Wednesday, March 23, 2016

Kaos Sampah...



Volume sampah di Indonesia mengalami peningkatan seiring dengan bertambahnya penduduk. Yang jadi masalah, tempat sampah di Indonesia bukan hanya pada tong sampah melainkan semua tempat dianggap sebagai tong sampah sehingga sampah-sampah berserakan dimana-mana.
Kementrian Lingkungan Hidup mencatat pada tahun 2012 rata-rata penduduk Indonesia menghasilkan sampah sekitar 2 kg per-orang setiap harinya(viva news: 2012). Dari data tersebut bisa diperkirakan berapa banyak sampah baru yang dihasilkan setiap harinya.
Penanganan sampah masih kurang baik, misalnya saja masih membuang sampah sembarangan yang bisa mengakibatkan banjir, membakar sampah yang mengakibatkan polusi dan menjadi penyebab peningkatan suhu atau dengan mengubur sampah plastik yang memerlukan waktu ratusan bahkan ribuan tahun untuk terurai kembali ke tanah.
Lalu bagaimana cara kita menangani sampah yang baik?
Cara yang paling baik untuk penanganan terhadap sampah adalah dengan cara mendaur ulang sampah menjadi barang yang lebih berguna (dari pada dibuang percuma). Banyak sekali inovasi untuk mendaur ulang sampah misalnya dijadikan bahan bakar, kerajinan maupun dijadikan produk bernilai jual tinggi.
Salah satu inovasi yang dilakukan untuk mendaur ulang sampah plastik (botol air mineral) yaitu dengan merubahnya menjadi kaos olahraga (jersey). Memangnya bisa? Salah satu produsen seragam olahraga (Nike) mampu menyulap botol air mineral menjadi kaos olahraga yang memiliki keunggulan dibandingkan dengan bahan kain biasa.
Butuh sekitar 13 botol plastik untuk membuat sebuah kostum. Tentunya proses pembuatannya memerlukan teknologi tinggi. Selain menyerap keringat, kostum ini bisa menguapkannya, sehingga kelembapan tubuh pemain sepak bola yang memakainya bisa berkurang.
Creative Director Football Nike, Phil Dickinson menjelaskan bahwa Botol plastik terbuat dari bahan dasar polyethylene dan polypropylene. Dengan memanfaatkan teknologi penguraian kimia,  mereka dapat mengubah bahan-bahan  tersebut menjadi serat polyester untuk menciptakan baju bola plastik buatan Nike. Dia juga menambahkan bahwa baju bola dari plastik Nike ini tidak hanya dirancang untuk lebih nikmat dipandang, melainkan memberikan manfaat lebih untuk kinerja para pesepak bola dan juga sangat bersahabat dengan lingkungan karena dengan menerapkan teknologi seperti ini, Nike juga turut membantu bumi dari polusi limbah plastik yang tidak bisa diurai secara biologis di tanah.
Hebat bukan... dari 13 botol air mineral bekas mampu diubah menjadi kaos sepak bola yang sangat bagus dan justru lebih berteknologi. Dari segi materi juga sangat-sangat menguntungkan, harga satu setel seragam sepak bola dari bahan botol plastik sekitar Rp. 500.000,-
Masih ada banyak cara yang bisa kita gunakan untuk mengatasi suatu masalah, hanya saja rasa malas yang sudah mendarah daging menghalangi kita untuk melakukan sebuah terobosan baru.
Sekarang, maukah kita berfikir dan bekerja keras untuk membuat suatu inovasi yang baru?

Daftar Pustaka:


Sampah Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Kita. (2012, Oktober 6). Retrieved Maret 21, 2016, from Kompasiana: http://kompasiana.com/purwanti_asih_anna_levi/sampah-dan-dampaknya-terhadap-kehidupan-kita.html
Pembuatan Kaos Bola Dari Botol Plastik. (2013, January 22). Retrieved Maret 21, 2016, from MyBlog: http://hendizone.blogspot.co.id/2013/01/pembuatan-kaos-bola-dari-botol-plastik.html


1 comment:

  1. BOLAVITA Situs Sabung Ayam Online Terpercaya Di Indonesia

    Daftar & Dapatkan Bonus NEW MEMBER 10 % / Bonus Cashback Hingga 10%

    Mengapa Pilih Bolavita ???
    *Dilayani CS Profesional Selama 24 Jam NonStop
    *Support Semua Bank Indonesia
    *Minimal Depo / WD Hanya Rp.50.000,-
    *Banyak Promo & Bonus Yang Bisa Anda Dapatkan.

    Segera Bergabung Bersama kami Sekarang Juga !
    BBM : BOLAVITA
    WA : 081377055002

    ReplyDelete