Tuesday, February 16, 2016

Subhanallah, Dahsyatnya AIR






            Air adalah senyawa yang sangat penting bagi makhluk hidup. Dalam kehidupannya, manusia sangat bergantung pada ketersediaan air di bumi. Sesungguhnya jika gas oksigen dan gas hidrogen bertemu untuk membentuk molekul air, maka reaksi yang akan terjadi sangatlah berbahaya karena dapat menimbulkan panas yang tinggi bahkan bisa terjadi ledakan. mengapa demikian ? karena oksigen adalah gas yang mudah terbakar dengan kata lain ialah gas yang dibutuhkan untuk pembakaran. Namun ALLAH SWT Yang Maha Rahman memberikan kemudahan kepada makhluk hidup di bumi. ALLAH SWT menyediakan air semenjak penciptaan bumi juga sebelum manusia diciptakan sehingga kita tidak perlu membuat air dengan ledakan. Kurang lebih dibebaskan energi berupa panas sebesar 242 kilo Joule untuk membuat air sebanyak 18 gram dari 22,4 liter atau 2 gram gas hidrogen dan 11,2 liter atau 16 gram gas oksigen pada suhu 0 derajat Celcius dan tekanan satu atmosfer.
Alam mengajarkan kita lebih banyak lagi tentang berbagi dan bekerja sama. Ikatan yang terjadi antara dua atom hidrogen dan satu atom oksigen menjadi satu molekul air yang disebut ikatan kovalen. Yaitu ikatan antar atom yang terjadi karena setiap atom menyumbangkan elektron yang dimiliki untuk saling berpasangan dan digunakan bersama membentuk satu ikatan. Namun, karena oksigen memiliki kelebihan pasangan elektron, maka elektron yang tidak membentuk ikatan tersebut dikatakan sebagai “pasangan elektron bebas”. Adanya electron bebas yang bersifat sangat negatif menjauhkan kedudukannya dari dua atom hidrogen sehingga ikatan H2O membengkok sebesar 107.5 derajat.
Sedangkan keadaan alamiah atom oksigen yang bersifat negatif dan atom hidrogen yang bersifat positif menimbulkan pengkutuban atau perbedaan muatan. Kedua keadaan itulah yang menjadikan molekul air bersifat polar, artinya molekul air memiliki perbedaan muatan yakni negatif pada sisi pasangan elektron bebas dan positif pada sisi atom hidrogen. Karena kepolarannya itulah air bisa melarutkan berbagai macam zat lain, misalnya darah, protein, vitamin, garam dan lain-lain. Kenyataannya, air merupakan pelarut universal yang paling ramah terhadap lingkungan. Mengapa air terpisah dari minyak dan lemak ? Karena perbadaan kepolaran itulah yang membuat air tidak dapat menyatu dengan minyak dan lemak. Coba bayangkan jika jika air dan minyak dapat bercampur, betapa susahnya membersihkan tumpahan minyak di laut lepas.
Tubuh manusia terdiri dari 55 % sampai 78 % air, tergantung dari proporsi tubuh seseorang. Agar dapat berfungsi dengan optimal, tubuh manusia membutuhkan satu hingga tujuh liter air setiap hari untuk menghindari dehidrasi. Adapun jumlah pastinya bergantung pada tingkat aktivitas, suhu, kelembapan, dan beberapa faktor lainnya.
Dalam buku The Hidden Massage in Water (Pesan Tersembunyi di dalam air) karya Dr. Masaru Emoto dari University Yokohama Jepang, telah membuat suatu kajian pada bulan Maret tahun 2005 yang terbukti bahwa air mampu merespons dengan baik perlakuan yang diberikan kepadanya, dalam bentuk tulisan, gambar bahkan kata-kata ataupun suara. Bersama pembantunya, Kazuya, Kristal-kristal air ditemui terekam dalam gambar apabila air dibekukan pada suhu -25o C menggunakan kamera berteknologi tinggi. Bentuk Kristal yang dihasilkan dalam berbagai bentuk bergantung pada perintah yang diberikan kepada air. Menurutnya air mampu merekam pesan, seperti pita magnetic atau compact disk.
Molekul air akan membentuk Kristal yang paling indah adalah air yang diberi kata-kata “cinta” dan “terima kasih”. Sebaliknya, meolekul air membentuk Kristal yang tidak cantik bahkan membentuk lingkaran yang berlubang di tegahnya apabila diberi kata-kata “kamu tidak berguna” atau “kamu bodoh”.
Apabila kita terbiasa membaca doa sebelum meminum air maka kita telah membuat air dalam tubuh kita menjadi Kristal-kristal heksagonal yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Sebaliknya jika keadaan hidup kita senantiasa tertekan dengan kejahilan, kebodohan, tidak bersyukur, senantiasa bermusuhan dan membenci, tidak ikhlas dan banyak bicara, maka kita tidak akan pernah mendapatkan Kristal-kristal air yang cantik dan indah dalam badan kita. Kesehatan dan emosi selalu terganggu, sedangkan air heksagonal sangat berguna untuk mengeluarkan toksid-toksid (racun-racun) dalam badan kita. Maka, senantiasalah bersyukur kepada ALLAH SWT dan dihiasi perasaan cinta dalam kehidupan .

Sumber : O, R. (2009). Apakah Air ? Bandung: PT. SARANA ILMU PUSTAKA.

No comments:

Post a Comment