Sunday, February 14, 2016

Berhati-hatilah dengan Batu Ginjal



      
      Batu ginjal, dulu yang ada di benak saya batu ginjal itu adalah penyakit yang di dalam ginjal manusia terdapat jenis batu-batuan. Hahaha konyol memang tapi namanya anak kecil vroh fikirannya masih gak jelas gitu lah. Eh, ko malah cerita masa lalu sih oke mending kita ungkap apa itu batu ginjal yang sebenarnya.
       Apa itu batu ginjal? Batu ginjal adalah sejenis penumpukan mineral di ginjal. Mineral ini mengeras dan membentuk komponen padat. Mineral dan komponen lain pembentuk batu ginjal berasal dari konsentrat urine. Seseorang yang menderita penyakit ini akan merasa nyeri ketika buang air kecil. Rasa sakit nya akan terasa di tubuh bagian samping, punggung, di bawah tulang iga, dan merambat hingga ke perut bagian bawah serta paha. (Sakitnya tuh disini vrooh) Lokasi nyerinya dapat berubah jka batu ginjal tersebut bergerak ke saluran urine. Gejala penyakit ini biasanya baru muncul ketika batu berpindah ke saluran kencing. (Batu nya bisa jalan jalan guys, haha just kidding)
       Gejala gejala tersebut meliputi :
°         Sakit yang luar biasa di bagian punggung, tubuh bagian samping, dan dibawah tulang iga.
°         Sakit yang merambat ke bagian perut dan paha.
°         Sakit ketika buang air kecil.
°         Urine berwarna merah, pink, atau cokelat.
°         Mual dan muntah.
°         Sering merasa haus buang air kecil.
°         Demam dan meriang jika ada infeksi.
Pembentukan batu ginjal disebabkan oleh banyak faktor. Batu ginjal terjadi ketika berbagai komponen urine yang jumlahnya tidak terkontrol.Kondisi ini membuat kandungan kalsium, kalsium oksalat, dan asam lainnya lebih banyak dari cairan yang ada di urine. Pada sisi lain, urine juga kekurangan komponen pencegah terbentuknya kristal. Ditambah lagi dengan volume urine yang bertambah di kandung kemih karena tidak dikeluarkan. Kombinasi inilah yang menyebabkan terbentuknya batu ginjal.
Batu ginjal terdiri dari beberapa tipe berdasarkan kandungan kristalnya, yaitu :
°         Batu ginjal dengan kandungan kalsium. Ini adalah tipe yang paling umum.
°         Batu ginjal dengan kandungan struvite. Tipe ini biasanya muncul sebagai reaksi atas terjadinya infeksi.
°         Batu ginjal dengan kandungan uric acid. Tipe ini biasanya terjadi pada mereka yang dehidrasi dan melakukan diet tinggi protein. Faktor genetis juga berperan dalam tipe ini. 

Sumber : www.meetdoctor.com, dengan dilakukan pengubahan seperlunya

      

No comments:

Post a Comment