Saturday, February 27, 2016

Helium dalam Balon Gas




Ngomong-ngomong tentang balon gas nih, pasti kalian tau dong apakah balon gas itu? Kalo gatau kebangetan banget kalian sobat. Masa sih anak zaman sekarang gatau balon gas, ngga kekinian banget dong J
Iyah betul banget balon gas itu yang sering dimainkan anak kecil itu loh yang bentuknya oval warna-warni heheJ just kidding
Okey kita kembali ke topic pembahasan, mari kita simak.
Balon adalah sebuah kantung fleksibel yang umumnya berisi gas, seperti gas helium, hydrogen, nitrogen monoksida, natrium, dan udara.
Natrium adalah gas yang paling banyak kandungannya dalam udara yaitu sekitar 80%. Gas natrium juga memiliki masa yang tinggi di bandingkan dengan gas-gas yang lainnya. Sedangkan gas hydrogen yang memiliki gas yang paling ringan masanya di udara tentunya akan bisa naik lebih tinggi karena lebih ringan dari pada udara. Karena itu hydrogen, dapat membuat balon terbang tinggi. Tetapi gas ini sangat berbahaya karena mudah terbakar, sehingga penggunaanya diganti oleh gas helium.
Mengapa balon bisa terbang?
 Balon
Apakah kalian tau mengapa balon bisa terbang diudara? Kenapa? Karena balon gas mengandung gas helium. Nah, gas helium merupakan gas kedua teringan yang hanya lebih berat dari hydrogen. Helium termasuk ke dalam golongan gas mulia, yaitu gas yang paling stabil dan tidak mudah bereaksi. Gas helium juga tidak mudah terbakar seperti gas hydrogen. Oleh sebab itu gas helium pilihan terbaik sebagai pengganti gas hydrogen . dan itu yang membuat balon bisa terbang?
Nah, helium merupakan unsur kimia dalam sistem periodik yang memiliki lambing He dan memiliki nomor atom 2. Gas helium tidak berbau, tidak berwarna, tidak berasa, tidak beracun, berupa gas monatomic dan merupakan unsur pertama dalam golongan gas mulia.
Titik didih dan titik lebur pada gas helium merupakan yang terendah dari semua unsur.helium berwujud hanya sebagai gas, kecuali pada kondisi yang sangat ekstrem. Tetapi kondisi ekstrem juga di prlukan untuk menciptakan sedikit senyawa helium yang semuanya tidak stabil pada suhu dan tekanan standar. Helium juga memiliki isotop stabil kedua yang langka yaitu helium-3.
Helium juga merupakan unsur kimia kedua terbanyak dan teringan di seluruh jagad raya. Kenapa? Karena gas helium mampu mencukupi 24% massa keunsuran total alam semesta dan 12 kali jumlah massa keseluruhan unsur berat yang lainnya. Keberlimpahan  gas helium yang sama juga dapat di temukan di Matahari dan Yupiter. Hal ini terjadi karena tingginya energy pengikatan inti helium-4 yaitu sekitar per nucleon, berbanding dengan tiga unsur kimia lainnya setelah helium.
Nah, pada planet bumi juga gas helium sangat langka di temukan yaitu sekitar 0,00052% volume atmosfer. Kebanyakan gas helium yang kita temukan di bumi terbentuk dari peluruhan radioaktif unsur-unsur berat seperti torium dan uranium. Sebagai partikel alfa berinti atom helium-4 helium radiogenik ini terperangkap di dalam gas bumi dengan konsentrasi sebagai 7% volume, yang dapat di ekstraksi secara komersial menggunakan proses pemisahan temperatur rendah yang di sebut distilasi fraksional.
Nah, artikel diatas sedikit menjelaskan tentang gas helium yang terkangdung dalam balon gas. Semoga para pembaca blogger tidak merasa puas dengan penjelasan diatas. Okey sampai ketemu di artikel selanjutnyaJ

Referensi:
anonim.(2016,January.11).Helium.RetrievedfromWIKIPEDIA: https://id.wikipedia.org/wiki/Helium
kussusani prihatmoko, d. (2016, february 26). kenapa balonmelayang di udara? . Retrieved from kidnesia.com:http://www.kidnesia.com/Kidnesia2014/Boleh-Tahu/Sains-Teknologi/Sains/Kenapa-Balon-Melayang-di-Udara
wikipedia. (2015, juni 2). Balon. Retrieved from wikipedia: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Balon

No comments:

Post a Comment