Saturday, February 20, 2016

Fakta dan Mitos MSG (Penyedap Rasa)



Apasih MSG itu? Apa kalian mengetahui apa itu MSG? Tentu pasti tau dong? Sejak kecil kalian juga pasti sudah mengonsumsi MSG melalui perantara makanan yang kalian makan sobat.
Ok ngomong-ngomong tentang  MSG nih, apa sih definisi dari MSG itu sendiri? Nah, MSG adalah Monosodium glutamate atau vetsin atau yang biasa kalian dengar sehari-hari mecin itu loh.


MSG merupakan garam  yang penyusunan molekulnya berupa sodium atau natrium (Na) dan Glutamat. Sebagai perbandingan untuk kalian yang belum mengetahui apa itu garam dapur yang biasa kita pakai sehari-hari adalah sodium klorida atau rumus molekulnyaya itu NaCl. Nah, jadi bedanya garam dapur dengan MSG itu terletak pada Cl-nya di tuker dengan glutamat.
Okay, tapi glutamate itu sendiri apa sih? Apakah pembaca blogger sekalian tau apa itu glutamate.  Yah, bener banget sobat glutamate merupakan asam amino yang esensial bagi kita. Asam amino non esensial bukan artinya ngga penting buat kita loh sobat, tentu saja asam amino non esensial juga sangat di perlukan untuk tubuh kita. Tetap ikita tidakperlu menambahkan asam amino dari makanan kita. Kenapa? Karena tubuh kita sendiri sudah memproduksi asam amino tersebut.
Bagi tubuh manusia, glutamate berperan penting dalam berbagai proses metabolisme tubuh. Seperti yang kita pernah pelajari di pelajaran biologi kelas 3 IPA dalam materi Genetika, bahwa glutamate berperan penting sebagai building  block dari protein atau bias disebut sebagai bahan baku pembentukan protein.
Ngomongin protein tentu kalian tau dong apa fungsi dari protein? Iya, fungsi protein itu sendiri adalah sebagai bahan pembangun tubuh, membentuk sel baru,dan mengganti sel-sel yang rusak. Jadi, kalian juga harus paham kalo glutamate itu sangat penting bagi tubuh manusia.
Okay kita kembali ketopik awal. Kalian tau ngga sih kenapa kebanyakan orang menganggap MSG itu buruk bagi tubuh manusia? Sering mual jika mengonsumsi makanan yang mengandung MSG bahkan menganggap orang yang mengonsumsi MSG itu akan menjadi bodoh. Iyah karena kebanyakan orang hanya mendengar berita burung dari orang ke orang tapi tidak di sertai bukti jadi yang terjadi adalah miskonsepsi tentunya. Nah, disini saya akan mencoba meluruskan fakta-fakta tentang MSG.

Fungsi dan Dosis MSG
                Saat ini MSG sudah di gunakan secara luas sebagai penyedap makanan di dunia, termasuk Indonesia. MSG banyak terkandung pada makanan instan siap saji seperti makanan kaleng dan makanan ringan seperti cemilan ringan yang banyak terdapat di warung-warung.
                Makanan tanpa MSG tentunya rasanya kurang sedap. Kenapa? Karena MSG mempunyai rasa khas yang membuat makanan jadi enak. Glutamate-lah yang memperkuat rasa makananmenjadi sedap. Oh iya sobat rasa gurih yang dihasilkan MSG ternyata bukan berasal dari macam-macam rasa yang sudah umum kita kinal loh, seperti rasa manis, asin, asam dan pahit. Eits pedas bukan termasuk rasa loh sobat ternyata, awas jangan sampai salah menilai nih heheJ
rasa gurih  dari MSG ini mempunyai tipe rasa lain. Kenapa? Karena lidah manusia mempunyai reseptorter sendiri untuk mengatur rasa gurih dan glutamate.
                Menurut peraturan U.S Food and Drug Administration (FDA) Dosis MSG yang direkomendasikan atau biasa lebih dikenal batas aman adalah 30 miligram per berat badan. Misalnya, berat badan anda 50kg maka dosis MSG yang harus kalian konsumsi adalah maksimal 1,5 gram/harinya.
Mengonsumsi MSG menjadi Pusing dan MUAL serta menjadi BODOH?
                Nah, miskonsepsi yang sering orang omongin bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung MSG itu akan menjadi bodoh itu ternyata mitos. Selagi kita mengonsumsi dosis MSG tidak berlebihan tentunya tidak akan merusak organ tubuh kita. Jadi kita harus cermat-cermat bias mengatur makanan yang masuk dalam tubuh kita sobat, agar proses metabolism selalu baik.
                Tapi kenapa jika orang yang setelah mengonsumsi makanan yang mengandung MSG menjadi pusing dan mual? Rasa pusing dan mual setelah mengonsumsi makanan yang mengandung MSG ternyata bukan di sebabkan oleh MSG tapi oleh glutamate loh? Terus apa bedanya? Jelas beda dong, karena rasa mual tersebut di akibatkan oleh glutamate bukan MSG. kalian harus inget kalo MSG itu garam penyedap rasa atau mecin, sedangkan glutamate itu asam amino non esensial yang ada dimana-mana dan ngga harus cumin terkandung dalam MSG sebagai penyedap rasa.
                Okay, kalian sudah tau kan fakta dan mitos tentang MSG. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca blogger. Sampai jumpa di artikel selanjutnyaJ


Referensi:

 

Hermawan, Z. ". (2015, 06 12). Sejauh Mana MSG Berbahaya untuk Dikonsumsi? Retrieved 06 12, 2015, from zenius.net: https://www.zenius.net/blog/8015/bahaya-msg-vetsin-micin




No comments:

Post a Comment