Tuesday, February 16, 2016

Bawang Merah Membuat Mata Menangis




 
Kegiatan masak-memasak di dapur biasanya tak pernah luput dari mengiris bawang merah. Bawang merah merupakan salah satu bahan yang hampir tak pernah ketinggalan dalam berbagai resep makanan. Tetapi, tahukah anda kenapa mengiris bawang merah membuat mata anda menangis? Semakin banyak mengiris bawang merah maka semakin banyak pula mengeluarkan air mata. Pasti anda juga mengalaminya bukan? Dan apakah anda tahu apa yang menjadi penyebabnya? Hal ini karena adanya reaksi bahan kimia tertentu yang terdapat dalam sel-sel bawang.
Bawang merah terdiri dari beberapa sel, seperti kebanyakan tanaman lainnya mempunyai beberapa sel. Sel-sel ini dipisahkan oleh membran menjadi dua bagian. Salah satu sisi membran terdiri dari enzim dan satunya berisi molekul yang terdiri dari senyawa sulfur. Ketika anda memotong bawang merah, sejumlah sel bawang merah pecah dan isi kedua sisi membran yang berupa enzim dan senyawa sulfur  bercampur. Kemudian enzim menyebabkan senyawa sulfur dan asam amino sulfoxides mengalami serangkaian reaksi kimia. Dalam ulasan jurnal kesehatan pada edisi April 2014, dijelaskan saat mengiris atau memotong bawang, berarti memecah sel di dalamnya yang membuat bawang melepaskan kandungan asam sulfenik. Selama reaksi ini, asam sulfenic terbentuk dan diubah menjadi gas yang disebut propanethial S-oxide yang sudah menguap. Gas itu pun akhirnya mencapai mata dan bereaksi dengan air yang terdapat pada mata. Perubahan kimia tersebut terjadi di dalam mata dan terdapat pembentukan asam sulfat ringan. Hal ini menyebabkan iritasi pada mata. Ujung saraf pada mata sangat sensitif oleh karena itu mata terasa tersengat saat memotong bawang merah. Saluran air mata dirangsang untuk menghasilkan lebih banyak air untuk mengencerkan asam sehingga mata menjadi terlindungi. Banyak orang melakukan upaya untuk menggosok demi menghindari tangisan yang lebih lanjut. Namun, hal ini justru hanya akan membuat semakin memburuk.
Sebenarnya ada cara menghindari keluarnya air mata saat mengiris bawang. Apa saja? Simak selengkapnya berikut ini:
1.      Menjaga kepala tetap jauh dari bawang merah sebisa mungkin.
2.      Mendinginkan bawang tidak sampai beku, supaya memperlambat pengeluaran asam dari bawang. Cukup didinginkan hanya 10-15 menit di dalam freezer lemari es sebelum bawang diiris.
3.      Mengiris bawang di dekat atau di dalam air yang mengalir, metode ini menyebutkan bahwa gas yang dihasilkan bawang bisa bereaksi dengan air di dekatnya, tetapi mengiris bawang di dekat air mengalir jelas merupakan bentuk pemborosan.
4.      Memakai kacamata. Meskipun terlihat aneh karena memasak dengan memakai kacamata tetapi tidak ada salahnya bukan untuk dicoba. Namun, jika dapur dipenuhi uap maka anda mungkin tidak dapat melihat dengan jelas melalui kacamata.
 Semoga bermanfaat☺!!
Sumber: 
Adnamazida, R. (2013, Juli Jumat). Kenapa mata menangis saat mengiris bawang? Retrieved Februari Sabtu, 2016, from merdeka.com: http://www.merdeka.com/sehat/kenapa-mata-menangis-saat-mengiris-bawang.html
Hafid, H. (2014, Mei Kamis). Enzim di dalam Bawang Merah Bikin Mata Menangis . Retrieved Februari Sabtu, 2016, from tempo.co: https://gaya.tempo.co/read/news/2014/05/01/060574582/enzim-di-dalam-bawang-merah-bikin-mata-menangis


No comments:

Post a Comment