Friday, February 19, 2016

EFEK BORAKS





APAKAH YANG DINAMAKAN BORAKS ITU ?
Pasti kalian sudah pernah mendengarkan istilah boraks itu ?????  Boraks atau yang lebih dikenal oleh masyarakat sekitar dengan nama “bleng” yaitu serbuk kristal yang didalamnya mengandung boron, yang berwarna putih atau bisa disebut dengan transparan , tidak berbau ataupun larut dalam air. Dan boraks merupakan senyawa kimia dengan menggunakan nama lain dari boraks natrium tetraborat dan jika suatu boraks tersebut dilarutkan dalam air boraks tersebut akan menjadi natrium hidroksida serta asam boraks.
Dan boraks biasanya digunakan oleh suatu indrustri farmasi sebagai ramuan obat misalkan dalam salep, bedak, larutan kompres, obat kumur dan pembersih mulut yang didalamnya menggunakan boraks. Dan sifat kimia yang ada didalam boraks tersebut mempunyai rumus kimia Na2 B4 O2(H2O)10 dengan berat molekul 381,43 dan mempunyai kandungan boron yang sebesar 11,34% dan boraks juga biasanya larut dalam air , dan larutan yang ada dalam
FUNGSI BORAKS
boraks  sekitar 62,5 g/L dan pada suatu suhu 25 derajat celsius dan jika suatu suhu air semakin meningkat maka suatu kelarutan boraks dalam air akan semakin meningkat.
Boraks biasanya juga digunakan untuk antiseptik dan zat pembersih selain itu  juga boraks digunakan sebagai bahan baku pembuatan detergen , pengawaet kayu , membasmi hama dan lain-lain
PENYALAGUNAAN BORAKS
Biasanya boraks itu bisa disalah gunakan oleh suatu masyarakat sekitar dan sering ditemukan sejumlah produk pangan yang mengandung boraks seperti baso, tahu, mie basah menggunakan bahan tambahan boraks dan makan tersebut dijual bebas di pasaran dan disupermarke-supermarket dan banyak masyarat yang belum mengerti apa efek samping dari penggunaan borak sebagai bahan tambahan di bahan pangan tersebut.
Dan biasanya suatu pedagang tersebut mencampurkan boraks pada makanan yang akan dijual supaya makanan tersebut menjadi lebih kenyal dan semakin menarik untuk pembelih atau konsumen di pasar  supaya dagangan tersebut lebih cepet habis agar banyak yang membelihnya .
 untuk itu kita semua harus lebih berhati-hati lagi untuk memilih makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh tubuh kita supaya tubuh kita menjadi lebih sehat dan tidak terkena penyakit dari penggunaan boraks tersebut.
EFEK NEGATIF BAGI TUBUH
Dampak atau efek negatif bagi tubuh yang sering mengkonsumsi makanan yang mengandung boraks akan berakibat buruk bagi kesehatan tubuh kita dan boraks akan menumpuk sedikit demi sedikit karena diserap oleh tubuh secara kumulatif. Dan jika kita sering mengkonsumsi makanan yang mengandung boraks terus menerus akan menyebabkan rusaknya membran sel hepar dan diikuti kerusakan pada parenkim hepar.
Dan pemakain boraks yang sedikit dan lama akan terjadi suatu akumulasi ( penimbunan ) pada suatu jaringan otak manusia , hati, lemak serta ginjal sedangkan pemakain boraks dalam jumlah yang banyak akan mengakibatkan seseorang menjadi demam, koma , depresi , dan apatis ( ganguan yang bersifat pada saraf )
Oleh karena itu kita semua harus lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang akan kita makan supaya tubuh kita selalu sehat dan makanlah makanan yang memiliki kandungannya libih baik yaitu 4 sehat 5 sempurna.
Sumber




No comments:

Post a Comment