Tuesday, February 16, 2016

KOSMETIK BERBAHAN KIMIA BERBAHAYA DAPAT MERENGGUT KECANTIKAN ANDA



 


Apakah anda gemar menghias diri?.... seorang wanita sangat senang menghias diri menggunakan berbagai merek kosmetik. Boleh saja mempercantik diri, tapi kita harus pintar untuk memilih mana kosmetik yang aman dan mana yang berbahaya. Anda juga harus waspada karena saat ini banyak beredar kosmetika berbahaya di pasaran. Tidak hanya merusak wajah, kosmetika seperti ini juga mampu mengganggu kesehatan secara keseluruhan. Menurut Kepala Dinkes Purbalingga, Hanung Wikanto, pemakaian kosmetik yang mengandung merkuri dapat memperlambat pertumbuhan janin, mengakibatkan keguguran, dan kemandulan. “Penggunaan merkuri pada awalnya akan membuat flek hitam memudar. Padahal, bila pemakaian dihentikan, flek itu akan timbul lagi dan justru bertambah parah dan melebar, wajah justru semakin gelap dan kusam," ujar Kepala Dinkes.


 



Kalau kita tidak pintar memilih kosmetik, maka wajah kita akan terlihat seperti kulit yang terbakar bahkan bisa merusak organ-organ yang lain. Bahan-bahan kimia berbahaya ini juga memengaruhi bayi yang ada dalam kandungan. Bisa mengakibatkan kecacatan seperti munculnya langit-langit mulut, bibir sumbing, celah kelopak mata menyatu, defisiensi lubang hidung kiri hingga hidrosefalus.
Banyak masyarakat yang tidak tahu bahan-bahan yang terkandung dalam kosmetik. Melalui artikel ini, saya akan memaparkan beberapa bahan kimia berbahaya yang sering ditemukan dalam beberapa kosmetik kecantikan dan perlu untuk diwaspadai:
  •    Anti Bakteri
Anti bakteri ini seperti triclosan banyak sekali digunakan pada berbagai macam prodak yang sering digunakan oleh masyarakat, seperti sabun, deodorant, pasta gigi, dan lai-lain. Anda harus berhati-hati dalam menggunakannya karena bahan ini mudah menyerap kedalam kulit. Bahan ini sedah diteliti, dan dapat mengganggu fungsi testosterone pada sel.
  •   Diethanolamine (DEA)
Diethanolamine adalah racun yang digunakan dengan DEA Cocamide dan DEA Lauramide, yang digunakan untuk pembuat busa perawatan pribadi seperti sampo, krim cukur, lation pelembab kulit, dan sabun bayi. Bahan ini dapat mengakibatkan penghancur hormaon dan vitamin di dalam tubuh.
  •  Merkuri
Zat Merkuri (Raksa) ini banyak ditemukan di produk kecantikan yang fungsinya untuk memutihkan kulit. Banyak juga ditemukan pada produk mascara. Penggunaan bahan ini dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan seperti alergi pada kulit, iritasi kulit, kerusakan saraf, dan lain-lain.  
  •  Talc
bahan ini merupakan bahan kimia beracun yang sering diguakan dalam produk kosmetik seperti eye shadow, blush, deodorant, sabun dan lain-lain. Zat ini bersifat karsinogen manusia dan juga diketahui bisa menyebabkan kanjer ovarium dan tumor paru-paru. 
Masih banyak lagi zat kimia berbahaya yang terdapat di berbagai kosmetik, anda harus melihat terlebih dulu pada kemasan produk kosmetik yang akan anda beli dan pastinya tidak mengandung zat-zat yang telah terpanmpang di atas. Jangan pernah korbankan kesehatan anda hanya untuk tampil cantik yang bersifat sementara. Lebih baik gunakan cara yang alami untuk merawat kecantikan anda.

Bebrapa solusi untuk mengeluarkan Merkuri pada tubuh:

  •   Minuman yang mengeluarkan logam berat dari tubuh.

Minuman yang mengandung klorofil, yang bisa membuang heavy metals dalam tubuh kita, karena hanya algae yang bisa memakan logam berat termasuk merkuri. Selain minuman klorofil ada juga buah-buahn yang bisa mengeluarkan racun seperti jus jeruk nipis dab jus buah beet.

  •  Terapi belur

Di Indonesia sudah ada tempat yang bisa menyembuhkan para pasiennya yang keracunan merkuri dan anak penderita autis. Pasien akan diperiksa di sebuah lab Analisis Aktivasi Neutron Serpong, kawasan Puspiptek BATAN, Tangerang.
Ø  Menambah ilmu seputar merkuri
Bersosialisasi dengan para korban keracunan merkuri yang telah berhasil sembuh.
Ada beberapa cara mempercantik wajah secara alami. Tips kecantikan tanpa make-up berikut sangat sederhana, praktis dan mudah dilakukan, seperti di bawah ini:
·         Anda harus rajin membersihkan wajah agar lebih bersih dan cantikserta dapat terlihat ceria selalu.
·         Cukupi waktu tidur anda, dengan mencukupi waktu tidur anda sehari-hari ternyata mampu memberikan kulit tetap fresh dan tidak mudah berjerawat serta tidak menimbulkan flek hitam.
·         Cuci muka dengan air dingin, ketika anda membersihkan wajah sebaiknya menggunakan air dingin dan jangan menggunakan air hangat. Penggunaan air dingin untuk membersihkan kelembamam pada wajah anda dan wajah juga membutuhkan kelembamam agar terhindar dari masalah kulit kering.
·         Perbanyak minum air putih, dengan meminum air putih bisa memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh, ternyata dengan banyak minum air putih juga mampu membersihakan kesehatan kulit wajah dan juga dapat menjegah wajah kering dari dalam.


Sumber:


No comments:

Post a Comment