Friday, February 26, 2016

Misteri Air mata




            Apakah anda pernah menangis ? menangis sedih atau bahagia ? atau menangis karena sedang mengupas bawang ? Ya, semua manusia pasti pernah menangis, dan dikala menangis hampir setiap manusia mengeluarkan air mata dalam kehidupannya, Inilah salah satu kebesaran dan kasih sayang ALLAH SWT. Karena bayangkan saja jika manusia tidak memiliki air mata ?
Air mata adalah kelenjar yang diproduksi oleh proses lakrimasi (dari bahasa latin lacrima, artinya “air mata”) yang terletak di antara kelopak mata dan bola mata, fungsinya untuk membersihkan dan melumasi mata. Ketika seseorang menangis, mereka akan sering berkedip untuk membuat air menyebar ke seluruh mata dan tidak menggenangi salah satu bagian saja. Air mata yang mengalir alami memiliki komposisi kandungan air, elektrolit dan molekul – molekul kecil seperti karbohidrat dan lemak, serta enzim-enzim. Selain itu air mata mengandung leusinenkefalin, adrenokortikotropik, dan prolactin serta beberapa elektrolit, protein pengikat lemak dan Imunoglobin A, dari elektrolit-elektrolit inilah yang membuat air mata memiliki rasa asin.
          Dalam buku Crying: The Mystery of Tears karya William Frey, seorang ahli biokimia dan direktur Dry eye and Tears Research di Minepolis ( AS ) telah meneliti air mata selama 15 tahun. Frey menemukan bahwa kelenjar air mata mengkonsentrasikan dan mengeluarkan mangan (Mn) dari tubuh. Konsentrasi mangan, mineral yang terlibat dalam perubahan suasana hati ( mood ), ternyata 30 kali lebih besar dari dalam serum darah. Air mata yang dihasilkan dari tipe menangis karena emosi mengandung 24 % protein albumin yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata. Menurutnya, air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun. Namun jangan salah, karena keluarnya air mata yang beracun itu menandakan bahwa ia membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat mata.
          Air mata juga dapat menjadi obat antibakteri yang alami. Kandungan  Lisozom, beta-lisin, laktoferin, dan gamma globulin (IgA) yang terdapat pada air mata sanggup membunuh sebanyak 90 sampai 95 % bakteri yang ada pada mata kita. Tak hanya itu, kelembapan mata pun akan meningkat sehingga mengurangi resiko pandangan yang mudah kabur.
          Fit Sugar (seorang ilmuan) juga menyatakan penelitiannya mengenai air mata bahwa stres emosional akan berkurang ketika kita menangis. Karena air mata mengandung hormone prolactin yang efektif untuk melawan stres.
          Setelah menangis, otak dan jantung akan menjadi stabil, dan hal itulah yang membuat seseorang merasa lega dan lebih baik, meskipun anda didera berbagai macam masalah dan cobaan. Maka, keluarkanlah masalah yang ada di pikiran anda lewat menangis, jangan dipendam dan jangan berpura-pura untuk tegar dan menahan tangisan karena bisa berdampak negativ bagi tubuh anda. Namun, berusahalah untuk menangis di hadapan Sang Khaliq, ALLAH SWT. Jadi, masihkah anda malu untuk menangis dan meneteskan air mata ?

Sumber : http://berbagai-manfaat.blogspot.com

No comments:

Post a Comment