Tuesday, February 16, 2016

WASPADALAH !!! WASPADALAH PADA PEMANIS BUATAN











Di zaman sekarang, banyak sekali nama-nama penyakit yang beranekaragam. Apalagi, menggunakan nama dengan bahasa latin. Aduh…, tambah-tambah sulit untuk diingat. Sobat, mau tahu tidak bagaimana tips-tips untuk menghindari bahaya dari bahan pemanis buatan. Yuk, kita membaca bersama-sama. Saya sendiri, akan mengupas sedikit tentang makanan dan minuman yang mengandung bahan pemanis buatan.
Apakah sobat pernah mendengar nama aspartame, siklamat, sakarin? Pasti pernah mendengar atau tidak asing dengan nama tersebut. Aspartame, siklamat, sakarin nama-nama dari pemanis buatan. Pemanis buatan tersebut sangat berbahaya sekali untuk tubuh kita. Mempunyai efek negatif bila dikonsumsi secara berlebihan. Bahkan bisa juga menyebabkan kematian. Bisa menimbulkan penyakit diare, mual-mual, sakit kepala, alergi, kehilangan daya ingat, asma, tumor, sindrom usus, dan masih banyak yang lainnya. Selain itu juga, bisa menimbulkan penyakit kanker kandung kemih & migrain. Selain bisa mengakibatkan efek negatif yang sangat berbahaya, pemanis buatan juga mempunyai kelebihan yakni harganya murah yang menjadikan banyak peminat, apalagi sangat bermanfaat untuk penderita Diabetes Mellitus. Karena tingkat kemanisannya yang tinggi, tetapi rendah kalori, jadi aman untuk orang-orang penderita diabetes.
Tips untuk mengantisipasi bahaya pada makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan :
Hindari makanan atau minuman yang terlalu manis dan yang berwarna mencorong, atau makanan ringan dalam kemasan yang berwarna terang. Seperti es teajus, top ice, kue,  dll.  Apalagi teajus sangat banyak digemari atau bahkan rata-rata oleh orang-orang disekitar kita,  mulai dari kalangan anak-anak sampai orang-orang dewasa. Padahal minuman tersebut banyak mengandung pemanis buatannya.
Nah, sudah pahamkan sobat dari semua bacaan diatas. Mulai dari sekarang hindari dan jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung bahan pemanis buatan. Lebih baik sobat mengonsumsi makanan yang mengandung  bahan pemanis yang alami, seperti gula pasir, gula merah, gula jawa, gula batu, madu. Meskipun harganya itu lebih mahal dari bahan pemanis buatan.
SELAMAT MENCOBA SOBAT JJJ


DAFTAR PUSTAKA

Sujarwowahyu's. (2011, Juli 12). Bahaya pewarna dan pemanis buatan. Retrieved Februari 19, 2016, from Usu-Med.blogspot.com: http://usu-med.blogspot.co.id/2011/07/bahaya-pemanis-dan-pewarna-buatan-pada.html
Tim, P. (2013, Juli 12). 4 Bahaya Pemanis Buatan. Retrieved februari 19, 2016, from merdeka.com: http://www.merdeka.com/sehat/4-bahaya-pemanis-buatan-bagi-kesehatan.html


No comments:

Post a Comment