Saturday, February 27, 2016

REAKSI KIMIA PEMASOK PERNAFAS MANUSIA

 



SubahanaAllah pernahkah kita memikirkan bagaimana Allah mengosep semesta alam ini dengan sempurna dan Allah merancang jalan kehidupan manusia untuk bertahan hidup dengan adanya sebuah tumbuhan.
Dimana tumbuhan sangat berperan penting untuk dalam kehidupan dimuka bumi ini, tumbuhan yang Allah desain untuk memasok makanan untuk makhluk hidup dimuka bumi dan bukan itu saja tapi juga berperan sebagai proses kelangsungan hidup manusia untuk bernapas yaitu dengan adanya fotosintesis.
Pasti kalian bertanya-tanta ada apa dengan fotosintesis dengan kelangsungan hidup, mari kita bahas bersama!
Fotosintesis adalah pembentukan zat anorganik yang berupa CO2 dan H2O menjadi zat organic berupa glukosa dan anorganik oksigen berupa air  yang dilakukan klorofil dengan bantuan energy cahaya matahari yang dilakukan olh tumbuhan berhijau dan atau bakteri dan beberapa jenis gangga. Nah fotosistesis ini adalah sebuah reaksi kimia yang nanti akan dijelaskan dibawah ini. 
            Kalian psti sudah paham dimana terjadinya proses fotosintesis. Ya benar terjadi di daun tetapi terjadi juga pada daun walaupun sangat sedikit sekali. Daun memiliki stuktur yaitu meliputi epidermis atas dan bawah, mesofil, bundel vaskuler, dan stomata. Bagian epidermis atas dan bawah tidak memiliki kloropas, maka bagian ini tidak dapat berfotosintesis tetapi digunakan untuk perlindungan bagi sisa daun. Stomata adalah lubang pada daun yang berfungsi sebagai pertukaran udara. Mosefil inilah tempat dimana terjadinya proses fotosintesis.

REAKSI KIMIA PADA FOTOSINTESIS
            Dalam reaksi fotosintesis, energy matahari akan diubah menjadi energy kimia. Dan energy kimia akan disimpan dalam bentuk glukosa.
Persamaan kimia untuk proses fotosintesi
6CO2 + 12H2O+ cahaya matahari → C6H12O6+ 6O2 + 6H2O
Teori di atas menjelaskan, 6 molekul karbon dioksida (6CO2), 12 belas molekul air (12H2O) dibantu cahaya akan menghasilkan glukosa (C6H12O6), enam molekul oksigen (6O2), dan molekul air (6H2O).
Nah setelah saya jelaskan pastinya anda mengerti bukan bagaimana tumbuhan sangat penting bagi kehidupan, karena tumbuhan menghasilkan oksigen unsur utama dalam bernapas kita, maka marilah kita jaga tumbuhan disekitar kita ya! dan yang pasti bersyukur pada Sang Maha Pencipta J :D

SUMBER

Reaksi Kimia Fotosintesis dan Jenis-jenis Reaksi Kimia. (2015, Juni 16). Retrieved febuari 26, 2015, from BERPENDIDIKAN: http://www.berpendidikan.com/2015/06/reaksi-kimia-fotosintesis-dan-jenis-jenis-reaksi-kimia.html
amirsarifuddin. (2015). Apa yang Dimaksud Dengan Reaksi Kimia Fotosintesis Pada Tumbuhan. Retrieved febuari 26, 2016, from Reaksi Kimia: http://amirsarifuddin.blogspot.co.id/2015/02/apa-yang-dimaksud-dengan-reaksi-kimia-fotosintesis-pada-tumbuhan.html







No comments:

Post a Comment