Friday, March 18, 2016

Dibalik gurihnya potato chips




Potato chips kerap disebut juga dengan keripik kentang. Potato chips merupakan makanan ringan yang di gemari banyak orang dari anak kecil sampai orang tua. Kelezatan potongan kentang yang gurih yang terbalut bumbu membuat gigi tak berhenti untuk mengunyahnya. Rasanya yang gurih serta teksturnya yang renyah menjadikan keripik kentang sebagai salah satu snak andalan keluarga saat bersantai maupun saat berekreasi.
 Dibalik lezatnya potato chips mengandung kalori dan lemak yang ada di dalamnya akan membuat anda untuk berfikir kembali untuk mengomsumsinya. Didalam 60 g potato chips, anda berarti sudah mendeposit 300 kkal dan hampir 50% AKG lemak ( Angka kecukupan Gizi ). Menyebabkan kolestrol tinggi, tekanan darah tinggi, dan berbagai macam persoalan kesehatan lain. Tidak hanya itu, potato chips juga memiliki kandungan perasa buatan dan banyak pengawet yang pasti tdak baik untuk kesehatan tubuh kita.
Taukah Anda di balik gurihnya potato chips dapat meningkatkan resiko kanker?
Kanker merupakan penyakit berbahaya yang paling ditakuti di dunia, selain sulit disembuhkan kanker juga berpotensi menyebabkan kematian. Penyakit kanker adalah sekelompok penyakit yang melibatkan sel-sel dibagian tubuh yang tidak terkendali, inilah yang memiliki potensi menyerang dan menyebar ke seluruh bagian tubuh lainnya.
Ada lebih 200 jenis kanker yang berbeda. Kanker menyebabkan kematian setiap tahunnya. Jutaan orang di diagnosa dengan berbagai jenis penyakit kanker seperti kanker payudara, kanker usus, kanker mulut, dan lain sebagainya.
Didalam proses penggorengan potato chips di perlukan pemanasan suhu yang tinggi yaitu diatas 120 derajat celcius. Pemanasan ini menyebabkan potato chips memiliki kandungan akrilamida, karsinogen yang banyak ditemukan didalam rokok. Menurut sebuah studi tahun 2006 yang dikutip dalam top 10homeremedies.com yang di terbitkan dalam internasinal journal of cancer, akrilamida dapat menyebabkan resiko kanker payudara. Akrilamida merupakan senyawa kimia yang bersifat karsinogenik atau dapat memicu timbulnya kanker didalam tubuh.
Selain memicu kanker, senyawa akrilamida tersebut juga telah banyak di hubungkan sebagai penyebab terjadinya kerusakan syaraf serta kemandulan. Karena hal inilah, mengonsumsi potato chips yang memiliki kandungan akrilamida dapat meningkatkan resiko kanker dalam tubuh.
Untuk menghindari atau kurangi kemungkinan terkena penyakit kanker tentu saja kita harus menerapkan pola hidup yang sehat. Dengan berolah raga, dan menghindari atau mengurangi mengonsumsi makanan yang mengandung pengawet atau bahan kimia lainnya.
Apabila  anda penggemar potato chips, sebaiknya mulai dari sekarang kurangi mengonsumsi makanan tersebut. Lebih baik lagi anda buat potato chips sendiri di rumah dengan minyak yang sehat seperti minyak zaitun dan lainnya.
Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita, hidup sehat itu sangat penting.

references

anonim. (n.d.). dokter sehat. Retrieved from hati-hati potato chips menyebabkan resiko kanker: http://doktersehat.com/hati-hati-potao-chips-menyebabkan-resiko-kanker/
anonim. (n.d.). dua dunia trans 7. Retrieved from ternyata dibalik rasanya yang enak makanan ini bisa memicu kanker lidah loh!: http://tipsduaduniatrans7.blogspot.co.id/2015/12/ternyata-dibalik-rasanya-yang-enak.html?m=1
wima. (n.d.). artikel kita. Retrieved from ssst... konsumsi potato chip sebabkan kanker, mitos atau fakta?: http://kedeartikel.blogspot.co.id/2015/11/ssst-konsumsi-potato-chip-sebabkan.html?m=1

































No comments:

Post a Comment