Sunday, February 21, 2016

Tau kah kamu apa itu pencemaran…





Pencemaran adalah masuknya atau dimasukinya makhluk hidup, zat energy, dan atau komponen lainnya kedalam lingkungan atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau oleh proses alam, sehingga kualitas lingkungan menjadi berubah  dan tidak berfungsi seperti semula.

Pencemaran so pasti donq pasti ada penyebabnya iya gx? Penyebab dari pencemaran di sebut dengan polutan, kawan semua tau gx polutan itu apa? Polutan itu sesuatu yang apabila keberadaannya itu merugikan terhadap makhluk hidup. Salah satu contohnya adalah karbonmonoksida nah jika kadarnya itu 0,033% itu sangat bermakna bagi tumbuhan,tapi kawan semua tau gak apa akibatnya kalau kadar karbonmonoksida lebih dari itu…ternyata zat karbonmonoksida jika kadarnya lebih dari 0,033% dapat memberikan efek merusak, bahayakan bagi lingkungan kita!

Nah itu dia sedikit uraian tentang pencemaran, kawan semua udah pada tau kan?? Di dalam lingkungan kita ini ternyata  pencemaran itu banyak macamnya loh diantaranya pencemaran menurut tempat terjadinya, yaitu:

1.       Pencemaran air
2.       Pencemaran tanah
3.       Pencemaran udara, dan
4.       Pencemaran suara

Sedangkan pencemaran menurut sifat zatnya terbagi menjadi tiga kawan, yaitu:

1.       Pencemaran biologis
2.       Pencemaran fisik, dan
3.       Pencemaran kimiawi

Disini kita akan membahas tentang pencemaran air cekidot…

Menurut kawan semua apa sih kandungan dalam air? Rumus kimia dari air adlah H2O, ternyata dalam satu molekul air terdapat dua atom hydrogen yang terikat secara kovalen pada satu atom oksigen. Sifat air itu tidaj berwarna, tidak ada rasanya dan tidak berbau pada kondisi normal atau standar, ternyata kawan air adalah pelarut yang sangat penting, air mampu melarutkan banyak zat kimia seperti garam, gula, dan masih banyak yang lainnya. Lalu bagaimana jika air tercemar?
Kawan semua tau gak sih apa penyebab-penyebab pencemaran air? Mari kita bahas diantaranya sebagai berikut :

a.       Limbah industry

Ada yang tau gak limbah industry? Limbah industry itu sejenis logam berat cadmium (cd), merkuri (Hg), dan timbal (Pb) selain itu juga pewarna sintesis dan zat kimia lain sesuai dengan jenis industry tersebut. Pencemaran air karena limbah industry ini melalui rantai makanan karena zat-zat yang terakumulasi pada tubuh hewan dan manusia yang ternyata dapat menyebabkan kematian.

b.      Limbah pertanian

Limbah pertanian ini dapat berupa penggunaan pupuk yang berlebihan sob, akibatnya akan terjadi penimbunan No di air dan akan terjadilah eurofikasi, nah yang akan mengakibatkan gulma di air diantaranya seperti eceng gondok, alga, dan sebagainya tumbuh secara berlebihan dan lebat dan akan menutupi permukaan air karenanya sinar matahari tidak dapat menembus masuk air.

c.       Limbah rumah tangga

Yang di sebut dengan limbah rumah tangga ini contohnya adalah detergent, kaca, plastik, dan sebagainya yang menumpuk di perairan dan menyatu dengan limbah industry, jika hal ini terjadi akibatnya akan menyebabkan kematian pada organisme dan penyusutan oksigen yang akan menyebabkan perairan menjadi sedikit akan kandungan oksigennya.

d.      Limbah minyak

Pencemaran yang di sebabkan oleh limbah minyak ini terjadi contohnya apabila limbah minyak bumi yang tumpah ke laut yang diakibatkan kecelakaan kapal tengker atau bisa jadi karena kebocoran kilang minyak lepas pantai yang menyebabkan tercemarnya air laut, karenanya permukaan laut akan terlapisi oleh minyak dengan ketebalan tertentu. Lalu apa sih akibatnya?

1.       Cahaya matahari tidak dapat menembus ke dalam air
2.       Fitoplanton tidak akan dapat bertahan hidup, dikarenakan tidak dapat berfotosintesis
3.       Pertukaran dari udara ke air ataupun sebaliknya akan terganggu

Nah itu dia kawan sekilas tentang pencemaran air, semoga bermanfaat
Wassalamualaikum see you all...

Sumber


O, R. (2009). Apakah Air. Bandung: PT. SARANA ILMU PUSTAKA.

https://duniaparapelajar.wordpress.com/tag/pengertian-pencemaran-lingkungan/

 




No comments:

Post a Comment