Thursday, February 25, 2016

Daun Sintesis Penyuplai Oksigen


Daun Sintesis Pemasok Oksigen


            Oksigen merupakan unsur yang sangat penting bagi makhluk hidup, khususnya manusia. Manusia sangat membutuhkan oksigen untuk kelangsungan hidupnya, yaitu untuk melakukan respirasi atau yang biasa kita kenal dengan istilah bernapas. Sebenarnya darimana sih oksigen berasal? Ya, oksigen merupakan salah satu produk hasil fotosintesis. Pastinya sudah pada tahu kan apa itu fotosintesis? Ya, fotosintesis yaitu proses pembuatan makanan yang dilakukan oleh tumbuhan hijau yang memiliki klorofil, dimana dalam proses itu tumbuhan menggunakan air (H2O) dan karbondioksida  (CO2) dengan bantuan energi cahaya matahari sehingga menghasilkan zat makanan yaitu glukosa (C6H12O6) dan oksigen (O2).
            Apakah oksigen yang ada di bumi jumlahnya akan tetap stabil? Tentunya jumlah oksigen yang ada di bumi sangat tergantung pada sinar matahari dan tentunya jumlah pohon dan tanaman yang ada di bumipun sangat mempengaruhi. Mengapa? Karena oksigen merupakan hasil fotosintesis dimana makhluk hidup yang dapat melakukan hal itu adalah tumbuhan. Jadi, semakin banyak pohon atau tanaman yang ada di bumi, maka kita tidak perlu khawatir akan kekurangan oksigen. Namun, jika jumlah pohon dan tumbuhan yang ada semakin menipis, maka kelangsungan hidup manusia pun akan terganggu karena jumlah oksigen yang ada tidak memadai.
            Sekitar 100 tahun lagi dunia diprediksi akan kehilangan tumbuhan dan itu berarti jumlah oksigen pun akan semakin terbatas dan kehidupan pun semakin terancam. Namun, hal itu bisa saja tidak akan terjadi jika sejak saat ini kita selaku masyarakat dunia dapat menjaga kelestarian lingkungan dan mulai melakukan reboisasi pada lahan-lahan yang rusak atau dengan menggalakkan program satu jiwa satu pohon dan berbagai usaha lainnya yang dapat menjaga dan melestarikan bumi. Namun, pada kenyataannya pabrik-pabrik industri semakin merajalela dimana-mana. Banyak sekali lahan-lahan asri yang menjadi korban manusia dalam memenuhi hajat-hajatnya, baik itu dalam hal industri, tempat tinggal, maupun bisnis-bisnis dan proyek-proyek lainnya.
            Akhirnya muncullah pemikiran-pemikiran apakah ada tempat tinggal lain di luar bumi yang dapat dihuni oleh manusia? Badan Antariksa di sejumlah negara pun terus merencanakan mega proyeknya untuk memungkinkan manusia dapat hidup di luar bumi dengan kendaraan canggih. Namun, apakah tempat itu memiliki karakteristik yang sama seperti bumi sehinggal dapat dihuni oleh manusia? Adakah oksigen disana untuk manusia bernapas? Jika tidak, maka yang harus dipikirkan adalah bagaimana kita dapat memperoleh pasokan oksigen karena oksigen merupakan napas kita untuk dapat tetap hidup? Oleh karena itu harus ada pasokan oksigen yang melimpah ruah dan itu berarti kita membutuhkan tumbuhan dengan jumlah yang sangat tidak sedikit. Tetapi, semakin jauh tempat diluar bumi yang akan disinggahi, maka grafitasinya pun akan semakin kecil dan bisa jadi grafitasinya nol. Sedangkan tanaman tidak tumbuh pada grafitasi nol. Lalu, bagaimana cara untuk menghadapi hal tersebut?
            Akhir-akhir ini seorang mahasiswa pascasarjana asal London yang bernama Julian Melchiorri berhasil menemukan sesuatu yang dapat menyuplai oksigen. Apakah itu? Ya, itu adalah dun sintesis. Daun itu terbuat dari protein sutera yang ditanamkan kloroplas di dalamnya. Daun itu diberi nama Silk Leaf Project.
            Julian Melchiorri menyatakan bahwa “bahan ini memiliki bagian yang menakjubkan dimana molekulnya stabil. Hal ini karena saya mengekstrakan klorofil dari sel tumbuhan dan menempatkannya di dalam protein sutera ini. Hasilnya, saya memiliki materi fotosintesis pertama yang hidup dan bernapas seperti yang dilakukan daun”.
            Proses untuk mendapatkan oksigen pada daun sintesis ini hampir sama dengan proses yang dilakukan oleh tumbuhan hijau pada umumnya. Daun ini akan menghisap karbondioksida (CO2) yang ada di sekitarnya kemudian dengan ditambah sedikit air dan dengan bantuan sinar matahari, daun ini dapat mengeluarkan oksigen (O2) layaknya tumbuhan yang melakukan fotosintesis pada umumnya.
            Tahukah kamu? Ternyata daun sintesis ini dapat digunakan dalam skala yang besar juga loh. Contohnya  itu dapat menjadi sistem ventilasi sebuah gedung. Jadi daun sintesis ini akan menyerap karbondioksida (CO2) dari luar gedung dan udara sekitarnya kemudian hasilnya yaitu oksigen (O2) dialirkan ke dalam gedung.
Gambar aplikasi daun sintesis sebagai sistem ventilasi gedung.
            Selain itu, daun sintesis ini juga sangat aman dan ramah lingkungan loh.. karena tidak memerlukan energi dan daya yang besar dalam penggunaannya. Cukup diberi sedikit air dan sinar matahari, daun ini akan menghasilkan oksigen. Subhanallah.. menakjubkan bukan?
            Demikian artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahun Anda. Terima kasih telah membaca. :)

Sumber :

Daun Buatan yang Bisa Menghasilkan Oksigen. (n.d.). Retrieved from http://inovasipintar.com: http://inovasipintar.com/daun-buatan-yang-bisa-menghasilkan-oksigen/
Daun Sintesis Ini Penyuplai Oksigen Manusia di Luar Negeri. (n.d.). Retrieved from http://teknologi.news.viva.co.id: http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/525595-daun-sintetis-ini-penyuplai-oksigen-manusia-di-luar-angkasa


No comments:

Post a Comment