Sunday, March 20, 2016

MANFAAT JERUK NIPIS UNTUK MENGHILANGKAN BAU AMIS








Sebelum membahas ke materi, yaitu tentang manfaat jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis. Ternyata jeruk nipis mempunyai banyak manfaat, mulai dari digunakan untuk kesehatan atau pengobatan (seperti : meredakan ambeien, amandel, mengatasi terlambat datang bulan, nyeri haid, perut mules, dll),  kecantikan, menghilangkan noda pada baju atau memutihkan pakaian, membersihkan talenan, dsb. Memang banyak sekali sobat, kegunaan dari jeruk nipis.  
Selanjutnya saya akan membahas ke materi yaitu tentang manfaat jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis. Mengapa ikan atau seafood itu berbau amis?  Apakah sudah dipastikan memang baunya amis? Mari kita bersama-sama untuk menelusurinya. Ikan itu memang baunya amis, apalagi ikan yang sudah agak lama atau bukan ikan segar lagi. Sudah dipastikan bau yang tidak diinginkan pun keluar. Tetapi antara ikan segar atau ikan yang sudah tidak segar lagi, ada perbedaannya. Apakah itu? Perbedaannya adalah pada tingkat atau suhu derajat bau amisnya. Karena proses kimia yang terjadi, yang menimbulkan bau anyir menyengat tersebut. Penyebab bau anyir pada ikan : Proses pembusukan alami yang terjadi, akibat proses perombakan enzim daging ikan oleh bakteri, telah memicu reaksi reduksi akibat oksidasi. Dalam otot ikan mengandung zat trimetillamin oksida atau TMAO, dirombak atau terpecah dan terdekomposisi. Menghasilkan trimetilamina dan dimetilamina. Campuran kedua rombakan amina tersebutlah yang menimbulkan bau ”amis: atau ”anyir khas pada ikan. (Penulis, 2015). Semakin segar ikannya, semakin berkurang bau amisnya.
            Apa saja kandungan kimia pada jeruk nipis, sehingga mempunyai banyak kegunaan? Kandungan kimia utama Jeruk nipis adalah Synephrine, yaitu  senyawa aktif yang paling banyak ditemukan dalam buah dari tanaman yang disebut Citrus aurantium ini. Synephrine secara kimiawi sangat mirip dengan efedrin dan pseudo-efedrin ditemukan di banyak obat tumor,  suplemen penurunan berat badan dan berbagai suplemen energi. Selain senyawa Synephrine, jeruk nipis juga mempunyai banyak mengandung senyawa kimia, seperti : asam sitrat, asam amino, minyak atsiri, damar, glikosida, asam sitrun, kalsium (ca), fosfor, zat besi (Fe) dan belerang. Kandungan nutrisi dan gizi jeruk nipis per 100 gram : Vitamin C sebesar 27 mg, Vitamin B1 sebesar 0.04 mg, Protein sebesar 0.9 gram, Lemak sebesar 0.2 gram, Karbohidrat, sebesar 11.4 gram, Mineral sebesar 0.5 gram, Kalsium sebesar 33 mg, Fosfor sebesar 23 mg, Zat besi sebesar 0.4 mg, Asam askorbat sebesar 49 mg, Energi sebesar 51 kal, Sisanya Air ,sebanyak 86 gram. (Penulis, manfaat dan kandungan nutrisi jeruk nipis).
            Oleh karena itu, ada cara-cara untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Apa sajakah itu? Selain jeruk nipis atau lemon, ada juga bahan-bahan yang bisa digunakan atau dimanfaatkan untuk menghilangkan bau amis. Seperti cuka (CH3COOH) atau soda kue atau baking soda untuk mengurangi bau campuran rombakan kedua senyawa amino tersebut. (Penulis, mengapa ikan berbau anyir atau amis?, 2015). Sedangkan untuk mengurangi rasa anyir pada beberapa suku menggunakan combrang (sunda, batak), jahe, washabi (jepang), dsbnya. Atau biasa kita sebut dalam kehidupan sehari-hari bumbu rempah-rempah. Dan cara-cara untuk menghilangkan bau amis dengan jeruk nipis yaitu, (Tim Penulis, Kabar rimbo) menyatakan bahwa, melumuri ikan atau olahan seafood lainnya dengan air jeruk nipis. Namun sebaiknya, daging baru dilumuri dengan dengan air jeruk nipis menjelang dimasak agar teksturnya tidak rusak.
            Cukup sekian materi penjelasan dari saya, kurang lebihnya saya minta maaf. Jangan bosan-bosan untuk membaca artikel buatan saya sobat. Selamat mencoba ….

 

DAFTAR PUSTAKA


Penulis, T. (2015, juli 10). mengapa ikan berbau anyir atau amis? Retrieved maret 2016, from Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/embete/mengapa-ikan-berbau-anyir-atau-amis_556b6d082ab0bd154de40efb
Penulis, T. (n.d.). manfaat dan kandungan nutrisi jeruk nipis. Retrieved maret 2016, from http://www.tipscaramanfaat.com/manfaat-dan-kandungan-nutrisi-jeruk-nipis-67.html
http://kabarimbo.com/tips-menghilangkan-bau-amis-pada-seafood/



No comments:

Post a Comment