Tuesday, February 16, 2016

zaman pencemaran Tanah






Setiap hari kita selalu menginjak tanah bukan ? pasti kalian sudah tau apa itu tanah ? Tanah merupakan lapisan permukaan bumi sebagai tempat tumbuh dan berkembangnya tumbuhan yang sebagai sumber pangan, penyuplai kebutuhan air yang sebagai sumber kehidupan bagi makluk hidup dan juga sebagai habitat-habitat organisme yang ikut berperan aktif dalam memicu penyediaan unsur hara maupun nutrisi senyawa organik dan anorganik yang dapat menopang akar-akar tumbuhan yang mampu menahan munculnya erosi dan banjir akibat penebangan liar. Dengan begitu tanah juga bisa dikatakan sebagai penyeimbang ekosistem dan yang terpenting mampu mempertahankan siklus air.
Sangat disayangkan jika kita sebagai makluk hidup tidak peduli akan hal tersebut, ternyata tanah mempunyai peranan yang sangat penting, belakangan ini orang-orang sering membuang sampah sembarangan padahal banyak sekali sampah yang membusuk dan susah sekali didaur ulang seperti plastik, limbah kimia dari pabrik-pabrik maupun limbah rumah tangga. Akibatnya tanah akan kehilangan unsur haranya dan tidak produktif lagi dan pasti dampak buruknya akan berakibat pada semua makluk hidup.
pencemaran tanah timbulkan penipisan ozon
Pencemaran tanah yang sering kita sepelekan itu ternyata berakibat yang sangat buruk juga pada bumi pertiwi kita. Apakah kalian mengetahui apa yang di timbulkannya ? benar, memang salah satu yang ditimbulkannya itu ialah menipisnya ozon yang sebagai pelindung bumi. Berbicara tentang pencemaran tanah Sebelumnya apa kamu mengetahui apakah itu pencemaran tanah ? pencemaran tanah merupakan kerusakan pada elemen bumi yang bermanfaat yaitu tanah yang produktif atau subur. Tanpa tanah yang subur para petani akan  susah bercocok tanam dan sulit menghasilkan produktivitas panen yg cukup baik. Tanah yang subur dipengaruhi oleh organisme bakteri, jamur maupun organisme lainnya yang dapat menguraikan limbah dalam tanah dan menyediakan unsur hara yang optimal yang dapat membatasi kemampuan organisme tanah untuk menguraikan limbah.
Pencemaran tanah yang merusak lingkungan tanah alami banyak sekali faktor-faktor penyebabnya seperti penggunaan pestisida yang berlebihan air yang tercampur limbah deterjen rumah tangga dan juga banyak limbah plastik yang sukar terurai. Bagi orang-orang yang produktif limbah plastik yang tidak berguna bisa
di manfaatkan dengan cara  didaur ulang menjadi barang yang berguna seperti kerajinan tikar, sedotan, bunga plastik dan sandal, yang bahan utamanya dari plastik. pasti akan lebih bermanfaat dari pada terbuang dan menumpuk menjadi limbah yang menimbulkan pencemaran, dan akibatnya berdampak pada manusia ialah timbulnya bau yang tidak sedap dan kotor.
Limbah-limbah tersebut akan menjadi habitat organisme-organisme seperti lalat atupun nyamuk yang akan menyebarkan penyakit malaria dan demam berdarah tempat-tempat kotor itulah yang menjadi lingkungan hidupnya, apabila hal itu tetap terjadi pasti akan merugikan manusia. Belum lagi sampah yang sulit didaur ulang, sampah-sampah yg memerlukan waktu ratusan taun untuk terurai dapat mengakibatkan menipisnya lapisan ozon. Lapisan ozon yaitu lapisan yang melindungi bumi dari radiasi sinar matahari oleh sebab itu bumi kita semakin tua semakin panas.
Sebab-sebab pencemaran tanah
Agar kita bisa menangani masalah pencemaran tanah kita pasti harus mengetahui sebab-sebabnya dulu kan ? nah inilah Penyebab pencemaran tanah yang sering kita sepelekan ialah sebagai berikut :
·         Sampah organik dan anorganik
Sampah organik merupakan sampah yang mudah terurai tidak memerlukan waktu yang cukup lama. Sampah anorganik ini fungsinya dapat menyuburkan tanah, sampah yang tergolong anorganik tidak menjadi masalah percemaran limbah, yang termasuk sampah organik yaitu : kayu, kertas, bangkai hewan dll.
Sampah anorganik merupakan sampah yang sulit sekali terurai butuh waktu ribuan taun untuk menguraikan sampah anorganik ini. Sampah jenis inilah yang menjadi masalah pencemaran yang cukup serius. Contoh sampah anorganik yaitu plastik, kaca, besi dll.
·         Pencemaran tanah melalui air
Pencemaran tanah melalui air juga sering kita jumpai, limbah-limbah bahan kimia seperti limbah pabrik minyak, besi ataupun limbah rumah tangga seperti deterjen yang sering kali mencemari sungai-sungai. Padahal air-air sungai sangat diperlukan oleh ibu-ibu rumah tangga yang sering dimanfaatkan untuk mencuci piring dan pakaian.
·         Pencemaran tanah melalui udara
Pencemaran tanah yang melalui udara banyak sekali kita temui dalam kehidupan sehari-hari yang disebabkan oleh asap rokok, asap kedaraan bermotor atau mobil maupun asap-asap kotor dari pabrik-pabrik yang mengakibatkan efek rumah kaca dan hal ini berdampak pula pada cuaca yang akan mengakibatkan awan mendung dan turunnya hujan. Turunnya hujan akan membawa air yang sudah tercemar dan mengakibatkan tanah tercemar pula.
Penanggulangan pencemaran
*  Sebelum membuang sampah kita harus memilahnya antara sampah organik dan anorgani agar memudahkan saat pengolahan. Sehingga sampah-sampah anorganik yang sulit terurai bisa dibakar ataupun dikubur didalam tanah sedangkan Sampah-sampah anorganik yang masih bisa dimanfaatkan didaur ulang kembali menjadi barang-barang yang yang berguna seperti ember, sandal, maupun sedotan.
*  Para petani kita sebaiknya jika memberantas hama dengan menggunakan pestisida gunakan secukupnya atau tidak berlebihan.
*  Lakukanlah program untuk membersihkan pencemaran tanah atau remediasi. Rencanakan juga kegiatan tentang bioremediasi yaitu kegiatan yang membersihkan pencemarann tanah dengan mikroorganisme untuk mengurangi pencemaran bahan beracun.
*  Buanglah sampah pada tempatnya. gunakan bahan kimia seperti pestisida atau lainnya sesuai dosis dan tidak berlebihan.
*  Pembuangan air limbah dari pabrik-pabrik janganlah melalui sungai-sungai pemukiman penduduk ditakutkan adanya keracunan karena air sungai tersebut banyak digunakan oleh penduduk pinggiran.
*  Karena banyaknya bangunan-bangunan rintislah program penghijauan negri ini agar bisa menahan dari banjir dan terciptanya suasana sejuk.

Program-program penanggulangan itulah yang sudah diterapkan di Indonesia akan tetapi masih banyak yang belum menyadari dampak dari pembuangan limbah yang disepelekan itu mengakibatkan jargon bagi seluruh mahluk hidup. Semoga dampak yang sudah terjadi bisa menyadarkan kita semua untuk lebih menjaga tanah air ini. Karena Allah SWT menciptakan bumi tidak sia-sia dan kita yang hanya bisa menikmati ciptaannya wajib pula mampu menjaganya.

Sumber : http://www.binasyifa.com/499/41/27/artikel-pencemaran-tanah-penanggulangan-pencemaran-tanah.htmhttp://www.binasyifa.com/499/41/27/artikel-pencemaran-tanah-penanggulangan-pencemaran-tanah.htm

No comments:

Post a Comment