sungguh miris sekali ya meliat kekacauan yang ada di bumi kita sekarang ini maka dari itu kita mulai memperbaiki diri mengurangi bahan-bahan yang mengakibatkan kerusakan lapisan ozon ini, karena jika bukan kita siapa lagi.

Sekian artikel mengenai “Saat Pendingin Merusak Lapisan Ozon” semoga bermanfaat terimakasih

Sumber:


No comments:

Post a Comment