Tuesday, February 16, 2016

Gondok : Akibat Kekurangan Yodium


            Haiii kawan... Tentunya penyakit gondok bukan merupakan suatu hal yang asing terdengar di telinga kita bukan? Yaaa banyak orang bertanya-tanya sebenarnya penyakit gondok itu apa sih? Benarkah penyakit gondok itu disebabkan oleh kekurangan yodium? Nah, biar kalian tidak penasaran lagi, saya mau share sedikit nih hal-hal yang berkaitan dengan penyakit gondok. Yuuk kita lihat sama-sama....
            Apa itu GONDOK?? Gondok adalah pembesaran kelenjar tiroid, di mana kelenjar ini akan
memproduksi hormon tiroid yang berfungsi menstimulasi metabolisme dari sel-sel di tubuh. Lalu, apa itu tiroid? Tiroid adalah kelenjar pada tenggorokan yang mengatur banyak proses metabolisme. Jika kita tidak memiliki cukup yodium dalam makanan yang kita makan, maka akan menyebabkan kelenjar tiroid membesar (gondok). Kebanyakan penyakit gondok ini disebabkan oleh kekurangan yodium dalam makanan. Asupan utama yodium bagi manusia biasanya berasal dari garam dapur dalam proses pengolahan makanan yang umumnya telah di tambahkan bahan yodium. Yodium ini biasanya ditemukan dalam berbagai macam makanan termasuk produk susu, makanan laut, rumput laut, telur, roti, beberapa sayuran dan garam beryodium.
            Dan taukah kalian??
          Biasanya masyarakat tidak menyadari gejala penyakit gondok, mereka baru akan sadar jika leher sudah membesar seperti balon. Gejala utama penyakit gondok yaitu munculnya benjolan ubnormal pada leher. Gejala lain yang umumnya terjadi meliputi tenggorokan terasa sesak, perubahan suara (misalnya menjadi serak), batuk-batuk, serta kesulitan bernafas dan menelan.
          Di samping gejala-gejala yang ditimbulkan, penyakit gondok juga memiliki beberapa tipe atau jenisnya looh... Jenis yang pertama yaitu Hiperteroid. Apa itu Hiperteroid? Hiperteroid adalah suatu kondisi yang terjadi karena kelenjar tiroid terlalu aktif menghasilkan hormon sehingga jumlah yang beredar di dalam darah menjadi berlebih.  Yang ke dua yaitu Hipotiroid, kondisi ini terjadi karena kelenjar tiroid memproduksi hormon dalam jumlah sedikit atau rendah.
         Penyebab penyakit gondok jenis Hipotiroid bisa karena obat-obatan dan kekurangan yodium berat. Dan gejala yang muncul termasuk depresi, kelelahan. Penyebab penyakit gondok jenis Hipertiroid karena pengeluaran abnormal TSH (thyroid stimulating harmone), tirioditis (peradangan kelenjar tiroid) dan mengkonsumsi yodium berlebihan. Dan gejala yang muncul termasuk keringat berlebihan, berat badan menurun, gemetaran, gelisah, mudah lelah, konsentrasi berkurang, dan mata melotot.
Semoga bermanfaat. Terima kasih telah membaca...
Sumber :
Thenawidjaya Maggy., 1994. Principles of Biochemistry. Jakarta: Erlangga

No comments:

Post a Comment