Tuesday, February 16, 2016

Minyak Atsiri Dari Kulit Jeruk



Minyak Atsiri dari Kulit Jeruk

Hasil gambar untuk minyak atsiri dari kulit jeruk  
       Minyak atsiri merupakan salah satu tanaman tradisonal dan mempunyai manfaat penting bagi manusia seperti industry kosmetik, olahan makanan, kesehatan, dan pengendalian organism pengganggu tanaman. Minyak atsiri jeruk mempunyai karakter yang dibutuhkan untuk keperluan tersebut. Pada umumnya, manusia mengkonsumsi buah jeruk ini hanya dagingnya saja, sedangkan kulitnya dibuang begitu saja menjadi sampah. Sampah yang kita hadapi ini lah akan menjadi masalah besar bagi kota-kota besar. Supaya sampah ini dapat teratasi maka kita programkan untuk melakukan pengolahan/daur ulang sampah, baik sampah organic maupun sintesis. Sampah organic ini dapat didaur ulang menjadi pupuk kompos, plastic, produk hiasan, dan lainnya. Khusus kulit jeruk ini kita dapat mengolahnya menjadi bahan yang digemari oleh para konsumen menengah keatas untuk kepentingan kesehatan dan bahan pengharum yaitu menjadi produk minyak atsiri.
Jenis Minyak Atsiri Jeruk dan Metode Ekstraksi
       Macam-macam atsiri jeruk ini sebenarnya dapat dibedakan berdasarkan varietas jeruk yang digunakan. Secara umum, varietas kulit jeruk ini dapat diambil/diekstrak minyak atsiri nya. Tetapi tidak semua varietas jeruk ini dapat kita ambil, hanya beberapa bahan kulit varietas jeruk yang tersedia banyak kandungan minyak nya saja yang dapat kita ambil seperti jeruk manis, jeruk besar, jeruk siem, jeruk siem madu, jeruk purut, jeruk nipis, dan jeruk keprok. Ekstraksi minyak atsiri dari kulit jeruk ini dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti menggunakan bahan pelarut, pengepresan dingin, maupun dengan distilasi/uap air. Cara yang mudah dan sederhana dilakukan dengan metode distilasi uap/air.
Prinsip dasar yang dilakukan dengan metode ini adalah uap dari air digunakan untuk mengangkat minyak atsiri dari dalam jaringan kulit jeruk dan kemudian didinginkan dengan air mengalir. Maka hasilnya adalah campuran air dan minyak, karena perbedaan berat jenis akan terpisah dimana lapisan minyak terdapat diatas sedangkan lapisan air ini ada dibawah. Lapisan minyak kemudian diambil menggunakan pipet dan dimasukkan dalam botol berwarna gelap.  Penyimpanan sebaiknya dilakukan di dalam lemari es (kulkas) karena memiliki suhu rendah dan terhindar dari paparan sinar matahari.
Kandungan Senyawa dan Manfaat Minyak Atsiri Jeruk
Minyak atsuri terdiri atas beberapa sifat senyawa yang mudah menguap. Setiap varietas jeruk mempunyai variasi komposisi kandungan senya yang berbeda sehingga akan menimpulkan perbedaan aroma yang berbeda. Meskipun demikian minyak atsiri ini memiliki kandungan senyawa yang dominan dikenal dengan nama limonen. Kandungan limonen juga mempunyai variasi antar varietas jeruk yaitu antara 70% - 92%. Berdasarkan hasil uji preferensi terhadap aroma minyak atsiri jeruk, diperoleh data  minyak atsiri asal jeruk manis, purut, lemon, nipis, jari budha/kuku harimau, dan jeruk siem madu yang paling disukai konsumen. Aroma yang kurang disukai konsumen yaitu jeruk besar dan siem. Minyak atsiri ini memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan seperti aroma terapi. Aroma jeruk ini dapat menstabilkan system saraf, menimbulkan perasaan menjadi tenang dan senang, menambah nafsu makan, dan penyembuhan penyakit.
Manfaat tersebut terdiri atas beberapa senyawa penyusun, antara lain:
1.       Limonen  : Melancarkan peredaran darah, meredakan radang tenggorokan dan batuk, serta menghambat sel kanker.
2.       Linalool               : Bersifat sebagai penenang (sedatif).
3.       Linalilasetat                     : Bersifat sebagai penenang (sedatif)
4.       Terpineol              : Bersifat sebagai sedatif.
5.       Sitronela              : Sebagai penenang dan pengusir nyamuk.
Beberapa minyak atsiri jeruk dan manfaatnya terhadap penyembuhan penyakit :
1)       Jerukmanis           : sedatif, anti depresi, tonik, antiseptik.
2)       Jerukpurut            : sedatif, pengusir nyamuk, perda flu, tonik.
3)       Grape fruit           : penghambat sel kanker karena kandungan limone tinggi (>90%)
4)       Jeruk lemon         : anti hipertensi, tonik, anti bakteri.

Sekian yang dapat saya sampaikan dalam artikel minyak atsuri dari jeruk..semoga bermanfaat.

Terimakasih
Rizkiah
T. MTK C semester 2

No comments:

Post a Comment