Friday, February 26, 2016

Global Warming




Assalamualaikum sob...
Pastinya donq kalian udah pada tau tentang global warming atau pemanasan global, pembahasan kali ini berhubungan erat dengan suhu planet kita. Ngomong-ngomong tentang bumi kita ternyata atmosfer di planet kita alyas bumi tidak pernah bebas dari perubahan sob. Karena sejak planet ini terbentuk ternyata komposisi, suhu dan kemampuan membersihkan diri selalu bervariasi. Pakar-pakar atmosfer memprediksikan akan terjadinya kenaikan suhu yang disebabkan oleh semakin banyaknya jumlah penduduk dan kegiatan manusia terutama dalam hal transportasi. Dan kenaikan suhu ini akan semakin cepat meningkat oleh adanya efek rumah kaca dan gas rumah kaca sob.
Sebenarnya efek rumah kaca itu dibutuhkan tapi hanya dalam keadaan normal, karena efek rumah kaca yang mempengaruhi suhu siang dan malam agar tidak jauh berbeda. Apa jadinya jika tak ada efek rumah kaca maka suhu permukaan bumi pada malam hari akan sangat rendah karena tidak terkena cahaya matahari.
Inilah gambaran energi matahari yang masuk ke bumi, cahaya matahari akan mengalami:
1.      25% dipantulkan oleh awan atau partikel lain di atmosfer
2.      25%diserap awan
3.      45% diadsorpsi permukaan bumi
4.      5% dipantulkan kembali leh permukaan bumi
Perlu teman-teman ketahui bahwa telah diperkirakan bahwa efek rumah kaca telah meningkatkan suhu bumi sekitar 1-5oC. Perkiraan perkembangan ekonomi dunia bahwa konsumsi global bahan bakar fosil akan terus meningkat. Ternyata selain CO2, yang dapat menibulkan efek rumah kaca adalah sulfur dioksida (SO2), nitrogen monoksida (NO) dan nitrogen dioksida (NO2) dan juga beberapa senyawa organik contohnya metana (CH4) dan fluoro karbon (CFC).
Apa sih akibatnya sob kalo suhu terus mengalami kenaikan? Jawabannya ada di bawah ini cekidotttt!
Inilah akibat-akibat yang akan ditimbulkan oleh kenaikan suhu bumi kita:
1.      Perubahan iklim yag cepat, ini sangat berpengaruh terhadap hutan dan ekosistem didalamnya. bahayanya lagi ini sangat berpengaruh terhadap kemampuan atmosfer yang akan berkurang untuk menyerap karbon (CO2). Selain itu sob ternyata perubahan iklim sangat berpengaruh sama kondisi biologis di laut yang akan mengalami perubahan dan akan meningkatkan jumlah ganggang, apakah kawan semua tau sebagian ganggang itu ternyata beracun  dan itu bahaya bagi kehidupan baik laut maupun kita manusia karena keracunan.
2.      Lepasnya karbon, kawan semua mikroba itu punya kegiatan salah satunya menguraikan CO2 menjadi CH4 yang tersimpan dalam tanah yang termasuk atau dalam bentuk bahan-bahan organik. Nah mikroba itu aktivitasnya dipengaruhi oleh suhu, aktivitas mikroba akan terus meningkat jika suhu semakin bertambah, karena inilah maka akan meningkatkan pemanasan global.
Apa sih bahayanya?
Mencairnya gunung-gunung es di kutub utara, bayangkan jika itu terjadi maka so pasti air laut akan naik pemukiman warga di pinggir pantai akan terancam. Dan bukan hanya itu aja sob terjadinya erosi wilayah pesisir, rusakya hutan bakau dan terumbu karang, naiknya salinitas di wilayah Estuaria dan wilayah pesisir lainnya, perubahan lokasi sendimentasi, berkuragnya intensitas cahaya di dasar laut serta naiknya tinggi gelombang.
Itulah sob sekilas tentang pemanasan global, dapat kita simpulkan bahwa ternyata pemanasan global itu tidak hanya berpengaruh terhadap ekosistem, terhadap apa coba? Itu dia terhadap ekonomi juga terhadap kesehatan semua makhluk hidup. Terima kasih semoga bermanfaat..
Wassalamualaikum...see you later sob!

Sumber

Achmad, S. (2004). kimia lingkungan. jakarta: ANDI OFFSET.


No comments:

Post a Comment