Thursday, February 25, 2016

Kegunaan dan Bahaya Asam Sulfat


 
Apakah kalian tahu asam sulfat? Asam sulfat ini merupakan salah satu bahan kimia. Asam anorganik dengan rumus molekul H2SO4 ; zat cair kental menyerupai minyak, tak berwarna, higroskopis, dalam larutannya (air) bersifat asam kuat, dalam keadaan pekat bersifat oksidator, dan bersifat dapat mengikat air (sebagai zat pendehidrasi). Pengaliran gas SO3 ke dalam H2SO4 pekatakan menghasilkan H2SO4 berasap dengan rumus H2S2O7 (disebut asam sulfat atau dikenal dengan nama oleum).
Dalam berita sebuah truk pengangkut asam sulfat mengalami tabrakan dngan sebuah truk trailer di Tol Grogol. Dimana bocoran asam sulfat tersebut meresap dan mengalir ke kolong jalan tol dan memakan korban kurang lebih 20 orang penghuni kolong jalan tol mengalami luka-luka. Apakah kandungan asam sulfat ini dapat membahayakan manusia?

A. Kegunaan dan Bahaya Asam Sulfat

Sulphuric acid atau yang biasa kita kenal dengan asam sulfat adalah asam mineral kuat yang tak berwarna dengan korosif yang tinggi. Asam sulfat ini dapat larut dalam air serta dalam berbagai perbandingan. Asam sulfat sangat berbahaya, ketika terkenajaringankulitkarenasifatasamsulfatini yang korosif serta sifatnya sebagai penarik air yang kuat (pendehidrasi) akanmenimbulkanluka. Seperti luka bakar pada jaringan kulit. Semakin tinggi konsentrasi asam sulfat maka semakin bertambah bahayanya. Walaupun asam sulfat tersebut cair, tetapi ia mampu mendehidrasi kertas jika tetesan asam sulfat ini dibiarkan dikertas dalam waktu lama.
GasSO2 yang sangat reaktif apabila terhirup akan merusak paru-paru. Untuk pertolongan pertama jika terhirup maka harus segera mencari udara segar dan mencari pertolongan medis. Selain itu asam sulfat pekat atau biasa disebut dengan oleum.

Langkah untuk mengatasi asam sulfat :
1.   Langkah yang dapat kita lakukan jika terkena asam sulfat maka kita perlu mencuci bagian tubuh yang terpapar asam sulfat dengan menggunakan air yang mengalir selama 10-15 menit. Hal ini bertujuan untuk mendinginkan jaringan disekitar luka bakar asam serta untuk mencegah kerusakan sekunder.
2.  Pakaian yang terkena asam sulfat harus dilepas dan dicuci dengan air kulit yang terkena asam sulfat lewat pakaian tersebut.
3.  Jika terpapar asam sulfat pada mata, segera guyur mata dengan air hangat selama 20 menit, dan segera pergi ke dokter.
Kehati-hatian sangat diperlukan dalam menangani asam sulfat. Sangat disarankan untuk memakai peralatan-peralatan keamanan, antara lain :
1.  Kacamatapelindung
kacamata pelindung
Kacamata pelindung berfungsi untuk melindungi mata dari berbagai kemungkinan terkena percikan asam sulfat kemata.

2.  Safety Goggle / pelindungmuka
pelindung muka safety goggle
Safety goggle berfungsi untuk mencegah tumpahan atau punpercikan asam sulfat ke muka

3.  SarungTanganpolietilen
sarung tangan polietilen
Sarung tangan polietilen berfungsi untuk melindungi tangan saat menangani asam sulfat.
Dampak asam sulfat ini sangat berbahaya akan tetapi kegunaan dalam kehidupan manusia pun sangat beragam. Dalam bidang industry, asam sulfat ini berfungsi sebagai bahan baku pupuk, pembuatan besi dan baja, pembuatan pigmen dan cat. Pengatur pH dalam proses industry, pembuatan bahan kimia lainnya seperti detergen, pembuatan pulpen, cat, rayon, bahan peledak, air aki, kertas, dan lainnya. Walaupun asam sulfat ini mempunyai bahaya tingkat cukup tinggi tetapi asam sulfat tidak dapat digantikan fungsinya, baik di industry maupun di laboratorium. Oleh karena itu sesuatu yang berbahaya kita harus berhati-hati dalam menangani asam sulfat dengan tepat agar asam sulfat mudah ditangani dengan risiko yang minimal.


Referensi

No comments:

Post a Comment