Friday, February 26, 2016

Nuklir?





Tahu kan nuklir? Ketika kita mendengar kata nuklir, pasti yang terlintas dipikiran kita adalah Jepang. Yaa memang Jepang merupakan salah satu negara yang menggunakan senjata nuklir. Pertamakali nuklir dikenal dunia yaitu pada saat terjadinya bom di Hirosima dan Nagasaki pada 6 dan 9 Agustus 1945 pada saat Perang Dunia II, yang menyebabkan ribuan orang meninggal dunia akibat radiasi yang ditimbulkan dari bom tersebut. Nuklir merupakan sesuatu yang berkaitan dengan atom, dan atom sendiri merupakan bagian terkecil dari suatu benda yang terdiri atas proton.
Negara yang pertamakali menggunakan senjata nuklir yaitu negara Amerika Serikat. Memangnya untuk apa sih nuklir itu?  Kebanyakan nuklir digunakan untuk membuat senjata pemusnah massal. Nuklir juga dikenal dunia karena radiasinya yang sangat berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Radiasi tersebut disebabkan karena reaktor nuklir mengalami kerusakan, maka kemudian akan mengakibatkan keluarnya bahan yodium radioaktif dan cesium. Bahan yang keluar dari reaktor mengakibatkan kerusakan pada sel-sel tubuh. Selain itu, nuklir juga bisa menyebabkan kerusakan pada DNA tubuh sehingga yang tadinya sel sehat akan berubah menjadi sel kanker. Yodium radioktif yang keluar dari reaktor mengakibatkan pembesaran kelenjar. Bahan cesium radioaktif yang dikeluarkan oleh reaktor bisa tinggal didalam lingkungan lebih dari ratusan tahun. Kemudian akan mengakibatkan gangguan kesehatan jangka panjang.
Radiasi nuklir juga bisa mengancam manusia selama beratus-ratus tahun. Berikut ancaman yang diakibatkan dari radiasi nuklir:
a.    Pendarahan saluran pencernaan.
b.    Kerusakan sel-sel tubuh.
c.    Kulit terbakar.
d.   Kerusakan jaringan kulit.
e.    Kerusakan DNA.
f.     Kerusakan lingkungan
g.    Kerusakan otak.
h.    Kelenjar gondok
i.      Kerusakan sistem darah
j.      Kerusakan sistem reproduksi.


Teknologi nuklir selain digunakan untuk senjata, sebenarnya banyak digunakan pada berbagai hal. Misalnya saja pada alat pendeteksi asap yang biasa ada diruangan. Tanpa kita sadari ternyata teknologi nuklir telah banyak dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Sejak tahun 1945 Indonesia telah mencetuskan gagasan untuk memanfaatkan dan mengembangkan teknologi nuklir. Kemudian dibentuklah lembaga pemerintahan non kementrian yaitu BATAN (Badan Tenaga Nuklir Nasional). Badan tersebut mempunyai tugas dalam penelitian, pengembangan dan pemanfaatan tenaga nuklir. Penelitian tersebut membuahkan hasil dan banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang kecuali sebagai senjata.
Berikut ini adalah pemanfaatan teknologi nuklir selain digunakan untuk senjata:

a.    Bidang medis, aplikasi tenaga nuklir pada bidang ini dibagi menjadi dua yaitu diagnosa dan terapi radiasi. Hal ini digunakan untuk perawatan bagi yang menderita kanker. Pencitraan dari sinar X merupakan hasil pengembangan teknologi nuklir. Terapi medis dengan memanfaaatkn tenaga nuklir disebut dengan teknologi kedokteran nuklir. Teknologi ini dinilai efektif dalam digunakan untuk memusnahkan penyakit. 
 
b. Bidang industri, memang nuklir yang utama kebanyakan digunakan untuk perindustrian, contohnya saja pada eksplorasi minyak dan gas. Teknologi nuklir sangat dibutuhkan untuk mengetahui sifat bebatuan yang ada disekitar seperti porositas maupun litografi. Selain digunakan untuk eksplorasi minyak dan gas, nuklir juga bisa digunakan dalam membantu perancangan konstruksijalan, pengukur kelembaban dan kepadatan.

c.    Bidang pertanian, dalam bidang penelitian nuklir ada istilah yang namanya Irradiasi makanan. Istilah tersebut merupakan proses memaparkan bahan makanan dengan ionisasni radiasi. Memang kedengarannya berbahaya dan mungkin akan membuat makanan mengandung beracun. Tapi itu adalah proses yang baik karena bertujuan untuk menghancurkan berbagai jenis mikroorganisme, bakteri, virus ataupun serangga. Proses ini memanfaatkan radiasi sinar gamma, sinar X dan elektron yang dihasilkan dari pemercepat elektron. Teknologi nuklir juga bisa dimanfaatkan dalam peningkatan hasil buah, pencegah proses pertunasan penghambat pemasakan buah dan peningkatan rehidrasi.

d.   Pembangkit listrik, sudah lama nuklir dijadikan untuk pembangkit lisrtik. Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) adalah pembangkit listrik yang memperoleh panas dari reaktor nuklir. Banyak manfaat dari PLTN dibandingkan pembangkit listrik yang lain yaitu tidak akan menghasilkan emisi gas rumah kaca, tidak menghasilkan menghasilkan gas berbahaya seperti karbon monoksida, mercury, sulfur dioksida,aerosol dan lain-lain. Justru pembangkit listrik ini menghasilkan sedikit limbah padat.


Sumber:
Penulis, T. (2014). Inilah Beberapa Manfaat Teknologi Nuklir Selain untuk Senjata. Retrieved Februari Jumat, 2016, from Plimbi: http://www.plimbi.com/article/139951/teknologi-nuklir
Penulis, T. (2016, Januari Minggu). Senjata Nuklir. Retrieved Februari Sabtu, 2016, from Wikipedia Ensiklopedia Bebas: https://id.wikipedia.org/wiki/Senjata_nuklir

No comments:

Post a Comment