Monday, February 22, 2016

Mematangkan Buah dengan Karbit

 

Tahukah anda apa karbit itu? Pasti kalian juga sudah tidak asing bukan dengan kata itu yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari? Karbit atau Kalsium karbida adalah senyawa kimia dengan rumus kimia CaC2. Senyawa murninya tidak berwarna, tetapi kalsium karbida yang biasanya digunakan warnanya adalah abu-abu atau coklat dengan kandungan CaC2 hanya sekitar 80-85% (sisanya adalah CaO, Ca3P2, CaS, Ca3N2, SiC, dan lain-lain). Selain itu, karena adanya kandungan PH3, NH3, and H2S, maka senyawa ini juga berbau menyengat. Karbit ini digunakan dalam proses las karbit dan juga dapat mempercepat pematangan buah. Penjelasan ini akan membahas tentang karbit yang digunakan sebagai mempercepat pematangan buah saja. Bagaimana sih cara kerja karbit sampai bisa mematangkan buah tanpa mematangkan buah secara alami? Pasti kalian juga bertanya-tanya bukan? Karbit dengan senyawa kimia CaC2 bila terkena air atau uap yang mengandung air akan menghasilkan gas asetilin, makanya buah cepat matang. Tetapi dengan syarat gas ini harus tertutup bukan ditempat terbuka proses tersebut menghasilkan gas yang disebut etilin. Penggunaan tersebut dapat membuat buah matang merata dengan warna menarik tanpa mengurangi kualitas buah tersebut. 

Persamaan reaksi Kalsium Karbida dengan air adalah:
CaC2 + 2H2O → C2H2 + Ca(OH)2
Karena itu 1 gram CaC2 menghasilkan 349ml asetilen.
 
Tetapi apakah aman memakan buah hasil dari pematangan buah dengan karbit? Untuk dampak bagi kesehatan manusia selama ini memang masih simpang siur, tampaknya masih perlu penelitian lebih jauh. Penggunaan karbit ini ada yang menyampaikan bahwa tidak menimbulkan dampak negatif karena kadar vitamin dan mineral tidak berubah. Hal ini karena karbit adalah zat kimia yang hanya merangsang pembentukan gas etilen yang merangsang proses pematangan buah. Pematangan buah dengan cara ini lebih sehat daripada memakai bahan kimia cair yang mengandung Etilen yang bercampur pospor. Phospor campuran ini termasuk bahan yang sangat beracun, lagipula aplikasinya dengan cara disemprotkan kekulit buahnya. Sesuatu yang di paksakan tidak terlalu baik, karena hasil karbit itu lebih cepat matang dan  juga lebih cepat busuk, tetapi semuanya itu kembali pada diri kita sendiri.
Apakah ada cara mematangkan buah tanpa menggunakan karbit? Ada, dengan cara sebagai berikut: 
  1.  Dengan menggunakan dedaunan
    Sebenarnya penggunaan daun ini akan menghasilkan buah dengan nilai gizi yang lebih baik daripada menggunakan karbit. Salah satu tanda buah matang dengan menggunakan dedaunan yaitu aroma yang dihasilkan akan lebih alami dan ramah lingkungan. Buah pun bisa bertahan lama kira-kira bisa sampai seminggu, tanpa dimasukkan kedalam lemari pendingin. Waktu untuk memasakan buah ini memakan waktu 3-4 hari.  
    2.      Menggunakan kantong kertas atau koran
    Buah yang dimasukkan ke dalam kantong kertas atau dibungkus dengan koran, akan mengeluarkan gas etilen yang merupakan gas tidak berbau, yang akan mempercepat proses pematangan.

    3.      Dibungkus kain
    Kain serbet yang bersih atau handuk juga bisa digunakan untuk mematangkan buah. Caranya bungkus buah dengan kain tersebut, lalu tunggu beberapa hari. Hasilnya, buah akan matang dengan sempurna dan mengeluarkan aroma harum yang menggoda.
    4.      Letakkan buah pada area yang gelap
    5.      Campur buah dengan buah yang sudah matang
    6.      Timbun di dalam beras atau biji jagung
    Teknik ini berasal dari India. Pada dasarnya cara mematangkan buah dengan menimbun di dalam beras atau biji jagung sama saja dengan cara mematangkan buah dengan kantong kertas atau di bungkus dengan koran. Beras atau biji jagung ini akan membantu memerangkap gas etilen di sekitar buah, sehingga proses pematangan jadi lebih cepat.
     Semoga bermanfaat☺!!
     

    Sumber:
    Kautsar. (2010, Juni 2). Aman gak sih, makan buah yang matang dengan karbit? Dipetik Februari 22, 2016, dari kautsarku.wordpress.com: https://kautsarku.wordpress.com/2010/06/02/aman-gak-sih-makan-buah-yang-matang-dengan-karbit/
    Penulis, T. (2015, Oktober Selasa). Enam cara alami mematangkan buah mangga tanpa karbit. Dipetik Februari Senin, 2016, dari www.tribunnews.com: http://www.tribunnews.com/travel/2015/10/06/enam-cara-alami-mematangkan-buah-mangga-tanpa-karbit
     https://id.wikipedia.org/wiki/Kalsium_karbida



1 comment:

  1. Thanks untuk informasinya, sangatlah membantu untuk Science Fair project!
    Thanks again!

    ReplyDelete