Wednesday, March 16, 2016

Haruskah Kita Membiarkan Lingkungan Ini Tercemar?


Masih cintakah kalian kepada lingkungan ini? Lingkungan yang dahulu bersih, kini telah tercemar. Seperti halnya, air, udara dan tanah yang tercemar. Kita memang tak mungkin mengubah keadaan lingkungan ini seperti semula, tapi kita masih bisa bukan untuk penanggulangi pencemaran yang telah terjadi ini. 
Kenapa pencemaran udara terjadi? Pencemaran udara terjadi disebabkan oleh zat asing seperti partikular-partikular logam yang berbahaya bagi kesehatan. Adapun jenisnya antara lsain adalah: Pb (timbal), Cd (cadmium), Hg (raksa) dan Ni (nikel). Selain oleh zat asing pencemaran juga terjadi dikarenakan meningkatnya konsentrasi salah satu komponen udara yaitu disebabkan oleh karbonmonoksida (CO), oksida belerang (SO2), hidrokarbon (CxHyOz), oksida nitrogen dan karbondioksida (CO2).
Sumber pencemaran udara itu sendiri yaitu disebabkan karena transportasi, industri, pembuangan sampah, pembakaran stasioner dan masih banyak lagi. Contoh: dari transportasi yaitu pembakaran bahan bakar kendaraan yang tidak sempurna. Dari industri yaitu kegiatan dalam industri yang menggunakan pembakaran dan reaksi kimia. Dan dari sampah padat yang terlalu banyak dan susah untuk diuraikan menyebabkan pencemaran udara karena menimbulkan bau yang tak sedap.
Bagaimana usaha kita untuk mencegah adanya pencemaran udara? Pertama, gunakan kendaraan umum untuk mengurangi polutan. Kedua, jika hendak membangun tempat perindutrian maka bangunlah bangunan perindustrian ditempat yang tepat. Ketiga, adakan penyuluhan kepada masyarakat atau saling mengingatkan kepada sesame tentang bahaya pencemaran dan cara pencegahannya. Keempat, pengawasan tempat pembuangan sampah. Nah, itulah beberapa cara yang sangat mungkin sekali kita bisa lakukan.
Apa saja yang menyebabkan pencemaran air? Berikut macam-macam penyebab pencemaran air:
1). Limbah industri, limbah rumah tangga dan kotoran hewan
2). Bakteri, parasite dan virus
3). Zat anorganik
4). Zat organik
5). Zat hara tanaman
6). Sedimen yang berasal dari erosi
7). Zat radioaktif
8). Kalor dari industri (air buangan yang panas)
Sumber pencemaran air yaitu berasal dari bahan buangan padat karena bahan buangan padat dapat mengurangi penetrasi sinar matahari kedalam air, sehingga fotosintesis terganggu dan jumlah oksigen terlarut berkurang. Bahan buangan organik berupa limbah terdegradasi oleh mikroorganisme sehingga menyebabkan mikroorganisme bertambah banyak dan tumbuh bakteri patogen yang merugikan. Bahan buangan zat kimia misalnya: sabun, shampoo dan bahan pembersih lainnya. Kenapa bisa menjadi penyebab terjadinya pecemaran? Karena dapat menaikan pH air dan sebagian jenis sabun / deterjen tak dapat terdegradasi dan masih banyak lagi sumber-sumber pencemaran air.
Dampak dari pencemaran air adalah air menjadi tidak dapat digunakan lagi dan juga air menjadi sumber penyakit. Bagaimana cara mengurangi agar tidak tercemar?  Kurangi pemakaian yang terbuat dari zat kimia seperti deterjen. Mulailah berhemat dari sekarang. Hemat bukan berarti pelit lho. Justru hemat disini sangatlah bermanfaat bagi kita karena dapat mengurangi pencemaran air.
Bagaimana dengan pencemaran tanah? Pencemaran tanah dapat terjadi secara langsung, melalui udara dan melalui air. Pencemaran secara langsung terjadi contoh: menggunakan pupuk yang berlebihan, menggunakan pestisida dan insektisida yang berlebihan dan membuang sampah sembarangan. Pencemaran tanah melalui udara yaitu apabila udara terserap oleh tanah bersama-sama dengan air hujan. Pencemaran melalui air yaitu terjadi apabila air buangan yang mengandung zat-zat kimia meresap kedalam tanah.
Komponen-komponen pencemar tanah meliputi: kertas, limbah, bahan makan, gelas, besi, plastik, kayu karet, kulit, kain / serat tektsil, alumunium dan logam lainnya. Dari komponen-komponen tersebut apa saja dampak yang terjadi pada tanah? Dampak langsung yang bisa kita ketahui yaitu bau yang tak sedap, merusak pemandangan, Nampak kotor dan terlihat kotor. Sedangkan dampak tak langsungnya yaitu menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk, tikus, bakteri, lalat dan lain-lain. Sehingga timbulah penyebab penyakit pest, kaki gajah, demam berdarah dan lain sebagainya.
Bagaimana cara mencegah terjadinya pencemaran tanah? Ya prinsipnya sama seperti mencegah pencemaran air. Kita perlu melakukan penanggulangan terhadap pencemaran tersebut, kita harus mulai mengurangi pemakaian zat yang menjadi sebab tercemarnya tanah atau bisa juga dengan mengolah bahan pencemar dan mendaur ulang menjadi bahan yang bermanfaat. Misalnya seperti: mendaur ulang plastik dan serat menjadi keset, kertas karton didaur ulang menjadi tissu, kaca-kaca didaur ulang menjadi pas bunga dan masih banyak lagi yang lainnya. Lebih baik menjadi bermanfaat bukan, daripada menjadi tumpukan sampah yang tak dapat terdegradasi yang akan menimbulkan terjadinya pencemaran tanah.

Daftar Pustaka

(n.d.). Retrieved from Kimia lingkungan: https://id.wikipedia.org/wiki/Kimia_lingkungan
(n.d.). Retrieved from Kimia Lingkungan dan Ie: https://www.google.com/search?q=kimia+lingkungan&ie=utf-8&oe=utf-8
(2009, januari 15). Retrieved from Ruang Lingkup Kimia Lingkungan: https://soera.wordpress.com/2009/01/15/ruang-lingkup-kimia-lingkungan/
(2012, Mei). Retrieved from He: http://richardsalamba.blogspot.co.id/2012/05/he.html
(2014, Desember 15). Retrieved from Rangkuman Materi Kimia Lingkungan: http://bisakimia.com/2014/12/15/rangkuman-materi-kimia-lingkungan/

No comments:

Post a Comment