Friday, February 26, 2016

Pupuk urine hasil daur ulang





Saat kamu membaca artikel ini, kamu pasti heran. Kenapa urine atau air kencing dapat di daur ulang. Nah meskipun air kencing merupakan zat-zat buangan dengan konsentrasi yang berlebih. tetapi jika urine di daur ulang ternyata hasilnya sangat mengagumkan. Banyak zat-zat kimia yang terkandung didalamnya sehingga pantas di daur ulang menjadi pupuk terutama zat yang bernama urea.
Dikala zaman menjadi semakin modern ilmu pengetahuan terus berkembang dan sumber daya manusiapun terus di tingkatkan untuk memunculkan ide-ide kreasi dari hal yang tidak berguna menjadi hal yang berguna bahkan hal yang menjijikan sekalipun jika di daur ulang bisa menghasilkan barang yang bermanfaat seperti halnya pupuk urine SUBHANALLAH Allah SWT ternyata menciptakan segala sesuatu tidak ada yang sia-sia. Urine yang merupakan hasil pembuanganpun ternyata mempunyai manfaat bagi orang-orang yang berfikir.
Pupuk urine
Pupuk memang sangat di perlukan oleh para petani untuk membantu pertaniannya terutama untuk menyuburkan hasil panennya. Berbicara tentang pupuk urine kita analisis dulu apa itu urine ? mengenai pengertian urine (pertiwi.2013) mengungkapkan bahwa urine merupakan “cairan sisa ekskresi yang di hasilkan oleh ginjal yang dikeluarkan dari dalam tubuh melalui proses urinisasi, ekskresi urine di lakukan untu membuang molekul-melekul sisa dalam darah untuk menjaga homestatis cairan tubuh”.
Zat-zat yang terlarut dalam urine berupa sisa metabolisme urea, garam terlarut dan material organik dan selebihnya didalam urine juga  mengandung air. Zat yang paling banyak yang terkandung dalam urine yaitu urea dalam kadar yang tinggi dan berbagai senyawa yang berlebih berpotensi menjadi racun yang merupakan sumber nitrogen yang baik bagi tumbuhan dan mempercepat proses pembentukan kompos. “urine mengandung tingkat siknifikan nitrogen, fosfor dan kalium (NPK rasio sekitar 11-12,5 mirip dengan pupuk komersial) fungsi pupuk urinepun tidak kalah jauh dengan pupuk organik. Hasil panen tanaman dengan pupuk urine hasilnya sangat bagus dapat menyuburkan tanaman dan juga membuat tanaman menjadi kokoh resisten terhadap berbagai serangan hama.

Pandangan para ahli tentang pupuk urine
Di sebagian Negara-negara seperti Negara bagian eropa sebut saja jerman dan swedia. cina maupun india itu juga termasuk Negara-negara yang sudah menerapkan program pendaur ulangan pupuk urine. Padahal urin merupakan zat sisa pembuangan dari apapun yang kita makan maupun yang telah kita minum tetapi menurut sebagian para ahli yang telah meneliti urine banyak zat-zat seperti nutrisi maupun nitrogen yang sangan berlimpah ruah dan  terkandung di dalamnya yang sangat cocok dijadikan ataupun di olah menjadi sebuah pupuk.
Menurut Caldwell dan arno rosemarin dari Stockholm environment institute, swedia tentang penggunaan urine atau air seni sebagai pupuk adalah cara utama dalam menerapkan pertanian berkelanjutan atau lebih jauh lagi, hal tersebut dapat membantu tercapainya pasokan ketahanan pangan dan tersedianya nutrisi yang lebih baik. Berbicara tentang urine yang akan di olah menjadi pupuk, hal tersebut membuat para ahli berfikir untuk menciptakan sebuah peluang agar membuat lidah elektronik (lidah buatan). Lidah buatan tersebut fungsinya itu sebagai pendeteksi ataupun memilah urin, mana urine sehat dan urine yang berpenyakit.
Zat-zat yang terkandung dalam urin
Zat apa sih yang membuat urine di olah menjadi sebuah pupuk ? langsung saja kita simak, zat-zat yang terkandung dalam urine yaitu :
§  Air
Yang pertama yaitu air, karena jika seseorang yang sering sekali minum maka ia cenderung mengeluarkan air seninya.
Kandungan dalam darah di keluarkan dari tubuh jika konsentrasi atau dosisnya terlalu tinggi.
§  Empedu
Empedu berasal dari sebuah hasil perombakan sel darah merah di hati dan memberi warna kekuningan pada urine.
§  Garam
Kita pasti sudah sering mendengar apa itu garam ? garam ini di keluarkan untuk menjaga konsentrasi garam di darah supayan tidak berlebihan.
§  Urea
Jumlah urea yaitu sekitar 9,3 kg/l urea tersebut merupakan hasil dari perombakan protein. Urea ini termasuk alasan mengapa urin di daur ulang menjadi pupuk ? alasannya karena jumlahnya yang sangat tinggi.
§  Asam urat
Asam urat juga sama merupakan hsil dari perombakan protein.
§  Amonia
Ammonia inipun sama termasuk dari hasil perombakan protein. Tetapi ammonia merupakan zat pemberi bau pada urine.
§  Obat-obatan
Obat-obatan akan dikeluarkan atau di buang agar tidak menjadi racun yang mengendap dalam tubuh
§  Gula
Gula itu ditemukan jika orang tersebut menderita diabetes dan tidak di temukan pada urine orang sehat

Ternyata cukup banyak dan kompleks zat-zat yang terkandung di dalam urine. Padahal Hal-hal yang sepele atau sekecil apapun Allah SWT ternyata mampu menciptakannya dan hal tersebutpun mempunyai sebuah manfaat yang sering kali tidak kita ketahui. Ternyata kehidupan itu seperti sebuah nasehat yang terkandung dalm al-Qur’an, bahwasannya orang yang paling bahagia itu bukan orang yang kaya ataupun orang yang selalu di beri nikmat akan tetapi orang yang paling bahagia adalah orang yang selalu mensyukuri nikmat yang ada yaitu nikmat yang telah di berikan oleh sang maha pencipta, baik itu nikmat yang kecil maupun nikmat yang paling besar sekalipun. Bayangkan saja jika saja Allah SWT tidak menciptakan urine atau urine tidak dapat dikeluarkan. Maka racun-racun atau zat-zat sisa yang telah kita makan maupun minum yang telah masuk dalam mulut kita akan terus mengendap dan lama-kelamaaan akan menimbulkan berbagai penyakit. Lagi-lagi nikmat sehatlah yang tidak ada tandingannya karena ada pepatah yang bilang bahwa sehat itu mahal. Karena dari nikmat sehat kita bisa melakukan  rutinitas aktivitas-aktivitas yang mampu untuk mencapai sebuah kesuksesan yang hakiki.





Sumber references :





                                   

No comments:

Post a Comment